fbpx

Olahraga Ringan di Rumah, Jaga Kesehatan Tanpa Perlu Repot!

Halo Sobat FILE! Tentu kita semua tahu bahwa olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Olahraga memberikan banyak sekali manfaat, tidak hanya secara jasmani tetapi juga...
Jenis Olahraga Ringan Dirumah
Jenis Olahraga Ringan Dirumah

Halo Sobat FILE! Tentu kita semua tahu bahwa olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Olahraga memberikan banyak sekali manfaat, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani loh! Olahraga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga penyerapan nutrisi ke dalam tubuh lebih lancar. Saat ini, olahraga juga sudah semakin mudah untuk dilakukan karena adanya banyak fasilitas olahraga berlangganan yang tersedia, terlebih di kota besar seperti Jakarta. Tetapi, sayang sekali, terkadang kita disibukkan dengan berbagai macam situasi yang membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan berolahraga di luar rumah. Nah, untuk membantu kamu agar tetap bisa menjaga kesehatan dengan mudah, FILE sudah merangkum 8 jenis olahraga ringan di rumah yang bisa kamu lakukan! Yuk, langsung kita simak!

Push Up

Kegiatan Olahraga Push Up

Olahraga Push Up

Olahraga yang satu ini pastinya sudah sering kita jumpai ya. Push up dilakukan dengan cara meletakan tangan di sebelah kiri dan kanan bahu pada saat tengkurap. Kemudian, kita harus mengangkat badan dengan kedua tangan yang tertumpu tadi. Push up seperti gambar di atas adalah jenis push up yang mungkin paling sering kita temui. Namun, push up juga memiliki banyak variasi lainnya loh! Push up adalah salah satu jenis olahraga kekuatan yang berfokus pada bisep dan juga trisep. Akan tetapi, pada kenyataannya, hampir seluruh otot di dalam tubuh kita digunakan saat melakukan push up, termasuk otot perut kita. Gerakannya mungkin sederhana, tapi ternyata tetap efektif ya untuk menggerakkan seluruh otot tubuh!

Sit Up

Sit Up

Sit Up (Suumber: healthunbox.com)

Nah, bagi kamu yang ingin membentuk tubuhmu supaya six pack, olahraga yang satu ini cocok banget buat kamu cobain! Sit up dilakukan dengan cara mengangkat setengah bagian tubuh ke atas, dengan kedua telapak tangan menopang kepalamu, serta dengan menekuk lututmu. Bagi kamu yang belum terbiasa, mungkin akan sulit untuk mengangkat bagian atas tubuhmu, karena olahraga jenis ini sangat mengandalkan kekuatan otot perut. Untuk itu, bagi kamu yang belum bisa melakukannya, kamu bisa meminta bantuan keluarga di rumah untuk menahan kakimu, atau membantu mengangkat bagian atas badanmu.

Jumping Jack

Jumping Jacks

Jumping Jacks (Sumber: penjaskes.co.id )

Olahraga di rumah yang satu ini merupakan gerakan kardio yang sering dilakukan oleh banyak orang. Olahraga kardio sendiri adalah olahraga yang dapat memperkuat kekuatan jantung dan paru-parumu. Olahraga jumping jack ini sangat mudah untuk dilakukan lho! Kamu hanya perlu meloncat serta membuka kedua kakimu, dan di saat bersamaan mempertemukan kedua telapak tanganmu di atas kepala. Mudah dan praktis bukan?

Lunges

Lunges

Lunges (Sumber: blog.fitbit.com )

Pastinya kaki yang ramping adalah idaman bagi setiap wanita ya, terlebih untuk mereka yang masih muda. Nah, kamu bisa mewujudkannya dengan melakukan jenis olahraga yang satu ini! Lunges dilakukan dari posisi berdiri lalu menekuk salah satu lutut sembari menggerakannya maju ke depan, setelah itu dilakukan bergantian dengan kaki yang lainnya.

Plank

Plank

Plank (Sumber: popsugar.com)

Plank adalah olahraga yang digunakan untuk melatih otot bagian isometri kamu. Gerakan ini dilakukan dengan cara mempertahankan posisi yang  mirip dengan push up, namun dengan tumpuan pada siku tangan dalam kurun waktu tertentu. Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan plank, kamu cukup melakukannya selama 15 – 30 detik saja. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan jangka waktunya agar semakin lama secara perlahan-lahan.

Naik dan Turun Tangga

Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga

Naik-turun tangga? Mungkin olahraga ringan di rumah yang satu ini terlihat lucu ya. Namun, bagi kamu yang tidak ingin keluar rumah sama sekali, olahraga ini sangat baik untuk dilakukan lho! Dengan naik dan turun tangga, selain bisa meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga ini juga bisa membantu memperkuat sendi-sendi pada kaki kalian. Kamu cukup melakukannya 15 – 20 kali sehari di awal. Akan tetapi, jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga ini setiap hari ya!

Yoga Sederhana

pose yoga

Pose Yoga (Sumber: yogateket.com)

Kalau mendengar kata ‘yoga’, rasanya memang identik dengan wanita ya. Mungkin hal ini disebabkan karena tidak semua gerakannya mudah untuk diikuti, meskipun olahraga ini dapat digolongkan sebagai olahraga yang sangat ringan. Olahraga ini bisa kamu lakukan di ruangan yang luas dengan sebuah karpet yoga. Selain untuk membantu kamu menjaga kesehatan, yoga juga dipercaya untuk membantu menurunkan tingkat stress kamu lho!

Lompat Tali

Lompat Tali

Lompat Tali (Sumber: sg-fitclub.com)

Jika kamu ingin melakukan olahraga yang cukup menantang tapi tetap mudah untuk dilakukan, kamu bisa mencoba olahraga yang satu ini. Namun, olahraga ini membutuhkan alat bantu khusus, yaitu tali khusus lompat tali yang banyak dijual di supermarket ataupun toko online. Olahraga jenis ini tidak bisa langsung dilakukan oleh semua orang ya. Kamu butuh waktu untuk berlatih sebelum kamu bisa menggunakannya dengan benar. Akan tetapi, apabila kamu sudah bisa melakukannya dengan benar, olahraga ini sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan paru-parumu!

Itu dia 8 jenis olahraga ringan di rumah yang bisa kamu lakukan! Agar kamu bisa merasakan manfaatnya, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin ya! Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu ya. FILE juga telah merangkum beberapa produk rekomendasi yang bisa membantu kegiatan olahraga kalian di sini loh. Kalau kamu punya olahraga andalanmu yang sering kamu lakukan di rumah, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
InspirationLifestyle
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT