fbpx

Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Produktif

Halo Sobat FILE! Untuk sebagian besar orang, bekerja itu biasanya pergi ke kantor dan kerja di dalam kubikel yang sudah disediakan. Sayangnya, kondisi belakangan ini membuat sebagian besar orang...
Tips bekerja dari rumah

Halo Sobat FILE! Untuk sebagian besar orang, bekerja itu biasanya pergi ke kantor dan kerja di dalam kubikel yang sudah disediakan. Sayangnya, kondisi belakangan ini membuat sebagian besar orang bekerja dari rumah. Karena keadaan yang mendadak ini, mungkin ada beberapa orang di antara kita yang belum siap bekerja dari rumah atau merasa kurang nyaman dengan ruangan kerjanya di rumah. Bahkan, tidak jarang bekerja dari rumah dapat menurunkan produktivitas mereka dibanding bekerja di kantor. Kalau kamu adalah satu dari sekian banyak orang-orang yang merasa kurang nyaman dan produktif saat bekerja dari rumah, kamu tidak perlu khawatir lagi! FILE sudah menyiapkan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga produktivitasmu meskipun bekerja dari rumah. Yuk, langsung kita simak tips-tipsnya!

 

Posisi duduk

Posisi duduk saat bekerja dari rumah

Posisi duduk saat bekerja (Sumber: dice.com)

Karena kamu pastinya bekerja tidak dalam waktu yang singkat, maka posisi duduk kamu menjadi hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan, Sobat FILE! Selama duduk, biasakan tubuhmu berada dalam postur yang netral. Postur netral adalah saat kakimu sejajar dengan lantai, sedikit bersandar ke kursi dengan bahu yang santai, dan tangan yang lurus di atas meja. Usahakan kamu bisa menjaga postur ini selama bekerja agar postur tetap terjaga dan tidak bungkuk.

Untuk membantumu dalam menjaga postur netral, usahakan menggunakan kursi yang bisa diatur tinggi dan kemiringannya. Atur tinggi kursi hingga siku membentuk sudut 90 hingga 100 derajat agar bahu tidak tegang. Jika kakimu tidak bisa menyentuh lantai, gunakan pijakan kaki atau footrest agar kaki tidak menggantung.

Posisi Peralatan

Tatanan peralatan di meja kerja

Tatanan peralatan di meja kerja (Sumber: samitivejhospitals.com)

Selain posisi tubuh kamu, posisi dari peralatan yang ingin kamu pakai juga penting. Usahakan pandangan matamu sejajar dengan sisi atas monitormu, dan jarak monitormu sejauh jangkauan tanganmu. Hal ini ditujukan agar kamu tidak perlu melihat ke atas atau membungkuk saat melihat monitor. Jika tulisan yang ada di layar monitor terlalu kecil, kamu bisa membesarkan ukuran teks atau skala UI dari pengaturan layar untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Selain monitor, atur posisi keyboard dan mouse agar tidak terlalu jauh dari tengah tubuh kamu. Ini mencegah kamu untuk menjangkau terlalu jauh dan tetap menjaga posisi natural tangan yang cenderung ke dalam. Jika keyboard kamu terlalu panjang, cobalah menggunakan keyboard dengan ukuran yang lebih kecil, seperti Tenkeyless (TKL) atau 75%. Ukuran keyboard yang lebih kecil memungkinkan ruangan yang lebih luas untuk pergerakan mouse kamu.

Untuk membantu merapikan mejamu, kamu juga dapat mengatur kabel dari perangkat-perangkat yang kamu sehingga tidak terlihat berantakan. Semakin sedikit kabel yang terlihat, semakin terlihat rapi pula meja kamu. Kalau kamu memakai keyboard dan mouse dengan kabel, gunakan celah pada mejamu jika ada. Kalau tidak, kamu bisa mengatur posisi kabel ke arah monitor dan mengikuti kabel monitor ke komputer atau laptop. Agar kabel terlihat rapi, kamu juga bisa menggunakan cable sleeve untuk menyatukan kabel-kabel yang searah.

Estetika Tatanan Meja

Estetika tatanan meja kerja

Estetika tatanan meja kerja (Sumber: youtube.com/TechSource)

Selain posisi duduk dan peralatan, estetika serta kerapian dari mejamu juga dapat mengganggu konsentrasimu jika tidak diatur dengan baik, lho. Usahakan jangan menaruh barang yang tidak penting di meja kerja, seperti bungkus makanan yang kosong, tissue bekas, atau sampah yang lain. Barang-barang tersebut dapat mengganggu gerakan mouse dan membuat meja kerjamu kurang enak dilihat.

Selain menyingkirkan barang-barang yang tidak penting, kamu juga bisa menambahkan desk mat untuk menutup permukaan mejamu. Desk mat berguna sebagai pelindung permukaan meja dan mouse pad. Banyak desk mat bermotif yang dapat melindungi sekaligus menghias meja kerjamu.

Jika kamu adalah pengguna headphone, gunakan headphone stand untuk menaruh headphone kamu agar tidak tergeletak begitu saja di atas meja. Jika kamu tidak memiliki headphone stand, kamu juga bisa menggantung headphone-mu di monitor saat tidak digunakan, kok!

Light strip di sekeliling meja

Light strip di sekeliling meja (Sumber: youtube.com/TechSource)

Yang terakhir, jika kamu ingin mejamu terlihat lebih hidup, gunakan light strip di sekitar mejamu dan di belakang monitormu. Gunakan warna light strip yang sesuai dengan tema mejamu. Jika kamu ingin suasana warna-warni, carilah light strip yang bisa kamu atur warnanya. Jika perangkatmu banyak menggunakan warna merah, gunakan juga warna merah di light strip kamu. Begitu juga saat menggunakan warna lain, agar meja kamu terlihat ada temanya. Selain terlihat warna-warni, cahaya yang ada di belakang monitormu juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata kamu saat melihat monitor yang terang, lho!

 

Nah, bagaimana Sobat FILE? Apakah setup meja dan ruang kerjamu sudah mengikuti tips di atas? Jika belum, yuk, coba luangkan waktu kamu untuk mengatur meja dan ruang kerjamu agar lebih nyaman untuk bekerja. Kalau kamu punya tips lain untuk menata meja, jangan lupa untuk membagikannya di kolom komentar ya! Jaga kesehatan dan juga produktivitasmu selama bekerja dari rumah ya, Sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
ProductivityTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT