fbpx

5 Tips untuk Membuat Profil LinkedIn yang Menarik

Hai, Sobat FILE! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn bukan? Buat kamu yang belum tahu, LinkedIn merupakan sosial media yang khusus ditujukan kepada orang-orang yang berkecimpung di ranah profesional. LinkedIn...

Hai, Sobat FILE! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn bukan? Buat kamu yang belum tahu, LinkedIn merupakan sosial media yang khusus ditujukan kepada orang-orang yang berkecimpung di ranah profesional. LinkedIn adalah sebuah platform yang difokuskan untuk membangun koneksi profesional dan pengembangan karir di dunia kerja. Di sini, profil LinkedIn yang kamu buat juga dapat berfungsi ganda sebagai CV kamu loh!

Sebenarnya, seberapa penting sih memiliki LinkedIn di dunia kerja? Gary Vee, salah satu Entrepreneur kelas dunia mengatakan bahwa LinkedIn akan menjadi “The Future of CV” juga “The Next Facebook”. Dengan fitur “connect” dalam LinkedIn, kamu bisa berinteraksi dengan berbagai orang dari kalangan profesional dan perusahaan-perusahaan. LinkedIn ini juga bisa membuka kesempatan kamu untuk direkrut di perusahaan lho! Dengan fitur pencarian dan profil yang berfungsi sebagai CV, bisa saja perusahaan menjadi tertarik dengan kamu dan menghubungimu secara langsung!

Nah, karena profil dapat menjadi penentu first impression kamu, kali ini FILE mau membagikan tips-tips supaya profil LinkedIn kamu menjadi menarik dan bagus! Yuk langsung disimak!

 

Menggunakan Foto Profil yang Tepat

Contoh foto profil LinkedIn

Foto Profil LinkedIn (Sumber: linkedin.com/in/dbryankratz/)

 

Salah satu hal yang pasti dilihat pertama kali adalah foto profil kamu. Dalam menentukan foto profil, pastikan sekitar 60% dari frame tersebut adalah wajahmu! Jangan menggunakan gambar yang tidak jelas ataupun foto kamu sedang liburan. Selain itu, gunakanlah baju yang kelihatan sopan dan rapi, simpelnya, baju yang akan kamu pakai kalau sedang bekerja. Jangan lupa juga untuk terlihat bersahabat!

 

Investasikan Waktumu untuk Membuat Profil

 

Contoh profil LinkedIn

Profil LinkedIn (Sumber: linkedin.com/in/dbryankratz/)

Ingat, profil kamu disini berfungsi bak sebuah CV. Kamu pasti tidak mau CV kamu terlihat buruk kan? Jangan takut untuk menginvestasikan waktumu untuk melengkapi profilmu. Semakin lengkap profilmu, semakin mudah kamu ditemukan dalam pencarian. Isilah profilmu selengkap mungkin, mulai dari cerita tentang kamu, pengalaman bekerja, volunteer, skill-skill yang kamu miliki, hingga minat kamu. Bagian-bagian yang mengandung keterangan waktu seperti tanggal biasanya disusun dengan bentuk timeline, sehingga dapat mempermudah orang-orang yang berkunjung ke profil kamu.

 

Tulis Pengalaman Kerjamu dengan Spesifik

Pengalaman kerja pada LinkedIn

Pengalaman kerja pada LinkedIn (Sumber: linkedin.com/in/dbryankratz/)

Pengalaman di sini akan menjadi salah satu kolom utama yang diperhatikan orang-orang yang berkunjung ke profil kamu. Karena itu, penting untuk membuat pengalaman kamu sespesifik mungkin, tapi tetap on point. Jelaskan secara singkat apa yang kamu lakukan di jabatan itu dan gunakan data statistik jika ada, terutama untuk pekerjaan yang kamu sudah tidak lakukan. Misalnya : “Sebagai event organizer, saya pernah mengurus sebuah event yang memiliki peserta 28.000 di …” 

 

 

Proyek, Skill dan Bahasa

 

Bagian 'Proyek' pada LinkedIn

Bagian ‘Proyek’ pada LinkedIn (Sumber: contentmarketinginstitute.com)

Selain pengalaman yang spesifik, masukkan juga proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan, karena ini bisa jadi portfolio buat kamu sendiri. Kamu juga bisa memasukkan skill-skill yang kamu miliki, selain softskill dan hardskill, masukkan juga bahasa yang kamu kuasai ya. Menguasai bahasa lain dapat menjadi nilai plus kamu lho.

 

Isi Profilmu dengan Tulisanmu

Tulisan untuk di-post di LinkedIn

Tulisan untuk di-post di LinkedIn (Sumber: medium.com/@buffer)

 

Dashboard LinkedIn mirip seperti Facebook, di mana kamu bisa update status maupun membuat sebuah tulisan. Manfaatkan kesempatan ini untuk memposting hal-hal yang relevan seperti perspektif kamu, lingkungan kerja, maupun sekedar artikel. Skill menulis merupakan salah satu nilai plus lho sebagai calon employee. Hal ini bisa membuat LinkedIn kamu lebih menonjol dibandingkan yang lain. Oh iya, kalau kamu sudah punya blog ataupun wordpress, kamu dapat langsung mencantumkannya di profil kamu ya!

Itulah tips-tips dalam membuat profil LinkedIn yang menarik dari FILE. Semoga dapat membantumu mengatur profil LinkedIn kamu! Jangan lupa selalu memastikan profil LinkedIn kamu up to date ya! Apakah kamu punya tips-tips lainnya terkait profil LinkedIn? Kami tunggu tips ala kamu di kolom komentar ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
InspirationTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT