fbpx

Huawei Mobile Services: 6 Layanan Pendukung Ekosistem Huawei

Halo, Sobat FILE! Tahukah kamu bahwa Huawei pernah masuk ke daftar hitam pemerintah Amerika Serikat? Hal ini terjadi akibat dari perang dagang yang terjadi antara kedua negara tersebut. Akibat...
Huawei Mobile Services, pendukung ekosistem Huawei

Halo, Sobat FILE! Tahukah kamu bahwa Huawei pernah masuk ke daftar hitam pemerintah Amerika Serikat? Hal ini terjadi akibat dari perang dagang yang terjadi antara kedua negara tersebut. Akibat dari larangan tersebut, Huawei hanya bisa menggunakan sistem operasi tanpa lisensi atau open source. Nah, agar bisa tetap beroperasi, Huawei pun menciptakan Huawei Mobile Services sebagai pengganti Google Mobile Services. Selain sebagai pengganti Google Mobile Services, Huawei Mobile Services juga berfungsi sebagai kunci utama strategi 1+8+N untuk ekosistem Huawei.

Mungkin masih banyak Sobat FILE yang belum mengetahui arti dari 1+8+N pada ekosistem Huawei tersebut. Nah, angka-angka tersebut ternyata memiliki maknanya sendiri loh! Angka 1 melambangkan pusat dari ekosistem Huawei, yaitu smartphone beserta penggunanya. Lalu, angka 8 melambangkan perangkat-perangkat yang saat ini sudah diproduksi Huawei yaitu vision, speaker, smart glasses, smart watch, telematika, earbuds, laptop, dan juga tablet. Kedelapan perangkat ini nantinya akan berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang ada dengan lingkungan Internet of Things, yang berisi jaringan tanpa batas. Jaringan tanpa batas atau endless services inilah yang dilambangkan dengan huruf ‘N’. Strategi tersebut kemudian didukung dengan Huawei Mobile Services yang berfungsi untuk mengintegrasikan semua produk dan perangkat Huawei.

Saat ini, Huawei Mobile Services sudah dilengkapi dengan 6 layanan yang sudah bisa kamu gunakan loh! Kira-kira, apa saja ya layanan yang sudah dikembangkan Huawei untuk mendukung ekosistem barunya ini? Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini!

Huawei Mobile Cloud

Huawei Mobile Cloud, salah satu layanan Huawei Mobile Services

Huawei Mobile Cloud (Sumber: consumer.huawei.com)

Dengan Huawei Mobile Cloud, kamu tidak perlu takut lagi kehilangan momen berharga atau bahkan tugas kuliah yang sudah siap dikumpulkan, loh! Kamu dapat dengan mudah mensinkronisasikan seluruh dokumen dari perangkat Huawei milikmu ke cloud storage secara otomatis. Layanan ini tentunya sangat membantu kita agar tidak kehilangan data berharga dari perangkat elektronik kita ya, Sobat FILE! Akan tetapi, keunggulan Huawei Mobile Cloud tidak hanya sampai di situ. Huawei Mobile Cloud ini juga memungkinkan para penggunanya untuk dengan mudah memindahkan data ke perangkat Huawei lainnya loh! Sobat FILE jadi nggak perlu repot lagi deh kalau ingin memindahkan data-data dari ponsel lama ke ponsel barumu!

Huawei App Gallery

Huawei App Gallery (Sumber: consumer.huawei.com)

Pernah menggunakan Play Store? Atau mungkin kamu pengguna App Store? Nah, Huawei App Gallery ini merupakan aplikasi yang serupa dengan kedua aplikasi tersebut. Namun, apa yang membedakan aplikasi yang satu ini dengan aplikasi yang lain? Nah, Huawei App Gallery memberikan beberapa keuntungan bagi para penggunanya, mulai dari konten eksklusif, free welcome gift, special in-game events, lucky prize, hingga rewards bagi para penggunanya.

Selain itu, Huawei App Gallery ini juga menyediakan pilihan aplikasi lokal yang disesuaikan dengan negara asal penggunanya. Aplikasi-aplikasi yang disesuaikan dengan negara asal pengguna ini meliputi aplikasi-aplikasi perbankan dan pembayaran digital, e-commerce, travel dan juga aplikasi untuk entertainment.

Selain diciptakan untuk bersaing dengan Google Play Store dan App Store, Huawei App Gallery juga bertujuan untuk memberikan kesempatan lebar bagi developer lokal yang ingin  memasarkan aplikasinya melalui layanan Huawei App Gallery ini.

Huawei Quick App

Huawei Quick App, salah satu layanan Huawei Mobile Services

Huawei Quick App (Sumber: xda-developers.com)

Sering kehabisan kapasitas penyimpanan di ponselmu? Huawei Quick App mungkin bisa menjadi penyelamat kamu nih! Pasalnya, layanan Huawei yang memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi yang kamu inginkan tanpa perlu mengunduhnya ke smartphone kamu. Layanan tap-to-use ini tentunya akan menghemat memori smartphone kamu ya. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 2500 pengembang yang menghubungkan layanan mereka dengan layanan Huawei Quick App loh! Dengan jumlah sebanyak itu, pastinya kamu akan dapat dengan mudah menemukan aplikasi atau layanan yang kamu inginkan pada Huawei Quick App ya, Sobat FILE. Yuk, maksimalkan penggunaan Huawei Quick App ini supaya kapasitas penyimpanan di ponselmu lebih awet!

Huawei Assistant

Huawei Assistant (sumber: consumer.huawei.com)

Setiap orang tentunya ingin melakukan sesuatu hal dengan mudah dan praktis ya, Sobat FILE. Nah, kini Huawei sudah mewujudkannya dengan layanan Huawei Assistant. Huawei Assistant sendiri memiliki sedikit perbedaan dengan layanan assistant yang ada pada smartphone merk lain. Pasalnya, asisten virtual yang satu ini hanya bisa diakses dengan menggeser layar smartphone kamu ke kanan, bukan dengan perintah suara atau voice command.

Meskipun begitu, Huawei Assistant ini menawarkan berbagai fitur yang betul-betul memudahkan kegiatan sehari-hari kamu loh! Ada fitur SmartCare yang menyediakan informasi real-time seperti jadwal penerbangan, harga saham dan juga keadaan cuaca. Ada fitur kalender untuk membantumu menyusun jadwal harianmu. Ada juga fitur newsfeed, alarm, dan berbagai macam fitur lainnya yang pastinya akan sangat membantu produktivitas kamu.

Huawei Video

Huawei Video (Sumber: displaydaily.com)

Bagi kamu yang suka streaming film ataupun video, maka layanan ini cocok banget nih untuk kamu! Huawei Video merupakan bagian dari Huawei Mobile Services yang menyediakan layanan streaming, sehingga kamu dapat menikmati beragam konten video dan film yang telah disediakan oleh Huawei. Jenis film yang tersedia di layanan ini pun sangat beragam. Film-film serial, dokumenter, hingga video-video informatif bisa kamu temukan di dalamnya. Sayangnya, layanan streaming video ini baru tersedia di negara Italia dan Spanyol nih, Sobat FILE. Semoga layanan ini dapat terus berkembang sehingga dapat diakses secara global ya!

Huawei Music

Huawei Music (Sumber:consumer.huawei.com)

Pada dasarnya, Huawei Music merupakan layanan streaming musik yang mirip dengan salah satu aplikasi yang tengah naik daun saat ini, yakni Spotify. Huawei memasukkan layanan ini ke dalam Huawei Mobile Services untuk memberikan pengalaman one-stop shop music experience bagi para penggunanya. Melalui Huawei Music, kamu dapat mendengarkan berbagai genre musik yang ada. Para pengguna juga bisa membuat playlist yang sesuai dengan selera mereka. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan radio melalui layanan streaming yang satu ini.

Salah satu fitur yang paling menarik dari layanan ini adalah party mode-nya. Dengan fitur ini, kamu bisa menikmati lagu secara bersamaan dengan teman-teman kamu loh! Menarik banget ‘kan, Sobat FILE?


Nah, itu dia keenam layanan yang sudah tergabung ke dalam Huawei Mobile Services! Ekosistem Huawei Mobile Services ini ternyata telah tumbuh dengan pesat dan berhasil mencapai 700 juta pengguna secara global loh! Hal ini tentunya akan menjadikan Huawei sebagai raksasa teknologi di masa depan ya.

Bagaimana dengan kamu, Sobat FILE? Apakah kamu sudah tertarik untuk bergabung dengan 700 juta pengguna lainnya? Atau mungkin kamu sudah menjadi salah satu pengguna Huawei? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT