fbpx

5 Tips Searching Google: Bakal Membantu Kamu Banget Nih!

Halo, Sobat FILE! Pastinya kita sudah tahu ya bahwa Google merupakan mesin pencari nomor 1 di dunia. Jutaan orang melakukan pencarian lewat Google setiap harinya untuk berbagai macam alasan. Para...
(Sumber: pexels.com)

Halo, Sobat FILE! Pastinya kita sudah tahu ya bahwa Google merupakan mesin pencari nomor 1 di dunia. Jutaan orang melakukan pencarian lewat Google setiap harinya untuk berbagai macam alasan. Para mahasiswa menggunakannya untuk mengerjakan tugas, mencari tips, atau mencari informasi-informasi lain yang dibutuhkan. Para pencari kerja bisa menggunakannya untuk mencari informasi lowongan pekerjaan, juga mencari informasi terkait perusahaan yang sedang merekrut karyawan. Selain itu, masih banyak lagi alasan orang melakukan pencarian di Google.

Namun ternyata, tak semua orang mengetahui bagaimana untuk memaksimalkan pencarian mereka di Google. Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu melakukan searching di Google dengan maksimal? Jika belum, kamu tidak perlu khawatir! Pada artikel kali ini, FILE sudah menyiapkan tips searching Google untuk membantu kamu memaksimalkan pencarian kamu! Apabila kamu menerapkan tips-tips di bawah ini, dijamin deh kamu akan lebih mudah menemukan hasil pencarian yang sesuai dengan keinginanmu!

Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak 5 tips searching Google dari FILE!

Mengecualikan Suatu Keyword

 

Tips searching Google untuk mengecualikan suatu kategori

Tanda hubung di sini berfungsi saat kamu ingin mengecualikan suatu kata dari pencarian kamu. Mari kita lihat contoh pada gambar di atas. Pada kolom search, tertulis ‘Sepatu -running’. Hal ini berarti kamu ingin mencari informasi tentang sepatu di Google, tetapi kamu tidak ingin sepatu running termasuk ke dalamnya.

Mencari Tipe File Tertentu

Sering kali, saat kita melakukan pencarian di Google, tidak hanya hasil berupa artikel yang kita temui, tetapi juga hasil berupa file dengan beragam ekstensi. Beberapa file yang umum dijumpai pada pencarian kita adalah file PDF, PNG, bahkan file Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Nah, apabila kamu ingin mencari informasi dengan tipe file tertentu, FILE punya tips searching Google yang tepat untuk kamu! Kamu hanya tinggal menambahkan deklarasi filetype: pada kolom pencarianmu. Akan tetapi, jangan lupa untuk menambahkan jenis file yang kamu inginkan setelah tanda titik dua (:) ya, Sobat FILE!

 

Mencari dari Situs Tertentu

Tips searching Google untuk mencari di situs tertentu saja

Jika kamu ingin mencari suatu informasi di situs tertentu, kamu bisa mempersempit pencarian dengan menggunakan tanda titik dua (:). Gambar di atas merupakan contoh penggunaan tips searching Google yang satu ini. Ketika kamu ingin mencari informasi atau artikel terkait integrasi sosial di situs kompasiana, kamu bisa mengetikkan keyword seperti pada gambar di atas.

Mencari Situs yang Mirip dengan Situs Lain

Kamu perlu mencari situs-situs yang serupa dengan situs tertentu? Tenang saja! FILE juga memiliki tips untuk searching di Google untuk kasus yang satu ini! Untuk menemukan situs-situs yang mirip dengan suatu situs tertentu, kamu hanya perlu menambahkan keyword ‘related:’ di depan kata kunci atau nama situs yang dicari. Akan tetapi, setelah tanda titik dua (:), kamu tidak perlu menambahkan spasi ya. Jika tidak, keyword ini tidak akan berfungsi dengan baik. Contohnya, jika kamu ingin mencari situs-situs yang berkaitan dengan Tokopedia, kamu bisa mengetikkan “related:Tokopedia.com” seperti pada gambar di atas.

Mewajibkan Suatu Frasa dalam Pencarian

Tips searching Google dengan mewajibkan keyword tertentu

Meskipun Google sudah menjadi mesin pencari nomor 1 saat ini, tetapi tentunya search engine yang satu ini tidak luput dari kelemahan ya. Salah satunya adalah ketika kita melakukan searching di Google, seringkali Google memunculkan informasi atau kata-kata yang tidak sesuai dengan yang apa yang kita ketikkan. Nah, dengan menggunakan tanda kutip (“…”), kamu bisa mencari informasi yang mengandung keyword-mu secara persis. Contohnya jika kamu ingin mencari informasi tentang warga global, kamu bisa menyertai kutipan seperti ini “warga global” untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik.

 

Nah, itulah lima tips searching Google yang pastinya akan membantu banget untuk memaksimalkan pencarian kamu di Google! Apakah kamu sudah mengetahui kelima tips tersebut sebelumnya? Atau mungkin kamu malah memiliki segudang tips searching Google lainnya? Jika iya, yuk bagikan tips-tipsnya di kolom komentar!

Semoga tips searching Google dari FILE kali ini bisa membantu kamu untuk semakin efektif melakukan pencarian di Google ya, Sobat FILE! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

 

Bagikan ke sesama!
Categories
ProductivityTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT