fbpx

Startup Indonesia yang Telah Mengadopsi Teknologi AI

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu tahu? Penggunaan teknologi AI pada startup di indonesia, mengalami peningkatan cukup besar, hal ini ditandai pada survey IDC Asia/Pacific Enterprise Cognitive/AI yang dilakukan pada...
Robot, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai
Robot

Halo, Sobat FILE!

Apakah kamu tahu? Penggunaan teknologi AI pada startup di indonesia, mengalami peningkatan cukup besar, hal ini ditandai pada survey IDC Asia/Pacific Enterprise Cognitive/AI yang dilakukan pada tahun 2018, menunjukan bahwa, Indonesia merupakan negara tertinggi dalam ASEAN dengan jumlah 24,6% organisasi bisnis yang telah menerapkan teknologi AI loh! Nah, Oleh karena itu, FILE akan memberikan informasi tentang startup Indonesia yang telah menerapkan teknologi AI di perusahaannya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak selengkapnya!

1. Nodeflux

Nodeflux, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai.
Nodeflux

Nodeflux merupakan startup Indonesia berbasis artificial intelligence yang bergerak di bidang Vision AI. Produk-produknya menawarkan berbagai kemampuan pemindaian visual berbasis AI, seperti pengenalan wajah, menghitung jumlah orang dalam satu area tertentu, dan masih banyak lagi. Nodeflux juga sempat mewakili Indonesia dalam event pameran teknologi CEBIT Australia pada tahun 2019, sebagai salah satu pembicara resmi dalam konferensi tersebut.

2. Tokopedia

Tokopedia, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai
Tokopedia

Sobat FILE pasti tahu mengenai startup Indonesia yang satu ini nih. Iya! Tokopedia merupakan salah satu startup e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Ternyata, Tokopedia juga menerapkan teknologi artificial intelligence pada produk dan layanan mereka loh! Mereka menggunakan teknologi AI untuk menganalisis perilaku konsumen dan juga menerapkannya pada fitur chatbot untuk membantu melayani pelanggan.

3. Kata.AI 

Kata.ai, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai.
Kata.ai

Kata.AI adalah startup Indonesia yang fokus dalam memberikan pelayanan chatbot untuk berbagai aktivitas bisnis, seperti transaksi jual beli sampai sampai pemasaran produk. Startup yang berdiri pada tahun 2015, ini sudah digunakan oleh ribuan developer untuk mengembangkan lebih dari 7000 chatbot sampai saat ini. Baru-baru ini, Kata.ai juga bekerja sama dengan Facebook dan BPNB untuk membuat suatu asisten virtual bernama COVID Bot, yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai pandemi ini melalui Facebook Messenger.

4. Snapcart

Snapcart ai, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai.
Snapcart

Untuk Sobat FILE yang suka berbelanja,maka kamu akan suka dengan startup yang satu ini nih! Dengan Snapcart, kamu akan mendapatkan sebuah cashback . Dengan cara, memfoto struk pembayaran yang kamu dapatkan setelah kamu selesai berbelanja. Namun, yang menjadi penjualan utama dari Snapcart adalah menjual data-data, seperti market share dan performa pricing dari suatu merek, serta real time analytics mengenai perilaku konsumen kepada sebuah merek.

5. Datanest.io

Datanest ai, salah satu startup yang telah menggunakan teknologi ai.
Datanest

Startup Indonesia yang satu ini menyediakan layanan data science berbasis AI. Datanest.io memberikan klien sebuah solusi AI untuk mengotomatiskan pengolahan data, agar meningkatkan kinerja dan profitabilitas. Datanest.io menyediakan layanan Custom AI, untuk mengembangkan sebuah solusi artificial intelligence yang pas dan cocok dengan kebutuhan klien.

Selain dari kelima startup Indonesia yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi startup Indonesia yang telah menerapkan teknologi AI dalam proses bisnisnya. Apakah sobat file sudah memiliki pengalaman dalam penggunaan AI di kehidupan sehari-hari? Jika iya, yuk bagikan pengalaman kalian di kolom komentar! Nah bagi kamu yang belum tahu, pada event teknologi CES 2020 kemarin, Samsung juga memperkenalkan sebuah artificial human milik mereka yang bernama NEON, kamu bisa membacanya di sini, dan jangan lupa untuk follow Instagram kami di sini. See you on next artikel!

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT