fbpx

Simak 5 Teknologi Menarik yang Ada di CES 2021!

Halo Sobat FILE! Bagi kamu yang merupakan tech enthusiast, tentunya sudah tau mengenai CES, kan? Jika kamu belum tau, event ini merupakan pameran teknologi yang biasanya diadakan pada awal...
CES

Halo Sobat FILE! Bagi kamu yang merupakan tech enthusiast, tentunya sudah tau mengenai CES, kan? Jika kamu belum tau, event ini merupakan pameran teknologi yang biasanya diadakan pada awal tahun. Pada tahun 2021 ini, CES kembali diadakan pada 11 sampai 14 Januari namun secara virtual dikarenakan kondisi pandemi saat ini.

Namun, apakah kalian tau? Bahwa, tidak semua orang dapat menghadiri pameran ini, loh! Karena event ini hanya dibuka bagi para jurnalis terkenal, perusahaan rintisan, atau perusahaan yang memiliki inovasi di bidang teknologi. 

Sebagian dari kamu tentunya penasaran dengan tujuan dari adanya event ini?Nah, CES merupakan event untuk menunjukan teknologi-teknologi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan. Mungkin, bagi kamu yang mendapatkan bocoran mengenai teknologi yang ada di perusahaan tersebut, bisa jadi hal itu sudah dipamerkan di CES 2021. 

Nah, bukan CES namanya kalo pada pameran tersebut tidak menampilkan teknologi-teknologi yang menarik serta futuristik. Untuk mengetahui teknologi apa saja yang dipamerkan,kali iniFILE telah menyiapkan 5 teknologi menarik yang ada di CES 2021! Tanpa belama-lama lagi, yuk, kita simak artikel berikut!  

1. LG Rollable Phone

Penampakan Lg Rollable Phone (Sumber: LG)

Tahun 2021 merupakan tahun yang menarik bagi perusahaan LG. Karena pada CES tahun ini, ketika Jin-Hong Kim, SVP dan Head of Global Marketing LG sedang presentasi terdapat seorang pria yang memegang sebuah smartphone yang dapat melebar. Begitu presentasi selesai, layar dari smartphone tersebut mengecil dan menampilkan tulisan LG Rollable. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai smartphone yang satu ini nih.

Sebelumnya pada tahun 2020, LG telah mematenkan teknologi yang membuat smartphone dapat melebar kesamping yang disebut sebagai Project B. Bila teknologi ini direalisasikan, maka teknologi ini akan menjadi perangkat kedua yang memiliki teknologi layar gulung dari LG.

2. Samsung Bot Handy

CES
Robot Samsung Bot Handy (Sumber: Samsung)

Apakah kamu pernah membayangkan memiliki asisten robot yang bisa melakukan segala sesuatu? Yap! Dengan samsung Bot Handy, hal itu dapat menjadi kenyataan. Samsung Bot Handy mampu melakukan berbagai macam tugas seperti mengangkat pakaian, memindahkan barang, hingga menyiapkan meja makan, loh! 

Samsung Bot Handy dapat melakukan hal tersebut karena memiliki sebuah tangan berbentuk capit yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan Samsung Bot Handy. Robot ini dibantu oleh kamera yang berada di ujung lengan yang dapat menyesuaikan tangannya dengan objek di sekitarnya. 

Berkat Samsung Bot Handy, kita sudah semakin dekat dengan adanya robot personal assistant yang sebelumnya hanya sebuah sekedar mimpi. Bagi kamu yang penasaran dengan cara kerja Samsung Bot Handy, kamu harus bersabar dulu nih Sobat FILe! Karena robot ini masih dalam tahap pengembangan.

3. Sony AirPeak

CES
Drone AirPeak (Sumber: Sony)

Pada CES 2021 ini, Sony  menampilkan sebuah drone yang dinamai AirPeak. Sony mengatakan bahwa drone buatan mereka ini lebih kecil dibandingkan drone pada umumnya, namun mampu membawa sebuah kamera sony alpha yang berukuran full frame yang sangat cocok untuk digunakan bagi para vlogger ataupun seorang profesional yang sedang mencari drone.

AirPeak memiliki desain quad-propeller, dengan dua kaki yang dapat ditarik keatas selama penerbangan. Drone ini dilengkapi dengan kamera depan, sensor jarak,dan memiliki teknologi AI yang dapat melacak sebuah target atau menghindari rintangan secara otomatis. Rencananya, Drone ini akan diluncurkan pada musim semi mendatang dalam tahun ini.

4. Mudra Band 

CES
Pengunaan Mudra Band (Sumber: Mudra Band)

Bagi kamu pemilik Apple Watch, maka kamu wajib memiliki gadget yang satu ini! Mudra Band merupakan sebuah strap yang dapat mendeteksi pergerakan jari-jari kamu untuk memudahkan kamu dalam menggunakan Apple Watch. Dengan Mudra Band, kamu dapat meng-explore fitur-fitur yang menarik, seperti bermain game, mengangkat telfon, mengatur musik, dan lain-lain. 

Tenang saja, bagi kamu yang takut menggunakan strap ini dalam kegiatan sehari-hari, Mudra Band sudah mendapatkan sertifikat IP56 yang berarti kamu dapat menggunakan strap ini walaupun sedang mencuci tangan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika strap kamu terkena air, asalkan kamu tidak membawa strap ini ketika berenang ya!

Mungkin sebagian dari kamu bingung, bagaimana cara kerja Mudra Band. Nah, Mudra Band memanfaatkan teknologi bluetooth untuk menghubungkan Mudra Band dengan Apple Watch. Kemudian, Mudra Band mendeteksi pergerakan tangan kamu dengan sensor yang ada di dalam strap. Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba Mudra Band ini, kamu dapat membeli strap ini pada situs mereka di mudra-band.com dengan harga US$179.

5. AMD Ryzen 5000 Series Mobile

CES
prosesor AMD 5000 mobile (Sumber: AMD)

AMD yang sedang naik daun turut serta mengikuti event CES tahun ini. Pada event kali ini, AMD meluncurkan AMD Ryzen 5000 series bagi laptop yang menawarkan performa yang terbaik dan daya tahan baterai yang lebih tinggi. Selain itu, AMD juga  memperkenalkan Series HX untuk laptop. prosesor tersebut dapat di overclock, serta memiliki thermal design yang lebih baik untuk performa yang lebih stabil. 

Berkat peluncuran produk tersebut, AMD mendapatkan 2 penghargaan yaitu Best Gaming Product dan Best of the Best. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba performa dari prosesor ini, Amd akan mengeluarkan Mobile Ryzen 5000 series pada kuartal 1 atau sekitar bulan Februari 2021. 

Sobat FILE! Itulah 5 teknologi menarik yang ada di CES 2021, Menurut kamu, teknologi dari perusahaan manakah yang menarik perhatian kamu? Atau, jika kamu mengetahui teknologi lain yang menarik di CES 2021, kamu dapat memberikan jawabanmu di kolom komentar! Jangan lupa untuk follow instagram filemagz ya! Bagi kamu yang penasaran mengenai event CES di tahun 2020 kemarin, kamu dapat membaca artikelnya di sini! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT