Bagaimana Jack Ma Alibaba Menjadi Orang Terkaya di China?

Seorang guru bahasa Inggris dan pengusaha internet Jack Ma mendirikan Alibaba 15 tahun yang lalu di apartemen kecilnya di Hanzhou, China. Pada hari ini, dia telah menjadi orang terkaya di...

Seorang guru bahasa Inggris dan pengusaha internet Jack Ma mendirikan Alibaba 15 tahun yang lalu di apartemen kecilnya di Hanzhou, China. Pada hari ini, dia telah menjadi orang terkaya di China pada IPO terbesar di Amerika dan mengukir sejarah dunia baru.

Dengan nilai pasar sebesar 231 Milyar dolar AS, Alibaba telah bernilai hampir sama dengan Wal-Mart dan lebih besar dari Amazon dan eBay digabung.

Bagi Alibaba semua ini barulah permulaan, Jack Ma mengakatan bahwa beliau berniat untuk melakukan ekspansi ke Amerika dan Eropa dan kini telah melakukan investasi ke startup-startup di AS, meliputi Uber, Lyft, ShopRunner, Fanatics, Tango, dan Kabam.

Kini setiap pengusaha maupun pemimpin bisnis haruslah belajar pada Jack Ma, seorang guru Inggris yang mengubah sebuah visi, sekelompok rekan-rekan, dan 60.000 dolar AS menjadi e-commerce paling berharga di internet hari ini. Sudah tidak diragukan bahwa cerita Jack Ma ini akan didengarkan dan dikagumi generasi-generasi ke depan.

Mulai Berlatih Dimanapun

Menyadari pentingnya bahasa Inggris, Jack Ma pada masa mudanya menghabiskan waktunya mengendarai sepeda ke hotel-hotel untuk menemui turis-turis dan membimbing mereka demi berlatih bahasa inggrisnya. Semangat dalam berwirausaha dia menyamai semangat Masayoshi Son yang hidup di masa muda dalam kemiskinan yang akhirnya menjadi orang terkaya di Jepang.

Mempunyai Visi yang Jelas

Melihat adanya potensi besar untuk menjembatani seluruh bisnis di populasi China, dia dan istrinya, bersama 17 rekan mengumpulkan dana sebesar 60.000 dolar AS untuk memulai sebuah perusahaan. Jack Ma selalu menekankan bahwa apa yang membuat Alibaba bisa bertahan sampai detik ini bukanlah karena uang yang dihasilkan mereka, namun karena budaya perusahaan yang dimilikinya.

Masalah yang Besar Berarti Peluang yang Besar Untuk Berkembang

Kurangnya infrastruktur batu bata dan mortar pada China selalu menjadi rintangan yang sulit diatasi untuk pedagang usaha kecil bangsa besar ini. Alibaba memecahkan permasalahan itu dan sekarang memegang 80% dari semua transaksi e-commerce yang berasal dari negara itu, menghasilkan 248 Milyar dolar AS pada tahun lalu (lebih besar dua kali lipat dari penghasilan Amazon).

Inovasi Datang dari Individu yang Berani Untuk Berpikir dan Bertindak Berbeda

Semua orang berbicara tentang mengubah dunia dan menghasilkan sebanyak-banyaknya uang pada hari ini, tetapi mereka yang benar-benar melakukannya adalah individu yang luar biasa dengan ide-ide terobosan, visi umum dan gairah untuk melakukan pekerjaan yang besar. Mereka berani melanggar peraturan-peraturan umum dalam mengemukakan gagasan mereka tentang bisnis, mereka berani ditentang orang lain, karena mereka memiliki mimpi dan jalan mereka sendiri.

Nama Bukanlah Segalanya

Apple. Facebook. Google. Microsoft. Uber. Starbucks. Apa kemiripan pada nama-nama perusahaan tersebut? Tidak ada. Semua memiliki arti masing-masing, ciri-ciri masing-masing, dan pencitraan masing-masing. Beberapa merupakan penggabungan dari kata-kata. Ada yang bukan berasal dari bahasa baku. Bahkan ada yang berasal dari nama buah. Apa yang penting adalah apa yang bisnis anda lakukan untuk orang-orang, bukan nama bisnis anda.

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT