7 Kesalahan Finansial yang Tidak Dilakukan oleh Orang Sukses

Mengatur finansial secara efektif adalah salah satu kunci sukses dalam hidup kamu. Orang sukses akan mengambil keputusan untuk menghindari kesalahan finansial dengan menggunakan uang secara efektif, bahkan beberapa dari...

Mengatur finansial secara efektif adalah salah satu kunci sukses dalam hidup kamu. Orang sukses akan mengambil keputusan untuk menghindari kesalahan finansial dengan menggunakan uang secara efektif, bahkan beberapa dari mereka memulainya sejak usia muda.

Banyak dari kamu yang menggunakan uang dengan prinsip yang kamu buat sendiri. Ada berbagai macam metode untuk mengelola finansial. Beberapa dari metode tersebut ada yang  mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa yang lain tidak menghasilkan sama sekali. Oleh karena itu, berikut kami berikan 7 Rahasia Cara Mengatur Finansial Yang Dilakukan Oleh Orang Sukses:

1. Pengeluaran < Pendapatan

Hidup berdasarkan pengeluaran yang lebih kecil dari pendapatan adalah kunci dari manajemen keuangan kamu. Beberapa orang-orang tersukses di dunia benar-benar mempraktekan prinsip ini.

Contohnya, Sir John Templeton, seorang legenda investor yang telah menjadi seorang miliarder. John tetap hidup dengan menabung 50% dari pendapatannya yang pas-pasan.

Kamu tidak harus mengikuti John Templeton, menabung 10-15% dari setiap pendapatanmu adalah cara yang paling ideal untuk sukses secara finansial.

2. Orang Sukses Mengerti Pentingnya Sebuah ‘Nilai’

Harga yang harus kamu bayarkan adalah sebuah investasi. Orang sukses tidak selalu berpatokan pada harga, melainkan nilai.

Untuk sebuah investasi, orang sukses tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan uang asalkan nilai yang ditukarkan sepadan, atau bahkan bisa meningkat di kemudian hari. Untuk kebutuhan pribadi, biasanya orang sukses akan mencari produk dengan mutu tinggi yang bisa bertahan lama.

Tips: Belilah produk dengan mutu tinggi yang dapat bertahan lebih lama.

3. Orang Sukses Selalu Mengawasi Transaksi Bank Mereka

Menurut CNN, rata-rata orang Amerika memiliki hutang kartu kredit dengan transaksi mencapai $15.000. Yang membedakan dengan orang sukses adalah, mereka akan sangat mengawasi transaksi perbankan miliknya.

Kamu dapat menerapkan cara yang mudah untuk menghindari transaksi yang tidak penting pada kartu kreditmu yaitu hanya dengan meninjau laporan keuangan perbankanmu dalam 5-10 menit setiap bulan.                               

4. Orang Sukses Selalu Mencari Jalan Baru Untuk Meningkatkan Pendapatan Mereka

Beberapa orang tidak akan meminta lebih atau puas hanya dengan kenaikan gaji 1-3% saja. Sayangnya, peningkatan daya beli kamu yang hanya segitu-gitu saja, akan kalah bersaing dengan peningkatan inflasi barang-barang di pasaran.

Sebaliknya, orang sukses akan selalu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan lebih. Peningkatakan pendapatan akan memberikanmu fasilitas yang lebih banyak seperti keamanan, kesenangan, dan lain lain.

Orang sukses akan melakukan sesuatu untuk meningkatkan pendapatan mereka. Contohnya adalah, mengambil kursus untuk meningkatkan kemampuan mereka atau memberikan ide/inovasi untuk perusahaan.

5. Orang Sukses Mempelajari Laporan Keuangannya

Untuk sukses secara finansial, membutuhkan proses yang sangat panjang. Termasuk didalamnya adalah dengan menumbuhkan kebiasaan memonitor laporan keuanganmu.

Orang sukses akan menyediakan 30-60 menit per bulan untuk me-review laporan keuangan mereka mulai dari investasi, perbankan, kartu kredit, dan lain-lain. Sehingga ketika kamu menemukan kesalahan dalam rencana finansialmu, kamu dapat langsung memperbaikinya.

6. Orang Sukses Tidak Akan Mengambil Resiko yang Besar Pada Uang

Seperti yang sering dikatakan oleh Warren Buffet, orang ke-3 terkaya di Dunia.

“Rule number one is never lose money.”

Semua investasi memiliki resiko untuk kehilangan uang. Oleh karena itu, orang sukses akan menggunakan 1 cara untuk menghindari kerugian yaitu mereka mengerti nilai dari sebuah asuransi untuk memperkecil resiko.                                     

7. Mereka Tidak Akan Membiarkan Uang Berada di Atas Nilai-Nilai Lain

Mendapatkan kesuksesan secara finansial ada tujuan yang sangat baik. Finansial yang kuat akan membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak pilihan dalam hidup. Hal itu berarti juga kamu dapat meningkatkan akses dirimu dengan teknologi, kesehatan, dan rekreasi yang lebih baik.

Namun, orang sukses mengerti bahwa sukses secara finansial hanyalah salah satu aspek dari kehidupan yang sukses. Misalnya, mengabaikan kesehatan demi mendapatkan uang adalah strategi yang sangat buruk. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengabaikan aspek kehidupan yang lain.

Bagikan ke sesama!
Categories
Finance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT