fbpx

5 REKOMENDASI APLIKASI VIDEO EDITING GRATIS

Halo, Sobat FILE! Saat ini, konten visual berupa video banyak digunakan sebagai konten marketing oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Dalam membuat konten video yang menarik, tentunya kamu...

Halo, Sobat FILE! Saat ini, konten visual berupa video banyak digunakan sebagai konten marketing oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Dalam membuat konten video yang menarik, tentunya kamu perlu menggunakan aplikasi video editing. Namun, beberapa aplikasi video editing mengharuskan kamu untuk membayar agar kamu bisa menggunakannya. 

Nah, akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada beberapa aplikasi video editing gratis yang tersedia dan tidak kalah bagusnya dengan aplikasi yang berbayar. Karena itu pada kesempatan ini, FILE ingin memberikan 5 rekomendasi software video editing gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat video menarik. Tanpa berlama-lama lagi, yuk! Kita simak artikel ini!

DaVinci Resolve (Linux, macOS, and Windows)

Tampilan DaVinci Resolve (Sumber: blackmagicdesign.com)

Bagi kamu yang ingin menggunakan berbagai fitur video editing profesional, maka DaVinci Resolve adalah jawabannya! DaVinci memiliki fitur yang diperlukan oleh banyak video editor profesional seperti Color Corrections, Visual Effects, Audio Post-production, dan masih banyak lagi. Jika kamu belum terbiasa dengan menggunakan banyak fitur apalagi masih awam dengan yang namanya video editing, DaVinci Resolve mungkin bisa membuat kamu sedikit kewalahan dengan banyaknya fitur yang dimiliki.

Blender (Linux, macOS, and Windows)

Aplikasi Video Editing
Tampilan Blender (Sumber: docs.blender.org)

Sebenarnya, Blender berfungsi untuk membuat animasi 3D. Namun, Blender kini hadir dengan fitur video editing yang sangat berguna agar kamu bisa membuat video yang menarik. Blender juga merupakan aplikasi open-source yang gratis, lho!

Selain itu, kamu juga dapat belajar membuat design dan animasi 3D! Aplikasi ini bahkan dapat kamu gunakan dari berbagai macam OS serta memiliki komunitas yang siap membantu kamu jika mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini.

iMovie (macOS)

Aplikasi Video Editing
Tampilan Aplikasi IMovie (Sumber: idownloadblog.com)

iMovie adalah aplikasi pilihan pertama bagi pengguna macOS untuk mengedit video, aplikasi ini juga sangat dapat diandalkan jika kamu hanya ingin melakukan pengeditan yang simpel. Salah satu keuntungan dalam memakai iMovie itu sendiri adalah file kamu akan disimpan di cloud Apple. Selain itu, iMovie juga memiliki interface drag and drop yang membuat proses editing lebih cepat dan mudah. Dengan menggunakan iMovie, menghasilkan video resolusi 4k tidak lagi menjadi hal yang mustahil.

OpenShot (Linux, macOS, and Windows)

Aplikasi Video Editing
Tampilan Openshot (Sumber: techradar.com)

OpenShot dapat kamu andalkan jika kamu hanya ingin melakukan pengeditan simpel seperti resizing, scaling, trimming, snapping dan rotation. Karena memiliki tampilan yang mudah dimengerti serta terdapat fitur drag and drop seperti iMovie dari macOS. Namun, OpenShot memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan iMovie. 

VSDC Free Video Editor (Windows)

Aplikasi Video Editing
Tampilan Aplikasi VSDC (Sumber: videosoftdev.com)

Meskipun VSDC memiliki pro version dengan harga $19.99 USD, fitur yang tersedia pada versi gratis VSDC sudah cukup bagi seorang video editor. VSDC memiliki fitur-fitur yang krusial seperti Color Correction dan Audio Mastering

VSDC memiliki fitur yang cukup banyak untuk dipakai oleh seorang pemula. Namun VSD memiliki fitur Beginner Friendly seperti filter yang mirip dengan Instagram. Akan tetapi, jika kamu mengalami kendala terhadap aplikasinya, VSDC akan mengenakan biaya untuk technical supportnya.

Nah, Sobat FILE! Itulah 5 rekomendasi aplikasi video editing gratis yang dapat kamu gunakan! Apakah kamu sudah menentukan aplikasi yang sesuai untuk kamu? Apabila kamu memiliki rekomendasi aplikasi video editing yang gratis, kamu dapat memberikan rekomendasi kamu di kolom komentar di bawah ini! Bagi kamu yang ingin meningkatkan produktivitas, kamu dapat membaca artikel berikut. Jangan lupa untuk follow sosial media FileMagz untuk mendapat berita terbaru seputar teknologi, bisnis dan lifestyle. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT

  • 5 Rekomendasi Aplikasi Menggambar pada PC

    Halo, Sobat FILE! Pada era digital saat ini, banyak perkembangan teknologi yang mempengaruhi kehidupan kita, salah satunya adalah hobi. Kamu yang tertarik membaca artikel ini mungkin memiliki hobi dalam...