fbpx

5 Rekomendasi Penyanyi Jepang Bagi Pecinta J-Rock dan J-Pop

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu penggemar lagu J-Rock dan J-Pop? Kedua aliran lagu ini memang merupakan dua subgenre lagu Jepang yang terbilang cukup populer. Hal ini berkaitan erat dengan keberhasilan...

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu penggemar lagu J-Rock dan J-Pop? Kedua aliran lagu ini memang merupakan dua subgenre lagu Jepang yang terbilang cukup populer. Hal ini berkaitan erat dengan keberhasilan penayangan anime di televisi dengan soundtrack yang dibawakan penyanyi dan kelompok musik Jepang. Tentu saja, popularitasnya terjadi bukan tanpa alasan. Kepopuleran lagu Jepang ini didukung oleh beberapa hal, seperti makna lagu yang mendalam serta melodi yang unik dan catchy. Dibandingkan dengan genre lain seperti Western Pop atau K-Pop, lagu Jepang bisa dibilang terkesan lebih autentik karena kebanyakan lagunya ditulis oleh penyanyinya sendiri.

Nah, baik kamu penggemar lama maupun pendengar baru lagu Jepang, FILE sudah menyiapkan beberapa rekomendasi penyanyi Jepang beserta salah satu lagunya yang wajib kamu dengerin! Kira-kira ada siapa saja ya? Apakah penyanyi Jepang favoritmu termasuk ke dalamnya? Yuk, langsung kita simak!

YOASOBI

Penyanyi Jepang Yoasobi

Duo pop Jepang, Yoasobi (Sumber: metrolyrics.com)

YOASOBI merupakan duo pop Jepang yang terdiri dari produser musik vocaloid, Ayase dan sang vokalis wanita, Ikura. Sebelum YOASOBI terbentuk, kedua member ini sudah memiliki karir musik yang aktif. Walaupun YOASOBI hanya memiliki 3 buah lagu, popularitasnya tidak kalah dengan penyanyi veteran lain loh! Hal ini dapat dilihat dari lagu pertama yang dirilis YOASOBI, yaitu Racing into the Night (夜に駆ける), yang berhasil menempati juara 1 di Billboard Japan Hot 100 pada 1 Juni, 2020. Keren banget ya, Sobat FILE!

YOASOBI “Racing into the Night” Official Music Video

Rekomendasi lagu YOASOBI yang akan FILE berikan kali ini tidak lain adalah Racing into the Night (夜に駆ける), yang merupakan lagu tersukses sepanjang perjalanan karir mereka. Dengan suara Ikura yang merdu, melodi lagu yang catchy, serta drum dan piano yang powerful, lagu ini bakal bikin kamu ketagihan deh!

Aimer

Aimer, penyanyi lagu Kataomoi

Aimer, penyanyi lagu Kataomoi (sumber: youtube.com)

Nah, kalau kamu seorang pecinta anime, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Aimer. Vokalis Jepang yang satu ini telah menyanyikan banyak lagu untuk opening dan ending untuk berbagai anime, seperti Fate / Stay Night serta Natsume Yuujinchou. Penyanyi lagu Kataomoi ini memiliki suara yang sangat menonjol, yang sering disebut sebagai ‘distinctive husky voice’ oleh fans. Suaranya inilah yang membuat Aimer menjadi salah satu penyanyi favorit para penggemar lagu-lagu Jepang.

【HD】After Dark – Aimer – words【ENG Sub】

Lagu Aimer yang FILE rekomendasikan kali ini adalah Words. Lagu ini diiringi dengan suara gitar yang merdu dan terpadu secara sempurna, ditambah dengan pembawaan Aimer yang passionate dan powerful. Kamu yang merupakan pecinta lagu mellow harus banget dengerin lagu ini!

Yorushika (ヨルシカ)

Duo rock Jepang, Yorushika

Duo rock Jepang, Yorushika (Sumber: youtube.com)

Yorushika (ヨルシカ) merupakan duo rock Jepang yang terdiri N-buna, mantan produser musik vocaloid, dan juga Suis, yang berperan sebagai vokalis wanita. Penyanyi That’s Why I Gave Up on Music (だから僕は音楽を辞めた) ini suka mengeksplorasi emosi manusia pada cinta dan hidup dalam lagu mereka. Yorushika pada umumnya memiliki lagu yang passionate dan upbeat, yang kontras dengan lirik lagunya yang berat dan depresif. Hal ini menjadi karakteristik unik dari lagu buatan Yorushika. 

Yorushika – “Say It.” (Music Video)

Nah, rekomendasi lagu Yorushika (ヨルシカ) yang akan FILE berikan kali ini adalah salah satu lagu hits mereka, yaitu Say it (言って). Menurut fans Yorushika, lagu ini menceritakan tentang seorang gadis yang kehilangan seseorang karena bunuh diri. Dengan riff gitarnya yang catchy dan mudah diingat serta performa vokal dari Suis yang ekspresif dalam menyampaikan perasaan lagunya, tidak heran lagi ya apabila lagu ini menjadi salah satu lagu terpopuler di Jepang!

Aimyon (あいみょん)

Salah satu penyanyi Jepang, Aimyon

Salah satu penyanyi Jepang, Aimyon (Sumber: youtube.com)

Di industri musik Jepang sendiri, jumlah penjualan CD merupakan faktor terbesar yang menentukan kesuksesan seorang penyanyi. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk Aimyon. Karir penyanyi Harunohi (ハルノヒ) ini telah didorong maju oleh YouTube serta layanan berlangganan musik, seperti Spotify dan Apple Music. Lagu terpopuler Aimyon, yaitu Marigold (マリーゴールド), kini sudah memiliki 190 juta penonton di YouTube. Berkat prestasinya ini, Aimyon juga berhasil memenangi Best Asian Artist – Japan pada Mnet Asian Music Awards.

あいみょん – 君はロックを聴かない 【OFFICIAL MUSIC VIDEO】

Lagu Aimyon yang direkomendasikan oleh FILE kali ini adalah Kimi Wa Rock Wo Kikanai (君はロックを聴かない), yang artinya You Don’t Listen to Rock. Banyak lagu Aimyon yang mengusung topik tentang cinta, dan lagu ini adalah salah satunya. Dengan lirik seperti “Even though I don’t think you listen to rock, Through songs like this and that, I have gotten over falling in love”, lagu ini menceritakan tentang seorang gadis yang ingin menyampaikan perasaannya melalui lagu rock kepada seseorang yang tidak mendengar genre tersebut. Menarik banget ya, Sobat FILE?

ZUTOMAYO (ずっと真夜中でいいのに)

Grup rock asal Jepang, Zutomayo

Grup rock asal Jepang, Zutomayo (Sumber: youtube.com )

Zutto Mayonaka de Iinoni (ずっと真夜中でいいのに), atau yang sering disingkat sebagai ZUTOMAYO, merupakan salah satu grup rock asal Jepang. Salah satu keunikan ZUTOMAYO ini adalah daftar membernya yang tidak pernah dirilis. Selain itu, grup rock ini juga selalu mengkreditkan orang yang berbeda untuk setiap produksi musik dan musik video mereka. Satu-satunya anggota yang muncul berulang pada produksi musik dan musik video ZUTOMAYO adalah ACA-Ne (ACAね), yang berperan sebagai vokalis wanita sekaligus penulis lagu mereka. ACA-Ne sendiri merupakan salah satu vokalis Jepang yang dikenal dengan suaranya yang ekspresif dan energik. Grup rock ini merilis lagu pertamanya pada 4 Juni 2018 yang berjudul Byōshin o Kamu (秒針を噛む). Lagu ini berhasil menjadi hits pada saat itu dan berhasil mengumpulkan lebih dari 200.000 penonton di minggu pertama perilisannya. 

ずっと真夜中でいいのに。『お勉強しといてよ』MV(ZUTOMAYO – STUDY ME)

Rekomendasi lagu ZUTOMAYO dari FILE kali ini adalah STUDY ME (お勉強しといてよ). Vibe lagu ini bisa dibilang bernuansa abstract dan futuristic, berbeda dengan lagu yang biasa ditulis oleh ACA-Ne. Lagu ini memiliki vokal ACA-Ne yang merdu dan ekspresif, juga diiringi dengan riff gitar bass dan piano yang kompleks tetapi tetap catchy. Dilengkapi dengan music video yang penuh dengan aksi dan menarik, STUDY ME berhasil mengumpulkan 8 juta penonton hanya dalam waktu satu bulan saja.

Nah, itulah 5 rekomendasi penyanyi Jepang dari FILE. Apakah kamu sudah pernah mendengar lagu-lagu mereka? Atau mungkin salah satunya merupakan penyanyi Jepang favoritmu? Kalau kamu punya rekomendasi penyanyi atau lagu Jepang lainnya, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar ya, Sobat FILE! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
HobbyVideo
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT