fbpx

4 Manfaat Brain Computing Interface untuk Manusia

Halo Sobat FILE! Berbicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya, sebab teknologi semakin berkembang dan menghasilkan berbagai inovasi yang dapat membantu kehidupan manusia. Salah satunya adalah teknologi brain computing...

Halo Sobat FILE! Berbicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya, sebab teknologi semakin berkembang dan menghasilkan berbagai inovasi yang dapat membantu kehidupan manusia. Salah satunya adalah teknologi brain computing interface (BCI). 

Dilansir dari jurnal ilmiah Institute of Electrical and Electronics Engineers, saat ini banyak laboratorium yang mulai mengembangkan brain computing interface. Teknologi ini memungkinkan orang dengan gangguan motorik melakukan aktivitas seperti orang pada umumnya.

Sebelum mengulik 4 manfaatnya, Bagi kamu yang belum tahu bagiamana brain computing interface bekerja. Brain computing interface menggunakan respon dari otak kemudian diproses untuk mengekstrak sinyal tertentu yang mencerminkan maksud dari pengguna. Respon tersebut kemudian diubah menjadi sebuah algoritma yang akan mengoperasikan perangkat yang telah dirancang dengan teknologi brain computing interface

Setelah mengenal bagaimana brain computing interface bekerja lalu apa saja sih manfaat teknologi ini bagi manusia? Nah, untuk itu FILE telah menyiapkan 4 manfaat brain computing interface untuk manusia! Yuk langsung disimak!

1. Mind-Reading Device

Pada tahun 1995, seorang pria bernama Jean Dominique Bauby menderita penyakit stroke yang menyebabkan dirinya kehilangan kemampuan untuk menggerakkan tubuhnya. Hebatnya, peneliti Eropa menggunakan teknologi brain computer interface untuk berkomunikasi dengan Jean. Ketika peneliti memberi pernyataan “I love to live”, Jean merespon dengan “yes”. 

Perangkat tersebut berbentuk seperti topi renang untuk mendapatkan respon dari otak Jean dengan teknik near-infrared spectroscopy. Setelah beberapa kali melakukan uji coba, pasien menjawab tujuh kali dengan jawaban benar atas pertanyaan yang memiliki jawaban yang pasti.

2. Menggerakkan Animator Pemukul Bass Drum

Bagi kamu yang belum tahu, di indonesia sendiri sudah mulai mengembangkan teknologi BCI loh! Hal ini ditandai dengan pengembangan teknologi BCI untuk mengidentifikasi pikiran saat membayangkan suatu gerakan animasi pemukul bass drum oleh sejumlah peneliti dari Universitas Achmad Yani. 

Teknologi brain computer interface ini di integrasi dengan rekaman gelombang otak tipe Insight Emotiv secara real time setiap detiknya. Sebelum menciptakan teknologi ini, ternyata para peneliti ini telah mengembangkan beberapa teknologi dengan memanfaatkan brain computing interface, loh! Seperti perangkat keras pengendali robot secara mobile, asisten robot yang membantu pasien untuk membuka pintu, menyalakan dan mematikan lampu hingga tangan palsu yang dapat digerakan dengan teknologi untuk merehabilitasi penderita stroke.

3. Menggerakkan Robot

Dunia Robotik adalah sesuatu yang banyak menarik perhatian orang di era modern ini, banyak pengembangan berbasis robot yang dikembangkan. Salah satunya adalah robot tangan yang bergerak mengikuti kontrol dari penggunanya. Dengan memadukan brain computer interface dengan robot, pengguna dapat menggerakkan robot tersebut dengan menggunakan pikiran. 

Sejumlah peneliti dari Indonesia telah mengembangkan robot tersebut menggunakan perekaman sinyal elektrik spontan gelombang otak. Rekaman gelombang otak ini lalu digunakan untuk diidentifikasi dengan Recurrent Neural Networks. Lalu, akan diimplementasikan ke dalam perangkat lunak berbasis brain computer interface serta mentransmisikan hasil klasifikasi RNNs tersebut ke microcontroller melalui modul bluetooth sehingga dapat menggerakkan robot.

4. Memainkan Video Game

(Sumber: jumanji.unjani.ac.id)

Bermain video game dengan controller menjadi sebuah halangan oleh orang dengan keterbatasan fisik. Sehingga pengembangan brain computer interface ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh orang dengan keterbatasan tersebut. Teknologi yang dipadukan dengan sinyal gelombang otak, dapat mengontrol karakter dalam video game saat membayangkan gerakan maju, berhenti dan melompat, loh!

Sobat FILE! Setelah membaca 4 manfaat dari brain computer interface untuk manusia, apakah kamu merasa perkembangan teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia? Jika iya, apakah ada teknologi lain selain brain computer interface yang bermanfaat? Yuk, bagikan di kolom komentar. Jangan lupa juga ya! Follow Instagram kami di sini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT