4 Tugas Product Manager yang Paling Penting

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu sudah familiar dengan suatu jabatan bernama Product Manager? Product Manager adalah sebuah jabatan yang bertugas untuk melakukan pembenahan dan juga perbaikan dari sebuah produk....
Tugas Product Manager - Komunikasi
Tugas Product Manager - Komunikasi

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu sudah familiar dengan suatu jabatan bernama Product Manager? Product Manager adalah sebuah jabatan yang bertugas untuk melakukan pembenahan dan juga perbaikan dari sebuah produk. Ini berarti kamu dituntut untuk berkomunikasi dan menyatukan berbagai feedback, baik dari customer maupun rekan kerja. Product Manager juga bukan merupakan manager, melainkan seseorang yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan sebuah produk, baik saat planning maupun eksekusi. Nah, kira-kira apa saja ya tugas Product Manager yang penting banget untuk diketahui? Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini!

Merancang Visi Jangka Panjang dan Juga Strategi untuk Produknya

Tugas Product Manager - Vision

Vision

Pada dasarnya, apabila kita tidak memiliki strategi dan juga visi yang jelas, akan sulit bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Ini disebabkan oleh terlalu abstraknya pekerjaan yang kita kerjakan. Oleh karena, itu Product Manager dituntut untuk mengetahui tentang apa tujuan suatu produk dibuat dan apa yang ingin dicapai oleh produk tersebut dalam jangka waktu tertentu. Banyak sekali tools yang bermunculan dan digunakan oleh para Product Manager di berbagai macam perusahaan. Salah satu tools yang umum digunakan misalnya Product Roadmap.

Mengkomunikasikan Visi dan Strategi Kepada Rekan Kerja

Tugas Product Manager - Komunikasi

Komunikasi

Karena kamu bekerja sendiri dan bukan seorang manager dari siapapun, kamu harus berkomunikasi dengan tim lainnya. Di perusahaan teknologi, kamu harus berkomunikasi dengan para engineer, UI/UX, dan bahkan kepada stakeholder sekalipun. Oleh karena itu, tidak jarang orang menyebut Product Manager sebagai CEO untuk produk.

Menentukan Skala Prioritas untuk Produknya

Tugas Product Manager - Scale

Scale

Tugas Product Manager yang satu ini cukup abstrak, tetapi tidak kalah penting untuk sebuah produk. Kamu harus bisa mengetahui mana yang harus didahulukan, misalnya antara kebutuhan customer atau stakeholder. Kamu akan dihadapkan dengan beragam masalah, seperti kekurangan resource atau bahkan kekurangan pelanggan. Nah, untuk mengerjakan tugas Product Manager yang satu ini, kamu dapat menggunakan KANO Model untuk membantu kamu menentukan skala prioritas.

Mengatur dan Mengimplementasikan Kegiatan Pemasaran Melalui Research Serta Perencanaan yang Matang

Tugas Product Manager - Pemasaran

Pemasaran

Sebagai Product Manager, kamu adalah seseorang yang pastinya mengetahui produk kamu. Dengan begitu, kamu juga dituntut untuk melakukan perencanaan serta membantu meimplementasikan kegiatan pemasaran produk kamu.

Nah itu dia 4 tugas Product Manager yang harus kamu ketahui, Sobat FILE. Perlu kamu ketahui juga, tugas dan tanggung jawab Product Manager di setiap perusahaan itu berbeda dan unik. Ini dikarenakan kebutuhan setiap produk dan resource tiap perusahaan itu berbeda. Oleh karena itu, tidak heran apabila posisi sebagai Product Manager itu cukup abstrak. Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lagi tentang skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Product Manager, kamu bisa klik di sini.

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
3 Komentar di artikel ini.
  • Avatar
    먹튀검증
    19 June 2020 at 5:46 am
    Tinggalkan Komentar

    Excellent, what a webpage it is! This web site presents
    valuable facts to us, keep it up.

  • Avatar
    deviate
    19 June 2020 at 5:50 am
    Tinggalkan Komentar

    My partneг and I stumbled over here coming from a diffеrеnt page and thought I migһt as well cһeck things out.
    I like what I see so now i’m following you. Look forward to looking into your web page for a ѕecond time.

  • Avatar
    먹튀사이트
    19 June 2020 at 7:06 pm
    Tinggalkan Komentar

    What’s up everybody, here every person is sharing these experience, so it’s pleasant to read this web site,
    and I used to go to see this webpage everyday.

  • Tinggalkan Komentar

    *

    *

    Newsletter

    TERKAIT