Menjalankan Bisnis dari Rumah? Yuk Simak 5 Tips Ini!

Halo, Sobat FILE! Tidak terasa sudah sekitar dua bulan kegiatan sebagian dari kita terbatas di rumah. Semua orang pastinya terkena dampak dari keterbatasan ini, terutama kamu yang memiliki usaha...
Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah

Halo, Sobat FILE! Tidak terasa sudah sekitar dua bulan kegiatan sebagian dari kita terbatas di rumah. Semua orang pastinya terkena dampak dari keterbatasan ini, terutama kamu yang memiliki usaha sendiri. Lantas, apa sih yang harus kamu lakukan untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini? Untuk membantu kamu terus menjalankan bisnis dari rumah, FILE sudah menyiapkan 5 tips yang bisa kamu terapkan nih! Yuk, langsung kita simak! 

Sesuaikan Bisnis Kamu dengan Kondisi Saat Ini

Sesuaikan bisnis dengan kondisi saat ini

Tidak hanya pelaku bisnis, seluruh lapisan masyarakat pun terkena dampak dari keterbatasan ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak masyarakat yang juga melakukan kegiatan dan pekerjaannya dari rumah. Nah, bagi kamu yang memiliki bisnis dengan model B2C, atau bisnis yang mengharuskan pelanggan untuk datang ke tempat, inilah saatnya memikirkan cara baru untuk memasarkan produk atau jasa kamu. Bagaimana caranya agar dalam keadaan seperti ini, kamu tidak kehilangan pelanggan dan malah mendapatkan pelanggan baru? Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan go online. Dengan begitu, pelanggan bisa mengakses bisnis kamu meskipun dalam kondisi di rumah saja. Kamu juga bisa memberi promo, gratis ongkir, dan penawaran lainnya untuk menarik pelanggan.

Pikirkan Bisnis yang Relevan

Pikirkan bisnis yang relevan

Selain memikirkan cara untuk memasarkan produk atau jasa, kamu juga harus memikirkan relevan atau tidaknya bisnis kamu dengan kondisi saat ini. Apakah produk atau jasa yang ditawarkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat? Apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dijamin kebersihan dan kehigienisannya? Tindakan apa yang dapat kamu lakukan untuk memastikan kebersihan dan kehigienisan produk atau jasa kamu? Hal-hal seperti ini sangat membantu pelanggan untuk meningkatkan awareness bahwa bisnis kamu sudah cukup matang untuk diterapkan di saat-saat seperti ini, juga untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Pastikan Bisnis Kamu Tetap Bisa Berjalan Ketika Semua Ini Selesai

Pikirkan strategi bisnis yang berkelanjutan

Selain memikirkan strategi untuk menjalankan bisnis dari rumah, penting juga bagi kamu untuk memikirkan strategi yang akan dilakukan ketika pandemi ini selesai. Seperti kabar yang sudah banyak beredar, setelah pandemi ini selesai, mungkin keadaan tidak akan kembali normal sepenuhnya seperti sedia kala. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah tidak menutupnya kemungkinan bahwa online shopping akan menjadi suatu kebiasaan baru. Bahkan mungkin, kegiatan online shopping ini bisa jadi jauh lebih banyak dilakukan oleh masyarakat jika dibandingkan dengan keadaan sebelum pandemi.

Perusahaan fintech tentunya mengalami peningkatan pesat berkat situasi ini. Akan tetapi, bisnis yang membutuhkan interaksi dengan pelanggan tentunya akan memiliki dampak jangka panjang. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan yang matang, baik untuk kondisi sekarang dan setelah pandemi ini berlalu.

Identifikasi Tantangan

Identifikasi tantangan menjalankan bisnis dari rumah

Melanjut poin sebelumnya, tahap awal yang dapat kamu lakukan dalam perencanaan bisnismu adalah mengidentifikasi tantangan-tantangan yang akan dihadapi ke depannya. Buatlah beberapa skenario yang mungkin terjadi, lengkap dengan solusi untuk kemungkinan terbaik sampai kemungkinan terburuknya. Pertimbangkan juga cara pemasokan bahan baku, target pelanggan, sistem kerja, serta kompetisi yang mungkin muncul. 

Buatlah Peraturan Work from Home

Buat peraturan work from home

Selain memikirkan sistem kerja untuk WFH atau Work from Home, penting juga untuk memikirkan cara agar komunikasi tetap bisa terjalin secara efisien antara anggota tim. Selama ini, kerja dalam sistem tatap muka sangat memudahkan dalam komunikasi. Pastinya ada perbedaan yang terasa ketika komunikasi dilakukan secara online, dan mungkin akan mempengaruhi performa tim. Oleh karena itu, penting untuk turut memikirkan strategi komunikasi yang tepat. Beberapa platform yang dapat membantu kamu berkomunikasi dengan tim dari rumah adalah Google Meets, Microsoft Teams, dan juga Zoom. Selain itu, platform lain yang bisa kamu coba untuk membantu kinerjamu adalah ClickUp, Trello, dan sebagainya.

 

Nah, itu dia kelima tips yang bisa kamu terapkan selama menjalankan bisnis dari rumah! Selain merencanakan strategi untuk menjalankan bisnis dari rumah, kamu juga harus mengatur kondisi finansial bisnis kamu dengan baik ya, Sobat FILE. Untuk tips di bidang finansial yang bisa kamu terapkan, yuk mampir ke artikel yang satu ini!

Sobat FILE, keadaan saat ini memang sulit dan penuh tantangan, tetapi kamu juga harus ingat bahwa kita semua mengalami kondisi yang sama. Oleh karena itu, jangan menyerah dan tetap berjuang untuk menjalankan bisnis kamu, ya. Jangan lupa untuk tetap di rumah dan jaga kesehatanmu ya, Sobat FILE! Oh iya, kalau kamu ingin mendapat lebih banyak tips terkait dunia bisnis, yuk subscribe newsletter FILE di sini!

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT