fbpx

Strategi Menghadapi New Normal Supaya Kamu Tetap Sehat

Halo, Sobat FILE! Apakah kalian pernah mendengar istilah new normal? Harusnya istilah ini sudah tak asing di kuping kalian ya. Namun, sebenarnya apa sih new normal itu? Dikutip dari...

Halo, Sobat FILE! Apakah kalian pernah mendengar istilah new normal? Harusnya istilah ini sudah tak asing di kuping kalian ya. Namun, sebenarnya apa sih new normal itu? Dikutip dari kompas.com, new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19. Nah, dengan menerapkan prinsip new normal ini, diharapkan kita tetap dapat produktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Kira-kira, apa sih bedanya kegiatan sehari-hari yang biasanya dengan kegiatan yang nantinya akan menerapkan new normal ini? Sebenarnya, perbedaannya hanya terletak pada penerapan protokol kesehatan selama melakukan kegiatan harian tersebut. Untuk itu, FILE punya beberapa strategi menghadapi new normal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatanmu selama berkegiatan. Yuk, langsung kita simak pembahasannya!

Tetap Menggunakan Masker

Menggunakan Masker selama New Normal

Menggunakan Masker selama New Normal

Hal paling penting sebagai strategi menghadapi new normal nantinya adalah tetap menggunakan masker selama melakukan kegiatan di luar rumah. Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah mulai dilonggarkan oleh pemerintah, tapi ada baiknya kita tetap menggunakan masker dengan harapan penularan virus COVID-19 dapat dicegah dari satu orang ke orang lainnya. Selain itu, pastikan tetap menjaga jarak dengan orang lain dengan minimal radius sekitar 1 m apabila tidak memerlukan kontak fisik dalam jarak dekat. Hal ini memungkinkan peluang untuk tertular virus COVID-19 dapat ditekan lagi.

Bawa Hand Sanitizer

Selalu Membawa Hand Sanitizer untuk Menghadapi New Normal

Selalu Membawa Hand Sanitizer untuk Menghadapi New Normal

Selama masa new normal nanti, pastinya kita akan melakukan kegiatan sehari-hari seperti sedia kala, baik itu berkegiatan di luar rumah untuk bekerja maupun kegiatan lainnya. Selama melakukan kegiatan, kita belum tentu menemukan tempat untuk membersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir.  Oleh karena itu, penting untuk membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan kamu setelah selesai berkegiatan. Langkah ini pastinya juga bertujuan untuk mengurangi kemungkinan tertular COVID-19. Pastikan hand sanitizer-nya memiliki kadar minimal alkohol sebesar 70%.

Menggunakan Desinfektan

Menjaga Kebersihan Barang dengan Desinfektan

Menjaga Kebersihan Barang dengan Desinfektan

Pastikan barang-barang yang kalian gunakan bersih dari virus maupun bakteri dengan menyemprotkan desinfektan kepada barang-barang tersebut. Harapannya dengan rutin membersihkan barang-barang kalian dengan desinfektan, kalian dapat mengurangi resiko terinfeksi virus COVID-19. Sama dengan hand sanitizer, pastikan kadar minimal alkohol sebesar 70%.

Hindari Berkumpul di Tempat Ramai

Hindari Kerumunan jika Tidak Terpaksa

Hindari Kerumunan jika Tidak Terpaksa

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa pusat perbelanjaan akan mulai dibuka kembali setelah ditutup selama sekitar dua bulan. Pembukaan pusat perbelanjaan merupakan salah satu strategi yang dilakukan pemerintah agar roda perekonomian Indonesia dapat bergerak kembali. Meskipun pusat perbelanjaan nantinya sudah menggunakan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan COVID-19,  FILE tetap menyarankan supaya kamu tidak langsung mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut, kecuali jika kamu memang memiliki keperluan untuk pergi ke sana. Maka dari itu, ada baiknya tetap berdiam diri di rumah dan tidak berpergian, kecuali jika memiliki keperluan yang mendesak. 

Membawa Peralatan Sendiri

Membawa Peralatan Sendiri untuk Menghadapi New Normal

Membawa Peralatan Sendiri

Tips yang satu ini mungkin tergolong opsional untuk menghadapi new normal. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk membawa peralatan sendiri agar terhindar dari penularan virus COVID-19. Peralatan yang kiranya dapat dibawa sendiri selama masa new normal berlangsung dapat berupa alat makan dan tempat minum. Karena dengan menggunakan peralatan pribadi, kamu dapat menjaga kebersihan dari peralatan yang akan kamu gunakan nantinya. Pastikan tidak lupa untuk mencuci peralatan yang sudah digunakan agar bersih dari kotoran maupun virus COVID-19.

 

Nah, itu dia 5 tips yang FILE dapat berikan mengenai strategi menghadapi new normal yang akan berlangsung nantinya. Jangan sampai kelonggaran yang dirasakan selama masa new normal ini membuat kamu terlena dan melupakan bahaya virus COVID-19 ya, Sobat FILE. Selain kelima strategi di atas, apakah kamu memiliki tips lain untuk menghadapi new normal? Kalau ada, yuk, bagikan tips ala kamu supaya dapat menolong pembaca lainnya dalam menghadapi new normal!

Bagi kamu yang masih harus beraktivitas dari rumah, yuk subscribe newsletter FILE di sini supaya FILE bisa selalu menemani kegiatan kamu!

Bagikan ke sesama!
Categories
LifestyleTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT