Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman

Tips & Trik Belajar Bahasa Pemrograman Hai, Sobat FILE! Tahukah kamu? Saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak programmer. Karena semakin berkembangnya ekonomi digital dan industri yang beberapa saat nanti...
Bahasa pemrograman

Tips & Trik Belajar Bahasa Pemrograman

Hai, Sobat FILE! Tahukah kamu? Saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak programmer. Karena semakin berkembangnya ekonomi digital dan industri yang beberapa saat nanti akan memasuki era industri 5.0. Sehingga pengetahuan akan bahasa pemrograman semakin dibutuhkan loh! Nah, bagi kamu yang ingin mulai belajar bahasa pemrograman, yuk! Langsung disimak tips dan trik belajar bahasa pemrograman.

  1. Memilih Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrogaman
Macam – macam bahasa pemrograman

Sobat FILE! Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Dalam memilih bahasa pemrograman kamu harus tahu terlebih dahulu tujuan kamu belajar bahasa pemrograman. Karena setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Namun jika kamu pemula bahasa pemrograman seperti C, C++, Pascal dan Python, cocok banget nih! Karena bahasa tersebut menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural.

  1. Carilah Referensi Belajar
Referensi belajar
referensi belajar coding

Setelah menentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, selanjutnya kamu harus mencari referensi untuk membantu kamu dalam belajar bahasa pemrograman tersebut. Kamu bisa belajar melalui situs seperti Codecademy, Khanacademy, GeeksforGeeks, Freecodecamp ataupun situs lainnya loh! Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri ke online course melalui Udemy, Coursera, dll. Melalui situs dan online course tersebut kamu dapat memperoleh informasi mengenai bahasa pemrograman tersebut.

  1. Pahami Dasar & Konsep Bahasa Pemrograman
Belajar
Pahamai dasar bahasa pemrograman

Selanjutnya, kamu harus memahami dasar-dasar dari bahasa pemrograman tersebut seperti bagaimana menghasilkan output, input, looping, if-else, function, dan lain-lain. Selain itu kamu juga perlu nih! Untuk mengetahui syntax-syntax serta konsep ataupun cara kerja dari bahasa pemrograman tersebut. 

  1. Buatlah Program Sederhana 
Buat program sederhana
Buat program sederhana

Setelah itu, buatlah program-program sederhana seperti program kalkulator, menu, dan lain – lain. Supaya kamu dapat lebih memahami bahasa pemrograman tersebut dan mengimplementasikan hasil dari belajar sebelumnya dengan bantuan dari referensi yang ada. Selain itu, kamu juga bisa nih! Membuat fungsi-fungsi ataupun program yang belum pernah kamu buat sebelumnya sehingga dapat lebih melatih kemampuan programming kamu.

  1. Mengikuti Komunitas atau Forum Programmer
ikuti sebuah komunitas
ikuti sebuah komunitas

Nah, untuk menambah pengetahuan kamu, ada baiknya kamu mengikuti komunitas ataupun forum programmer. Agar kamu dapat mendapat informasi penting ataupun tren terkini mengenai pemrograman. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membahas hal yang masih belum kamu pahami serta mendapat saran, masukan ataupun tips dari teman-teman yang sudah ahli loh!

  1. Teruslah Berlatih
Berlatih terus
Berlatih untuk membuat program

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah terus berlatih. Karena dengan terus berlatih kamu dapat menemukan kasus-kasus yang tidak pernah kamu temukan sebelumnya sehingga kamu lebih menguasai bahasa pemrograman tersebut. Seperti pula kata pepatah pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Nah, Sobat FILE! Berikut 6 tips dan trik yang dapat membantu dalam belajar bahasa pemrograman. Semoga dapat membantu nih! Bagi kamu yang sudah berpengalaman, boleh banget untuk membagikan tips dan trik dari kamu di kolom komentar! Atau mungkin, jika kamu tertarik mengenai UI/UX bisa banget nih untuk cek artikel FILE disini. dan Jangan lupa untuk follow ig filemagz disini. See you on next time Sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech CornerTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT