fbpx

Belajar UI UX : 5 Skill yang Dibutuhkan Saat Kerja di Bidang Ini!

Salah satu profesi di bidang IT yang sedang trending di tengah masyarakat akhir-akhir ini adalah profesi terkait UI/UX. Sebagian besar dari kita mungkin sudah tau bahwa UI merupakan singkatan...
belajar UI UX

Salah satu profesi di bidang IT yang sedang trending di tengah masyarakat akhir-akhir ini adalah profesi terkait UI/UX. Sebagian besar dari kita mungkin sudah tau bahwa UI merupakan singkatan dari User Interface, sementara UX adalah singkatan dari User Experience. Kedua bidang ini menjadi bidang yang esensial di perusahaan karena dapat menyumbangkan dampak yang signifikan bagi perkembangan perusahaan. Dengan memerhatikan kebutuhan, pengalaman, dan perasaan user ketika menggunakan produk kita, kita dapat mendesain produk yang lebih tepat sasaran sekaligus nyaman digunakan oleh user.

Mungkin profesi di bidang UI/UX yang paling akrab di telinga kita adalah UI/UX designer. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada beragam profesi lainnya di lingkup UI/UX? Sebenarnya, apa saja sih kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang UI/UX? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

UX Design

Yang menjadi fokus ketika berbicara soal UX Design adalah bagaimana caranya agar suatu produk mudah digunakan oleh pengguna. Tugas utama orang-orang yang bekerja di bidang UX Design adalah untuk merancang blueprint dari suatu sistem. Lingkup pekerjaan mereka mulai dari riset untuk mengetahui perilaku dan kebutuhan pengguna, merancang struktur informasi dalam suatu produk, membuat wireframes dan prototype, hingga uji coba produk ke pengguna.

Jika kamu tertarik dengan bidang ini, maka pekerjaan yang cocok untuk kamu adalah UX Designer. Selain itu, profesi yang membutuhkan lebih banyak pengalaman dan lebih condong ke strategi bisnis di lingkup ini adalah UX Analyst, UX Strategist, UX Architect, dan UX Product Manager.

Visual Design

Di bidang ini, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip desain grafis pada tampilan sebuah sistem. Prinsip-prinsip yang dimaksud misalnya pewarnaan, tipografi, layout, ilustrasi, dan sebagainya. Fokus orang-orang yang bekerja di bagian visual design tentu saja untuk memperindah tampilan produk, juga agar user nyaman dalam menggunakan produk.

Profesi terkait bidang ini adalah UI Designer dan UI Artist. Mereka juga bekerja sama dengan UX Designer untuk merancang alur proses yang terjadi, misalnya dalam sebuah halaman aplikasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seorang UI Designer juga berpedoman pada prinsip-prinsip desain grafis. Oleh karena itu, bukannya tidak mungkin seorang Graphic Designer beralih profesi menjadi UI Designer.

Code

Kalau kamu memiliki minat terhadap coding, maka pekerjaan yang cocok untuk kamu adalah UI/UX Engineer atau UI/UX Developer. Para pekerja di bidang ini bertugas untuk mengubah desain menjadi sebuah prototype yang kemudian bisa digunakan untuk uji coba produk. Bahasa pemrograman yang biasa dipakai adalah HTML, CSS, dan Javascript.

Content Strategy

Kemampuan yang dibutuhkan di bidang content strategy adalah kemampuan untuk menyusun perencanaan dan pengelolaan konten untuk produk. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga akan membuat konten untuk produk tersebut.

Profesi di ranah UI/UX yang membutuhkan kemampuan ini adalah UX Copywriter. Sebagai seorang UX Copywriter, tugas kamu adalah membuat tulisan yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan produk, menemukan solusi bagi permasalahan yang dihadapi pengguna, serta merasa nyaman ketika pengguna menggunakan produk tersebut. Oleh karena itu, penting bagi seorang UX Copywriter untuk memiliki kemampuan menulis yang baik agar mudah dimengerti oleh user. Di beberapa perusahaan, UX Copywriter juga terkadang disebut sebagai UX Writer.

Kalau kamu memiliki background sebagai seorang copywriter, maka kamu tinggal memahami lebih dalam tentang teknologi, desain, dan psikologi tingkah laku untuk dapat menjadi seorang UX Copywriter. 

Research and Usability

Di bidang ini, kemampuan yang diperlukan adalah kemampuan untuk merencanakan, menjalankan, dan menarik kesimpulan dari usability test. Kamu akan bertugas untuk menjalankan dan mengembangkan proyek-proyek riset, yang data-datanya juga harus kamu analisis dan hasil analisisnya kemudian akan digunakan untuk memajukan bisnis kamu. Kalau kamu tertarik dengan riset dan analisis, maka bidang pekerjaan yang cocok untuk kamu adalah UX Researcher!

Bagaimana, sobat FILE? Sudahkah kamu menemukan profesi di bidang UI/UX yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu? Atau mungkin ada bidang pekerjaan UI/UX lainnya yang kamu ketahui? Yuk, bagikan informasinya di kolom komentar!

Lihat Juga : Trend Design Grafis yang Bakal Viral di 2019

Bagikan ke sesama!
Categories
DesignInspirationKnowledgeProductivityTech CornerTips & Trick
Satu Komentar
  • york
    28 August 2019 at 3:51 am
    Tinggalkan Komentar

    Hi there, just wanted to mention, I liked this aгticle.
    It wаs helpful. Keep on posting!

  • Tinggalkan Komentar

    *

    *

    Newsletter

    TERKAIT