fbpx

5 Plugin Adobe XD Gratis yang Wajib Kamu Install

Halo, sobat FILE! Buat kalian yang tertarik di dunia UI/UX tentu tidak asing lagi dengan software yang bernama Adobe XD. Yap, software yang dirancang oleh perusahaan Adobe untuk para...
Adobe XD
Adobe XD

Halo, sobat FILE! Buat kalian yang tertarik di dunia UI/UX tentu tidak asing lagi dengan software yang bernama Adobe XD. Yap, software yang dirancang oleh perusahaan Adobe untuk para desainer dalam merancang prototype website hingga aplikasi mobile. Nah, Untuk mempermudah para desainer dalam merancang prototype aplikasi mobile hingga website, Adobe XD juga menyediakan banyak sekali plugins-plugins yang dapat mempermudah kerja kamu, loh! Tanpa berlama- lama lagi. Yuk langsung dicek plugins Adobe XD di bawah ini.

1. Icon 4 Design 

Icon 4 Design (Sumber: emsoftware.com)

Dalam membuat desain prototype website ataupun mobile, pasti kamu membutuhkan sejumlah icons untuk mendapatkan tampilan yang bagus. Nah, plugins Icon 4 Design ini bakal berguna banget buat kamu, loh! Plugins Adobe XD ini menyediakan lebih dari 5000 icon-icon dengan kualitas yang tinggi. Selain memiliki icon-icon yang lengkap, plugins yang satu ini juga gratis loh! yang artinya kamu bisa mengakses plugins ini sepuasnya tanpa membayar sepeserpun. 

Untuk menggunakan plugins yang satu ini, kamu cukup memasukan “kata kunci” icon yang kamu butuhkan, setelah itu, plugins ini akan menampilkan semua icon yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari, mudah kan!

2. Lorem Ipsum

Lorem Ipsum
Lorem Ipsum (Sumber: Placeholder.com)

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kalimat “Lorem ipsum”. Yap, Kalimat cadangan yang tidak bermakna, dengan fungsi untuk memberikan demonstrasi pada sebuah desain. Nah di Adobe XD ini juga menyediakan plugin dengan nama yang sama yaitu “Lorem Ipsum”. Nah, dengan adanya plugins Adobe XD yang satu ini kamu bisa dengan mudah dalam memberikan gambaran tentang desain prototype yang kamu buat. 

Penggunaan plugin ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu menentukan area yang bakal diisi dengan kalimat “lorem ipsum” kemudian klik plugin tersebut, setelah itu area tersebut akan terisi secara otomatis.

3. UnDraw

UnDraw
UnDraw (Sumber: xd.undraw.co)

Plugins Adobe XD yang satu ini berisikan koleksi-koleksi ilustrasi dengan format.svg. Sehingga kamu bisa menghapus object bahkan merubah warna ilustrasi sesuai konsep desain kamu. Plugins UnDraw ini bakal berguna banget loh terkhusus untuk kamu yang membuat desain prototype yang membutuhkan ilustrasi.

Nah, Untuk menggunakan plugins Adobe XD ini, kamu bisa langsung menggunakan tool search untuk mendapatkan ilustrasi yang sesuai, kemudian tekan Ctrl + V atau Right Click & paste.

4. Quick Mockup 

Quick Mockup (Sumber: medium.com)

Nah, buat kamu yang gak mau ribet atau ingin desain prototype yang langsung jadi, plugins Quick Mockup bakal menjadi pilihan tepat, loh! Plugin Adobe ini menyediakan berbagai jenis template desain dengan kualitas yang oke juga.Selain itu, plugins Adobe XD ini juga menyediakan berbagai tema desain dari konsep minimalist hingga radiance. Selain itu, Quick Mockup juga menyediakan berbagai elemen untuk desain prototype seperti Pagination, button bahkan beberapa elemen penting lainnya.

Nah, penggunaan plugins Adobe XD ini cukup mudah yakni kamu cukup pilih tema desain setelah itu, kamu bisa langsung memilih template desain ataupun element yang kamu mau.

5. Artboard plus

 Artboard plus
Artboard plus (Sumber: UXplanet.com)

Apakah artboard di Adobe XD kamu sering berantakan ? Jika iya maka Plugins ini cocok untuk kamu, Yaitu Artboard Plus. Yap, plugins Adobe XD yang satu ini akan merapikan artboard kamu yang berantakan tadi menjadi lebih enak dipandang. Walaupun tergolong plugins yang simple, namun ketika kamu membuat desain prototype dengan artboard yang banyak maka plugin ini dapat menghemat waktu kamu dalam mencari artboard tertentu.

Cara penggunaan plugins Adobe XD juga sangat mudah kamu hanya perlu menekan plugins Artboard plus kemudian kamu bisa memilih susunan artboard secara ascending atau descending.

Nah, Sobat FILE! berikut 5 Plugins Adobe XD gratis yang wajib kamu install untuk mempermudah kamu saat mendesain prototype website ataupun mobile. Nah, menurut kalian adakah plugins Adobe XD yang wajib di install selain lima plugins tadi? Yuk, Kasih komentar di bawah dan jangan lupa share ke teman-teman kamu yang tertarik di dunia UI/UX. Nah, apabila kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang UI/UX kamu boleh nih! baca-baca artikel FILE di sini dan jangan lupa follow instagram FILE di sini. Selamat membaca! 

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsKnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT