fbpx

Pentingnya Content Marketing untuk Bisnis Kamu

Halo Sobat FILE! Sebelumnya, kamu sudah pernah mendengar soal Content Marketing belum? Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis ya, terutama untuk pebisnis yang sedang membangun...

Halo Sobat FILE! Sebelumnya, kamu sudah pernah mendengar soal Content Marketing belum? Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis ya, terutama untuk pebisnis yang sedang membangun brand usahanya. Nah, untuk kamu yang belum familiar dengan istilah ini, content marketing adalah strategi dalam brand atau bisnis dengan merencanakan (planning), membuat (creating), dan mendistribusikan konten ke audience yang tepat (distributing).

Lalu, kira-kira, kenapa ya content marketing ini penting untuk bisnis/brand kamu? Nah, simak beberapa poin di bawah ini ya!

Audiens Sudah Kebal terhadap Iklan

Iklan sudah tidak efektif untuk memasarkan produk

Iklan sudah tidak efektif untuk memasarkan produk

Kita sebagai audiens yang sering menggunakan sosial media pasti sudah tahu dong alasan yang satu ini? Kebanyakan dari kita tidak suka atau bahkan benci dengan iklan. Hal ini dikarenakan kebanyakan promosi iklan tidak sesuai produk atau bahkan mengganggu aktivitas scrolling kita di sosial media. Jadi, iklan tentang produk bisa dibilang sudah kurang efektif di zaman sekarang, karena banyak orang yang sudah tidak percaya dengan iklan-iklan. 

Lalu, bagaimana cara mempromosikan bisnis kita menggunakan advertisement? Nah, karena itulah content marketing berperan penting untuk akun bisnis kamu! Content marketing memberikan konten yang bukan hard-selling, tetapi konten yang masih memiliki value bisnis/brand itu sendiri. Pembahasan lebih lanjut tentang hard selling ini akan dibahas di poin keempat ya, Sobat FILE.

Content Marketing Dapat Menarik Pelanggan Setia

Content Marketing dapat menarik pelanggan setia

Kamu bisa mendapat pelanggan setia

Jika ada iklan produk yang berhasil membawa sales untuk suatu bisnis, biasanya jarang ada customer yang menjadi langganan bisnis tersebut. Loh, kenapa begitu? Penyebabnya adalah karena kita hanya menawarkan produk tanpa membuat bonding dengan customer itu. Mereka datang karena melihat produk, bukan melihat brand.

Lain hasilnya jika kita menggunakan content marketing. Content marketing menolong kita untuk bonding dengan audiens kita, dengan cara memberikan konten yang bermanfaat dan menarik untuk audiens. Jadi, ketika mereka mulai mengikuti akun sosial media kita, mereka ingin melihat konten yang dihasilkan brand kita. Congrats! Kamu sudah punya bond spesial dengan audiens atau calon customer kamu! 

Manfaat yang Dihasilkan Akan Berjangka Waktu Panjang

Manfaat Content Marketing berjangka waktu panjang

Manfaat yang didapatkan berjangka waktu panjang

Kita pasti mau bisnis kita memiliki jangka waktu panjang ‘kan? Nah, content marketing, karena kemampuannya dalam membuat special bond seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat membawa manfaat jangka panjang untuk bisnis kamu!

Kamu jadi punya loyal customer, yaitu pelanggan setia yang akan membeli produk-produk kamu di masa mendatang. Selain itu, konten-konten yang dibuat dapat menarik calon customer baru nantinya. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati! Kamu bisa memasarkan produk kamu, mendapat pelanggan setia, sekaligus melakukan branding untuk bisnis kamu deh!

Content Marketing Bisa Diselipkan Soft-selling Maupun Hard-selling

Hard-selling maupun soft-selling dapat diselipkan ke dalam Content Marketing

Kamu dapat menggunakan hard-selling maupun soft-selling

Seperti yang dibahas di poin pertama, poin keempat ini akan membahas tentang hard-selling dan saudaranya, yaitu soft-selling. Mungkin kamu belum paham tentang kedua istilah ini. Singkatnya, hard-selling adalah promosi secara jelas, di mana audiens dapat langsung mengidentifikasi bahwa konten yang kita buat itu merupakan iklan. Sementara, soft-selling biasanya mempromosikan produk atau jasa kita melalui konten-konten bermanfaat, contohnya melalui artikel.

Lalu, kalau menggunakan strategi content marketing, berarti kita tidak bisa mengiklankan produk kita dong? Eits, bukan begitu maksudnya ya! Meskipun kamu membuat konten rutin, kamu juga bisa menyelipkan konten tentang produk kamu, entah itu produk baru, harga promo, giveaway produk, dan lain-lain. 

Kamu sudah punya audiens yang akan melihat promosi kamu, yaitu audiens yang sudah men-follow kamu karena konten-konten sebelumnya! Tapi, jangan kebanyakan selling juga ya, Sobat FILE. Sesuai dengan konsep soft-selling, promosinya diselip-selipkan saja supaya audiens tetap suka dengan brand atau bisnis kamu.

Brand Awareness Bisnis Kamu Juga Ditingkatkan

Brand awareness bisnismu juga dapat ditingkatkan

Brand awareness bisnismu juga dapat ditingkatkan

Kita pasti mau’kan bisnis kita memiliki brand awareness yang tinggi? Sebenarnya, brand awareness itu ntuk apa sih? Brand awareness produk kita dapat dikatakan baik apabila ketika brand kita disebut, orang bisa tahu apa value dan produk dari brand kita. Nah, lalu bagaimana sebuah content marketing bisa meningkatkan brand awareness bisnis kita?

Konten-konten yang kita susun dan buat biasanya sesuai dengan value dari brand kita. Contohnya, untuk bisnis seputar finansial pasti akan memiliki konten seputar finansial juga, seperti tips-tips memanajemen keuangan, cerita tentang finansial, dan sebagainya. Ketika audiens kita sudah menikmati konten-konten kita, mereka akan mengenal brand kita dan menyadari bahwa brand kita memiliki suatu nilai, entah itu finansial, make up, kebahagiaan, dan lainnya. Dengan begitu, brand sekaligus value dari brand kita dapat disadari atau bahkan diingat oleh audiens.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa content marketing sangat penting dan efektif untuk bisnis di zaman sekarang ini. Semoga dengan menyadari pentingnya content marketing, kamu dapat semakin mengembangkan bisnis kamu! Apakah kamu sudah memiliki ide untuk content marketing bisnismu? Atau mungkin kamu malah sudah menerapkan content marketing pada bisnismu? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessInspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT