fbpx

9 Pelajaran Berharga Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos dari Amazon

Jeffrey Preston Bezos atau yang lebih dikenal dengan panggilan Jeff Bezos adalah sosok pengusaha yang merintis situs toko online terbesar di dunia, yaitu Amazon.com. Di tahun 2017 dan 2018,...
9 Pelajaran Berharga Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos dari Amazon
Source : CNN.com

Jeffrey Preston Bezos atau yang lebih dikenal dengan panggilan Jeff Bezos adalah sosok pengusaha yang merintis situs toko online terbesar di dunia, yaitu Amazon.com. Di tahun 2017 dan 2018, Jeff Bezos berhasil membuat ia menempati pengusaha terkaya di dunia versi Forbes World’s Billionaires.

Hal ini cukup mengejutkan karena Bill Gates, selaku CEO Microsoft, telah menempati peringkat tersebut selama lebih dari 4 tahun.

Dalam perjalanan untuk mencapai Amazon.com yang sesukses sekarang, Jeff Bezos memiliki beberapa filosofi sukses yang dapat menjadi tips & trik bagi Sobat FILE yang sedang kebingungan untuk mencari inspirasi dan solusi dalam berbisnis.

Berikut filosofi sukses Jeff Bezos dalam merintis perusahaan e-commerce, Amazon.com menjadi perusahaan retail online teknologi raksasa dunia dan mampu menjadikan Bezos sebagai salah satu pengusaha terkaya di dunia.

Berani Ambil Resiko

Pelajaran dari Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos dari Amazon

Dilansir oleh majalah Fortune, Jeff Bezos mengatakan bahwa dirinya tidak pernah ragu untuk melakukan aksi, meskipun tidak semua aksi yang dilakukannya berhasil. Menurut Jeff, jika kita hanya melakukan hal-hal yang diyakini akan berhasil, maka kita akan kehilangan banyak kesempatan untuk berkembang. Jadi, Sobat FILE jangan ragu untuk mencoba hal baru karena bisa saja itu menjadi salah satu kesempatan-mu untuk berkembang.

Minimalisir Penyesalan

Pelajaran dari Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos dari Amazon

Setelah berani untuk mengambil resiko, jangan segan untuk bertindak atau mengeksekusi perencanaanmu. Karena menurut Jeff, penyesalan terbesar adalah bukan saat kita gagal dalam mencoba, tetapi ketika kita menyesal karena tidak pernah mencoba. Sobat FILE, tentunya meminimalisir penyesalan juga harus dibarengi dengan melakukan research menyeluruh terlebih dulu sebelum mengambil resiko untuk bertindak ya!

Promosi dengan Mouth to Mouth Marketing

Pelajaran dari Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos dari Amazon

Jeff Bezos mengakui bahwa promosi mulut ke mulut sebagai salah satu bentuk promosi paling efektif. Dan promosi seperti ini akan didapatkan saat kita memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Jika konsumen puas dengan pelayanan kita, maka dengan sendirinya konsumen akan mempromosikan bisnis kita dengan senang hati.

Prioritaskan Konsumen

Filosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Perkataan “konsumen adalah raja” sepertinya dipegang teguh oleh Jeff Bezos, apalagi jika dalam melakukan bisnis. Bisnis yang selalu berfokus pada konsumen, hal ini sudah seharusnya salah satu hal paling penting untuk perusahaan.

Selalu Inovatif dan Kreatif

Filosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Dalam menjalankan bisnis, kita tidak boleh terus diam di satu tempat. Hal ini dapat membahayakan perusahaan ketika perusahaan itu tidak berkembang. Oleh karena itu, Sobat FILE harus terus berinovasi mengembangkan bisnis dan ciptakan peluang baru dari hal tersebut.

Keras Kepala dan Fleksibel

Filosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Kita harus memiliki sifat keras kepala dan fleksibel. Menurut CEO Amazon.com tersebut, jika kita tidak keras kepala, kita akan cepat menyerah pada bisnis tersebut. Jika tidak fleksibel, maka sulit untuk menemukan solusi dalam masalah bisnis yang akan dihadapi nanti.

Jangan Selalu Berpegangan dengan Proses

Filosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Proses memang dibutuhkan dalam sukses berbisnis. Proses juga dapat membantu memberikan kualitas yang konsisten terhadap customer.

Namun, di satu sisi Jeff Bezos menjelaskan bahwa,

“Hal ini akan sangat mungkin terjadi kepada perusahaan besar. Proses akan menjadi jalan yang mengarah kepada hasil yang diinginkan. Kita jadi berhenti melihat hasil dan hanya terfokus untuk melakukan prosesnya dengan benar. Pengalaman pelanggan selalu dimulai dengan hati, intuisi, penasaran, bermain, tekat, dan selera. Kita tidak akan pernah menemukan semua hal tersebut hanya melalui survey.”

Ubah Tren jadi PeluangFilosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Dalam membangun bisnis dan perusahaan, bebaskan apa yang akan terjadi termasuk visi dan inovasi yang ada. Banyak hal lain di luar itu yang bisa mengubah jalannya sebuah bisnis dan perusahaan dan salah satu diantaranya adalah perkembangan teknologi atau trend saat ini. Tetapi, semua itu tergantung keputusan kita, apakah akan mengikuti perkembangan yang ada, dan mengubahnya menjadi sebuah peluang. Atau, hanya menunggu hingga terusir dari persaingan?

Seperti kutipan kalimat dari Jeff Bezos, “Jika  kita melawannya, mungkin saja kita sedang melawan masa depan. Tetapi jika kita menghargainya, maka kita berada di jalur yang tepat.”

Decision Making yang Sigap dan Cerdas

Filosofi Sukses Jeff Bezos : CEO Amazon yang menjadi Pengusaha Terkaya di Dunia

Saat memulai suatu bisnis, ada banyak sekali informasi yang tidak dimiliki dan belum diketahui. Oleh karena itu, kita perlu belajar untuk bisa memberikan keputusan terbaik dengan data yang terbatas.

Meskipun sudah memiliki berbagai macam sumber dan data yang sangat akurat, kita tetap harus sigap dan cerdas dalam membuat keputusan.

Jeff Bezos memberikan pandangannya mengenai ini, yaitu “Banyak hal yang harus diputuskan hanya dengan berdasar pada 70% informasi yang seharusnya kita miliki. Jika kita menunggu hingga memiliki 90% informasi, maka kita sudah terlambat.”

Nah, demikian filosofi sukses Jeff Bezos yang bisa Sobat FILE terapkan dalam berbisnis. Dalam merintis suatu bisnis atau startup memang dibutuhkan banyak hal. Oleh karena itu, Sobat FILE harus selalu semangat dalam menghadapi tantangan ke depan! Seperti quotes Jeff Bezos yang sederhana, “Work hard, have fun, make history.”

Lihat Juga : Bagaimana Jack Ma Alibaba menjadi Orang Terkaya di China

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT