fbpx

Memulai Bisnis di Tahun 2021? Simak 5 Tips Berikut!

Halo, Sobat FILE! Menuju tahun 2021, tentunya semua orang berharap agar tahun 2021 dapat menjadi tahun yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Banyak UMKM dan perusahaan besar hingga kecil-menengah...

Halo, Sobat FILE!

Menuju tahun 2021, tentunya semua orang berharap agar tahun 2021 dapat menjadi tahun yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Banyak UMKM dan perusahaan besar hingga kecil-menengah mengalami penurunan pendapatan akibat dari mewabahnya virus Corona.

Namun, bagi Sobat FILE yang saat ini ingin mencoba untuk memulai bisnis di tengah situasi pandemi, janganlah takut meskipun maraknya pemberitaan mengenai strain baru Covid-19. Mungkin, dengan berbagai pertimbangan dan kondisi pandemi, kamu bisa mencoba bisnis online. Karena, peluang bisnis online kini kian meningkat. Untuk itu, FILE sudah menyiapkan 5 tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis di tahun 2021. Yuk, langsung disimak!

1. Buatlah Business Plan Sebelum Memulai Bisnis

Sebelum memulai bisnis, hal paling penting yang perlu kamu siapkan adalah business plan. Dengan membuat business plan, kamu dapat lebih mudah dalam memulai dan membangun serta memiliki tujuan jelas untuk dicapai oleh bisnis kamu. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kamu dapat memperoleh rekan bisnis maupun investor untuk bisnis kamu.

2. Pahami Regulasi Pada Bisnis yang Akan Kamu Buat

Setelah membuat business plan, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memperhatikan regulasi yang ada. Ketika memulai usaha, tentunya kamu ingin usaha kamu legal secara hukum dan berjalan dengan lancar kedepannya. Oleh karena itu, kamu perlu untuk memperhatikan regulasi seperti perizinan dan perpajakan. Agar tidak timbul masalah kedepannya.

3. Buatlah Sistem Kerja

Memulai bisnis

Ketika memulai bisnis, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan sistem kerja bisnis kamu. Di masa pandemi ini, kamu bisa menyusun sistem kerja yang sesuai untuk bekerja dari rumah. Kamu perlu memperhatikan sistem komunikasi, perencanaan kerja, serta lingkungan yang ada ketika bekerja dari rumah bersama rekan bisnismu.

4. Online Presence

Memulai bisnis

Pada era digital ini online presence menjadi hal yang penting. Baik website, social media, e-commerce ataupun media online lainnya. Karena dengan memiliki online presence, usaha kamu dapat lebih mudah dicari oleh calon pelanggan. Melalui media online pula, kamu dapat menunjukkan kamu serta berinteraksi dengan pelanggan. Sebaliknya jika bisnismu tidak dapat ditemukan pada media online, akan mengurangi kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnismu.

5. Jangan lupa mempelajari Digital Marketing Sebelum Memulai Bisnis

Memulai bisnis

Selain online presence, tidak kalah penting untuk melakukan digital marketing. Karena orang-orang banyak menghabiskan waktunya pada media online, sehingga cara paling tepat untuk menarik perhatian mereka untuk membeli produk bisnis kamu adalah dengan melakukan marketing pada media online pula. Dengan melakukan digital marketing, kamu tidak hanya dapat lebih mudah dalam menggapai calon pelanggan. Namun, pelanggan dapat datang kepadamu untuk membeli produk dari bisnismu.

Demikian Sobat FILE, 5 tips untuk memulai bisnis kamu di tahun 2021 yang akan datang ini. Yuk, mulailah sebelum memulai bisnis kamu! Semoga Sobat FILE yang memulai bisnisnya pada tahun 2021 dapat berjalan lancar dan sukses. Jika Sobat FILE memiliki tips lainnya mengenai bisnis, boleh banget nih untuk berbagi di kolom komentar! Bagi Sobat FILE yang sudah memulai bisnisnya dan ingin mengembangkan bisnisnya lagi, Yuk, simak artikel ini yang masih relevan bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis! Jangan lupa untuk follow Instagram FILE di sini! see you on next artikel

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT