fbpx

Xbox atau PlayStation, Console Gaming Mana yang Terbaik?

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang hobi bermain game, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya console gaming. Sejak tahun 2000-an sampai sekarang, Xbox dan PlayStation selalu menjadi...
(Sumber: gamespot.com)

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang hobi bermain game, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya console gaming. Sejak tahun 2000-an sampai sekarang, Xbox dan PlayStation selalu menjadi rival dalam memberikan berbagai fitur dan performa terbaik kepada penggunanya. Nah, pada kesempatan kali ini, yuk kita lihat lebih dekat konsol mana sih yang lebih baik dan cocok untuk kamu! Yuk, simak artikel berikut!

Generasi Konsol Masa Kini

console gaming
Bentuk dari Console Xbox Series X dan Playstation 5 (Sumber: denofgeek.com)

Pada generasi sekarang, mungkin kamu akan kesulitan untuk memilih mana console gaming terbaik untuk digunakan. Hal ini dikarenakan console gaming generasi terbaru dari PlayStation dan Xbox, memiliki spesifikasi dan performa yang mirip satu sama lain. 

Baik PlayStation 5 milik Sony atau Xbox series X dari Microsoft, keduanya menggunakan CPU dan ukuran RAM yang sama, yaitu AMD Zen 2 dan 16 GB RAM. Kartu grafis yang digunakan kedua konsol ini pun juga sama, yaitu AMD RDNA 2 yang mendukung resolusi layar sampai 8k dengan perbedaan Xbox Series X sedikit lebih kuat 1.7 teraflops.

Selain itu, PlayStation 5 dan Xbox Series X dijual dengan harga yang sama, yaitu $499 USD. Jadi makin sulit ya Sobat FILE untuk memilih konsol mana yang tepat. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena FILE akan membantu kamu untuk memilih yang tepat! Yuk lanjut disimak!

Game Eksklusif

console gaming
Game Eksklusif yang dimiliki setiap console (Sumber: weirdworm.com)

PlayStation dan Xbox, keduanya memiliki game eksklusifnya masing-masing. Bagi Sobat FILE yang belum tahu, game eksklusif merupakan game yang khusus hanya ada pada satu platform saja. Game ini berasal dari studio yang bekerja sama secara langsung atau perkembangannya didukung oleh salah satu platform.

Dalam hal eksklusif, PlayStation memiliki jumlah game yang lebih banyak dibandingkan dengan Xbox. Banyak game terkenal seperti Horizon Zero Dawn, God of War, Uncharted 4, dan masih banyak lagi yang hanya bisa kamu mainkan melalui PlayStation. Sedangkan, game eksklusif milik Xbox, kini sudah banyak tersedia versi PC-nya, sehingga kesan eksklusif akan kurang kamu dapatkan.

Langganan Online

console gaming
Layanan online yang dimiliki Xbox dan Playstatiom (Sumber: zotpad.com)

Berbeda dengan komputer yang bisa langsung bermain game secara online saat memiliki koneksi internet, console gaming seperti Playstation dan Xbox, harus berlangganan terlebih dahulu agar bisa bermain secara online. Meskipun kedua platform ini sama-sama memiliki layanan berlangganan, tetapi keuntungan yang didapatkan berbeda, loh!

Bagi kamu yang menggunakan console Xbox, maka kamu disarankan untuk berlangganan Xbox live gold. Selain mendapatkan akses bermain secara online, Xbox Live Gold memberikan kamu 2 keuntungan lainnya, yaitu Games with Gold dan Deals with Gold. Games with Gold memberikan kamu beberapa pilihan game menarik secara gratis, sedangkan Deals with Gold menawarkan kamu diskon dari beberapa game yang dipilih Microsoft setiap minggunya.

Tidak mau kalah, PlayStation Plus milik Sony juga memberikan tawaran yang menarik. Selain mendapatkan game secara gratis dan berbagai diskon menarik setiap bulannya, kamu juga akan mendapatkan cloud storage sebesar 100GB. Jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk menyimpan game-mu menggunakan tempat penyimpanan eksternal.

Harga layanan online yang dipatok untuk kedua platform ini yaitu sekitar $9.99 USD/bulan atau $24.99 USD/3 bulan, yang apabila dirupiahkan sekitar Rp 150.000,00 untuk per bulannya dan sekitar Rp 350.000,00 untuk per tiga bulannya.

Fitur Media

Tampilan Media pada Playstation (Sumber: tunelf.com)

Fitur media pada console gaming terbaru dari kedua platform sudah mendukung aplikasi streaming video terkenal yang mungkin akan kamu gunakan, seperti Netflix, Hulu, Amazon Prime Video, Disney+, dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu unduh. Jadi bagi Sobat FILE yang ingin streaming video setelah lelah bermain game, tidak perlu khawatir akan repot lagi untuk membuka laptop terlebih dahulu.

Backward Compatibility

console gaming
Console Xbox Series X (Sumber: polygon.com)

Console Backward Compatibility merupakan teknologi yang memungkinkan kamu untuk bermain game lawas di console gaming terbaru kamu. Contohnya apabila kamu ingin bermain game lawas seperti Assassin’s Creed II, tetapi konsol lama kamu sudah rusak. Nah, teknologi ini memungkinkan kamu untuk memainkannya di console gaming generasi terkini milikmu.

Microsoft sudah menyiapkan teknologi ini di setiap konsolnya. Jadi, bagi kamu yang memiliki Xbox Series X, kamu akan dapat memainkan game dari Xbox One ataupun Xbox 360. Begitu juga, jika kamu memiliki Xbox One, teknologi ini memungkinkan kamu untuk memainkan game dari Xbox 360.

Akan tetapi, teknologi Backward Compatibility yang dimiliki PlayStation 5 hanya memungkinkan kamu untuk memainkan game PS 4 saja. Namun, dengan PlayStation Plus kamu dapat stream game-game lawas dari PS2, PS3, dan PS4 secara online. Tentu saja, untuk stream suatu game melalui PS Plus, kamu harus mempunyai internet yang cepat dan lancar ya, Sobat FILE!

Mana yang lebih baik?

console gaming
Ilustrasi logo Xbox dan Playstation (Sumber: businessinsider.com)

Dalam hal performa, kedua konsol generasi terbaru dari PlayStation dan Xbox memiliki performa yang seimbang. Namun, jika dilihat dari spesifikasinya, Xbox Series X sedikit lebih unggul dibandingkan PS5 dengan kekuatan GPU 1.7 teraflops lebih tinggi. 

Jika dilihat dari game eksklusif yang dimiliki, PlayStation 5 jauh lebih unggul dari Xbox Series X, karena memiliki lebih banyak game eksklusif menarik yang dinantikan banyak orang, seperti Spider-Man Series, God of War, Horizon Zero Dawn, dan masih banyak lagi. 

Bagi kamu yang ingin memainkan game lawas, maka Xbox lebih unggul dalam hal Backward Compatibility dibandingkan dengan PlayStation. Hal itu dikarenakan, Backward Compatibility pada PlayStation 5 hanya bisa memainkan game yang ada di PlayStation 4 saja. Sedangkan, Xbox Series X bisa memainkan game dari 3 generasi sebelumnya, yaitu Xbox One, Xbox 360, dan Xbox.

Jadi, baik PlayStation maupun Xbox memiliki keunggulannya masing-masing di setiap generasinya. Kembali lagi kepada kebutuhan kamu, apabila kamu ingin konsol dengan game eksklusif yang menarik, PlayStation akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Namun, apabila kamu ingin memainkan game baru, sekaligus game-game lawas milikmu dalam satu konsol, Xbox mungkin akan jadi konsol yang cocok untuk kamu.


Nah, bagaimana Sobat FILE? Sudah menentukan console gaming mana yang cocok untuk kamu? Yuk, tulis jawaban beserta alasanmu di kolom komentar! Apabila kamu ingin mendapatkan informasi mengenai teknologi seperti ini, jangan lupa untuk follow instagram kami ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
GamesHobby
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT