fbpx

CES 2020: Ini Dia 5 Teknologi yang Nggak Boleh Dilewatkan!

Halo, Sobat FILE! Beberapa hari terakhir ini, ada satu acara yang ramai dibicarakan oleh akun-akun yang mengulas topik seputar teknologi terkini. Kamu yang gemar mengikuti tren teknologi pastinya tidak asing...
CES 2020
CES 2020 (Sumber: uploadvr.com)

Halo, Sobat FILE! Beberapa hari terakhir ini, ada satu acara yang ramai dibicarakan oleh akun-akun yang mengulas topik seputar teknologi terkini. Kamu yang gemar mengikuti tren teknologi pastinya tidak asing dengan acara yang tengah ramai dibicarakan ini, yaitu CES 2020. Akan tetapi, tahukah kamu sebenarnya acara apakah CES ini?

CES adalah singkatan dari Consumer Electronic Show. Oleh karena itu, tidak heran apabila hampir semua konten terkait CES 2020 mengulas tentang beragam teknologi. Tahun ini merupakan tahun ke-53 penyelenggaraan CES. Akan tetapi, ini merupakan pertama kalinya CES mengizinkan media meliput acaranya dari dekat loh!

Melalui keterbukaan CES terhadap media ini, kita dapat mengetahui teknologi-teknologi terbaru yang dipamerkan di sana. Perusahaan yang bergabung pun mencakup berbagai bidang, mulai dari perusahaan seperti Apple dan Microsoft hingga perusahaan seperti Amazon dan Spotify. Bahkan, perusahaan yang bergerak di bidang otomotif seperti Mercedes-Benz turut berpartisipasi loh!

Dari sekian banyak teknologi yang dipamerkan, ada beberapa di antaranya yang wajib banget kamu ketahui dari ajang CES tahun ini. Nah, ini dia kelima teknologi tersebut!

 

1.  Samsung SelfieType

Samsung SelfieType

Samsung SelfieType (Sumber: en24.news)

Teknologi pertama yang cukup mencuri perhatian dari ajang CES 2020 ini adalah Samsung SelfieType, si keyboard invisible dari Samsung. Mungkin kita sudah sering melihat virtual keyboard yang diproyeksikan dari laser, tetapi Samsung SelfieType menggunakan teknologi yang sama sekali berbeda. Virtual keyboard pada umumnya bergantung pada ketepatan kita mengetukkan jari sesuai dengan ‘denah’ keyboard. Akan tetapi, Samsung SelfieType tidak bergantung pada ‘denah’ tersebut, melainkan pada pergerakan jari kita.

Tanpa menampilkan proyeksi keyboard seperti virtual keyboard, salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi oleh Samsung SelfieType adalah ketidakmampuan pengguna untuk melihat tombol mana yang mereka pencet.  Proyeksi keyboard tidak mungkin ditampilkan tanpa alat tambahan, tetapi justru itu lah yang dihindari oleh tim pengembang Samsung SelfieType. Selain itu, masalah lainnya yang harus dihadapi adalah perbedaan cara mengetik dan ukuran jari tangan tiap-tiap orang.

Mengingat masih banyak tugas yang harus dihadapi oleh tim pengembang Samsung SelfieType, tidak heran apabila mereka pun mengakui bahwa Samsung SelfieType ini masih merupakan research project untuk sekarang. Oleh karena itu, Samsung SelfieType tidak akan diluncurkan atau diterapkan pada perangkat tertentu dalam waktu dekat.

 

2.  Dell’s Alienware Concept UFO

Dell's Alienware Concept UFO

Dell’s Alienware Concept UFO (Sumber: businessinsider.sg)

Teknologi yang kedua datang dari Dell dan hadir dalam bentuk gaming PC yang bisa dibawa ke mana-mana. Diakui oleh Dell, gaming PC ini terinspirasi oleh Nintendo Switch. Tidak seperti ponsel, Dell’s Alienware ini benar-benar menggunakan OS Windows 10 loh! Kamu juga dapat mengakses library PC-mu melalui Alienware ini. Tidak hanya itu, Dell’s Alienware juga dapat menggunakan mouse dan keyboard seperti PC pada umumnya.

Konsol Dell's Alienware Concept UFO

Konsol Alienware Concept UFO (Sumber: urbandigital.id)

Dell’s Alienware memiliki layar 8 inci dengan resolusi 1200p. Gaming PC ini dilengkapi dengan konsol yang dapat berfungsi ganda sebagai handheld. Akan tetapi, sesuai dengan namanya, Dell’s Alienware ini masih berupa konsep ya, Sobat FILE. Dell’s Alienware tidak dipastikan rilis dengan bentuknya yang dipamerkan pada CES 2020.

 

3.  Lenovo ThinkPad X1 Fold

Lenovo ThinkPad X1

Lenovo ThinkPad X1 (Sumber: businessinsider.sg)

Laptop dengan layar yang bisa dilipat memang tengah menjadi salah satu topik yang ramai dibicarakan belakangan ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila teknologi yang satu ini juga mendapat tempat di CES 2020. Salah satunya hadir dari perusahaan Lenovo, yaitu Lenovo ThinkPad X1.

Lenovo ThinkPad X1 hadir dengan layar OLED berukuran 13.3 inci yang dapat dilipat. Tidak memproduksi layarnya sendiri, Lenovo bekerja sama dengan LG untuk membuat layar lipatnya. Layar tersebut dapat digunakan sebagai satu layar besar maupun ditekuk seperti laptop pada umumnya. Lenovo ThinkPad X1 saat ini menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, tetapi Lenovo sendiri berencana akan merilis pembaruan Windows 10X untuk laptop ini.

Keyboard dan Stylus Lenovo ThinkPad X1

Keyboard dan Stylus Lenovo ThinkPad X1 (Sumber: medcom.id)

Lenovo ThinkPad X1 dilengkapi dengan keyboard fisik yang dapat dihubungkan dengan Bluetooth dan dapat diisi ulang secara wireless. Laptop ini juga dilengkapi dengan stylus Active Pen dan menggunakan SSD sebesar 1 TB. Melalui CES 2020, dikabarkan bahwa Lenovo ThinkPad X1 diperkirakan akan rilis di pertengahan tahun 2020 ini.

 

4.  PS5

Logo PS5

Logo PS5 (Sumber: businessinsider.sg)

Nah, kamu penggemar game konsol wajib banget menyimak teknologi yang satu ini! Yup, PS5 merupakan salah satu teknologi yang hadir di ajang CES 2020. Salah satu perubahan besar yang dihadirkan Sony pada PS5 adalah HDD atau hard disk drive yang digantikan dengan SSD atau solid state drive. Penggantian drive ini pastinya menghadirkan performa dan loading time yang lebih cepat dibandingkan dengan PlayStation generasi sebelumnya ya, Sobat FILE.

Prototype Konsol PS5

Prototype Konsol PS5 (Sumber: digitaltrends.com)

Dari sisi grafisnya, PS5 hadir dengan fitur ray tracing. Singkatnya, ray tracing menghadirkan pencahayaan yang lebih detail dan lebih akurat. Tidak berhenti di situ, Sony memaparkan bahwa PS5 akan hadir dengan konsol baru juga loh! Konsol untuk PS5 juga dilengkapi dengan fitur haptic feedback yang menggantikan ‘getaran’ dari generasi sebelumnya. Dengan haptic feedback, getaran ketika kamu menembakkan senjata dan getaran ketika kamu menyetir mobil akan lebih terasa bedanya. Dengan kata lain, getaran yang dihadirkan oleh konsol PS5 ini akan lebih disesuaikan dengan pemicunya. Tidak hanya konsol, kabarnya PS5 juga dapat dimainkan dengan PlayStation VR loh, Sobat FILE!

Nah, kira-kira, kapan ya PS5 akan dirilis? Diperkirakan, PlayStation generasi terbaru ini akan diluncurkan saat musim liburan tahun ini. Akan tetapi, perkiraan tersebut masih bersifat prediksi dan belum diresmikan ya, Sobat FILE.

 

5.  Dell’s Concept Duet

Dell's Concept Duet

Dell’s Concept Duet (Sumber: tomsguide.com)

Selain laptop dengan layar lipat, CES 2020 juga diperkaya dengan laptop yang memiliki dua layar loh! Yup, Dell menghadirkan dual screen laptop-nya di acara CES 2020. Laptop ini diberi nama Concept Duet.

Dell’s Concept Duet dilengkapi dengan 2 layar berukuran 13.4 inci yang disambung dengan engsel 360 derajat. Dengan 2 layar yang tersambung ini, kamu dapat menggunakan salah satu layarnya untuk menampilkan virtual keyboard. Akan tetapi, Dell tetap melengkapi Concept Duet dengan keyboard fisik, kok!

Virtual Touchpad

Virtual Touchpad (Sumber: tomsguide.com)

Nah, ketika kamu menggunakan keyboard fisiknya, kamu akan memiliki dua opsi cara penggunaan. Pertama, kamu dapat meletakkan keyboard di bagian bawah layar kedua, sehingga seakan-akan kamu memiliki laptop dengan 1,5 layar. Kedua, kamu dapat meletakkan keyboard di bagian atas layar seperti pada gambar, sehingga setengah bagian layar yang tidak terpakai dapat menjadi virtual touchpad.

 

Itu dia kelima teknologi yang cukup ramai dibicarakan dari ajang CES tahun 2020 ini! Seiring berkembangnya teknologi, semakin beragam pula ya rupa dan fitur gadget yang ada. Dari kelima teknologi di atas, yang manakah yang paling kamu nantikan perilisannya di Indonesia? Atau mungkin ada teknologi dari bidang industri lain di CES 2020 yang mencuri perhatian kamu? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar!

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Event NewsGadgetGamesTech News
Satu Komentar
  • recompile
    19 January 2020 at 11:58 pm
    Tinggalkan Komentar

    I all the time emailеd this blog post page to all my
    contacts, becausе if like to read it after
    that my links will too.

  • Tinggalkan Komentar

    *

    *

    Newsletter

    TERKAIT