6 Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Akhir-akhir ini, bisnis merupakan hal yang digemari masyarakat. Namun seringkali terdapat kendala seperti memerlukan modal yang tidak sedikit. UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu jalan keluar bagi...
6 USAHA KECIL MENENGAH YANG MENJANJIKAN
6 USAHA KECIL MENENGAH YANG MENJANJIKAN

Akhir-akhir ini, bisnis merupakan hal yang digemari masyarakat. Namun seringkali terdapat kendala seperti memerlukan modal yang tidak sedikit. UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu jalan keluar bagi mereka yang minat dengan mendirikan sebuah bisnis walaupun tidak memiliki banyak modal. Tidak sedikit UKM di Indonesia yang berhasil dan sukses di pasaran. Berikut jenis Usaha Kecil Menengah yang menjanjikan.

 

1. Bidang kuliner

Kuliner memang salah satu bidang yang paling dicari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Maka dari itu, bisnis di bidang kuliner pun tidak kunjung mati jika kamu mampu mengerjakannya dengan baik. Bahkan ada banyak macamnya, seperti kuliner makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok.

Semua kategori bisnis kuliner sama-sama memiliki prospek dan peluang yang bagus untuk dijalankan. Contohnya seperti Keripik Maicih, Es Teler 77, Pecel Lele Lela, dan masih banyak lagi. Dari nama diatas, perlu diketahui bahwa mereka memulai usahanya dari skala kecil.

 

2. Bidang fashion

Bisnis di bidang fashion juga memiliki peluang yang besar karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dicari manusia. Apalagi dengan adanya perkembangan mode juga zaman, maka hal ini mengakibatkan berkembangnya juga bidang fashion.

Banyak sekali kategori fashion, mulai dari pakaian pria atau wanita, sepatu, aksesoris, dan lainnya. Dunia fashion juga tidak akan pernah mati karena memang kebebasan semua orang untuk berkreasi dengan pakaiannya.

 

3. Bidang pendidikan

Pendidikan semakin tahun semakin menuntut keseriusan dan menjadi kebutuhan untuk dapat menyongsong masa depan yang lebih cerah membuat banyak orang mengejar pendidikan dengan tingkat yang setinggi-tingginya. Dengan modal yang sedikit, kamu dapat membuka tempat kursus atau bimbingan belajar dan lembaga pendidikan non-formal lainnya sebagai langkah awal.

Salah satu contoh bisnis bidang pendidikan yang kini sukses dari usaha awalnya dengan skala kecil adalah Ganesha Operation. Lalu ada juga Robota Robotics School yang merupakan lembaga pendidikan robot terbesar di Indonesia yang sekarang mulai menyebar ke seluruh masyarakat Indonesia.

 

4. Bidang otomotif

Kamu hobi atau sangat tertarik dengan dunia otomotif? Juga ingin membangun bisnis dengan modal kecil? Mengapa tidak membuka bisnis UKM di bidang otomotif? Dengan kegemaran yang kamu miliki malah dapat menjadi salah satu pendorong agar bisnismu berhasil dan sukses. Contoh bisnis di bidang otomotif yang sukses adalah AHRS (Asep Hendro Racing Sport) yang merupakan bisnis penyedia spare parts.

 

5. Bidang agrobisnis

Indonesia yang memiliki tanah yang subur dan dikenal dengan negara tropis merupakan modal yang bagus untuk kamu yang ingin mengembangkan UKM di bidang argobisnis. Argobisnis merupakan usaha di bidang pertanian, perkebunan, juga peternakan. Jika kamu menyediakan lahan yang kamu miliki, kamu tinggal membeli bibit tanaman atau hewan yang harganya tidak terlalu mahal dan menanamnya atau memeliharanya untuk kemudian dirawat dan akhirnya menghasilkan keuntungan dari panen tersebut.

Salah satu contoh terkenal adalah Bob Sadino yang kini telah berhasil mengembangkan Kemhick menjadi bisnis yang bertaraf dan berkualitas modern yang cabangnya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

 

6. Bidang teknologi internet

Last but not least, UKM yang menjanjikan adalah yang di bidang teknologi internet. Mengapa? Karena di zaman yang serba canggih ini UKM sudah menyasar ke bisnis digital berbasis teknologi internet dengan istilah bisnis “startup”. Semakin tahun pun semakin menguntunkan. Kamu hanya perlu menyediakan sebuah aplikasi atau situs yang bisa kamu buat sendiri dengan server yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar pula karena sudah berbasis internet. Contoh-contoh bisnisnya adalah Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat melihat peluang bisnis online lainnya  yang dapat menginspirasi dan memotivasimu untuk mendirikan sebuah bisnis.

Cara Memulai Bisnis dengan Budget Rendah

Bagi kamu yang memang ingin tekun membuka bisnis dengan budget yang cukup minim, mungkin ini adalah salah satu jalannya. Memang menjanjikan tetapi tidak boleh hanya berdiam diri. Kamu harus terus berusaha, berjuang, dan bekerja keras untuk bisa menjadikan bisnis UKM ini lebih sukses. Jangan menyerah!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

advertisment
Newsletter

TERKAIT