15 Cara untuk Mendominasi Hasil Pencarian Online

Dalam hal mendominasi hasil pencarian online, tidak ada namanya jalan pintas. Jika kamu ingin sukses terutama dalam upaya mendominasi hasil pencarian online, kamu memang harus benar-benar berusaha keras, karena...
15 Cara untuk Mendominasi Hasil Pencarian Online
15 Cara untuk Mendominasi Hasil Pencarian Online

Dalam hal mendominasi hasil pencarian online, tidak ada namanya jalan pintas. Jika kamu ingin sukses terutama dalam upaya mendominasi hasil pencarian online, kamu memang harus benar-benar berusaha keras, karena untuk memahami kerja SEO (Search Engine Optimization) terutama dengan ratusan algoritma Google, akan membutuhkan waktu.

Di tahun 2018, kebanyakan orang akan memulai mendaftarkan website-nya dan mencoba untuk menggunakan keyword yang kompetitif. Setelah 6 bulan berjalan, pada akhirnya mereka akan menyerah dan beralih kepada iklan berbayar.

Betul sekali, iklan berbayar sangatlah bagus. Dengan mendirikan sales funnel dan beriklan di Facebook, Google, maupun YouTube, kemungkinannya sangat tinggi untuk mendapatkan uang yang banyak juga cepat. Tidak hanya itu, akan semakin tinggi kemungkinanmu untuk menawarkan para customer yang sedang ingin membeli sesuatu dan ternyata adalah yang kamu jual.

Simak 7 Skill yang Dapat Kamu Pelajari Secara Online

Tetapi, bagaimana kalau kamu bisa mendapatkan hal yang sama secara gratis? Kamu dapat melakukan percobaan akan kedua hal tersebut. Nah, sekarang, bagaimana hal tersebut bekerja? Bagaimana cara untuk mendominasi hasil pencarian online?

 

3 Pilar SEO

Sebelum kamu terjun kedalam strategi dan cara-cara penggunaan SEO, kamu harus memahami 3 pilar ini. Bagaimanapun keadaannya, pilar-pilar ini tidak akan berubah.

 

1. Authority

Kekuasaan atau authority-pun berhubungan dengan kualitas dan volume link yang dibuat dengan berjalannya waktu. Semakin tinggi authority sebuah website, semakin banyak link juice yang dapat diteruskan. Kamu dapat menggunakan tools seperti MozBar atau SEMRush.

 

2. Konten

Konten sebuah situs sangatlah krusial terutama untuk ranking di tahun 2018. Kepentingannya meningkat seiring berjalannya waktu. Kamu harus menambahkan nilai juga engagement dengan para pengunjung. Semakin banyak engagement-nya, semakin banyak pengguna yang akan menyebarluaskan kontenmu, dan akan semakin baik ranking situsmu.

 

3. Indexed Age

Sangatlah penting saat kamu membuat track record dengan konten pada domain mu juga kualitas link yang mengacu pada kontenmu. Kamu tidak bisa buru-buru. Indexed age mengacu pada tanggal asli saat Google menemukan situsmu maupun kontenmu.

 

Jika kamu memang berniat untuk mendominasi hasil pencarian online dengan SEO di tahun 2018, simak cara berikut!

 

1. Nilai kecepatan halamanmu dan tingkatkan jika diperlukan

Gunakan Google Page Speed Insights untuk mengetahui dimana kamu perlu tingkatkan pada website-mu. Kamu dapat menggunakan tools seperti Pingdom, GTMetrix, dan Varvy. Selain itu, kamu juga dapat melakukan hal berikut:

  • Kurangi waktu respons server terhadap permintaan
  • Hilangkan render-blocking CSS dan JavaScript
  • Manfaatkan cache browser untuk meningkatkan kecepatan elemen halaman yang disajikan
  • Minimalkan penggunaan JavaScript, CSS, dan HTML
  • Compress file menggunakan Gzip
  • Optimalkan semua gambar dengan io

 

2. Gunakan CDN untuk domainmu dan DNS jika diperlukan

CDN akan menyebarkan kontenmu ke beberapa server di seluruh dunia lalu menyajikan konten itu dari server terdekat ke pengunjung. Kamu juga harus mempertimbangkan untuk memindahkan DNS-mu ke CloudFare atau konfigurasi serupa karena seringkali propagasi DNS akan lag tergantung para registran dan lokasi server juga darimana permintaan DNS tersebut datang.

 

3. Buat konten yang berguna dan mempunyai nilai

Konten yang baik akan meng-engage pengunjung dan akan semakin mengundang mereka  untuk menyebarluaskannya. Coba fokus terhadap elemen berikut saat membangun kontenmu:

  • Jangan menulis konten dibawah 2000 kata jika bisa dihindari
  • Buat healthy link profile dengan link internal dan outbound link yang relevan
  • Kutip semua sumbermu dan back up fakta-fakta
  • Pastikan kontenmu mudah dibaca
  • Pastikan kamu menggunakan foto berkualitas tinggi yang relevan sebagai foto utama
  • Manfaatkan penggunaan kata kunci yang sehat namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci
  • Buat konten yang instruksional dan membantu memecahkan masalah
  • Tulis kontenmudengan membuatnya terdengar alami dan organik

 

4. Pastikan kegunaan di beberapa perangkat dan mobile responsiveness

Menurut Search Engine Land, 60% dari hasil pencarian menggunakan pencarian mobile. Gunakanlah waktumu sebaik-baiknya untuk memastikan situsmu sudah optimal untuk perangkat mobile dan dapat digunakan dengan baik oleh platform lain dengan cara mengimplementasikan library CSS seperti Bootstrap.

 

5. Fokus untuk meningkatkan user experiences

Meningkatkan user experiences berarti situsmu akan mudah digunakan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa saran:

  • Gunakan Breadcrumbs untuk navigasi
  • Implementasikan pencarian situs yang cepat
  • Hindari pembuatan website yang terlalu kaya akan grafis
  • Buat menu utamamu mudah digunakan
  • Pisahkan kontenmu kedalam beberapa kategori seperti menggunakan tags
  • Hindari penggunaan terlalu banyak pop-up

 

6. Tambahkan konten seperti video, audio, atau podcast untuk meningkatkan engagement

Saat kamu memiliki konten yang berguna dan mengesankan, orang-orang akan lebih tertarik dan bertahan lebih lama. Oleh sebab itu, coba variasikan kontenmu dengan video, audio, maupun podcast. Ini akan meningkatkan rata-rata page times juga session times situsmu.

 

7. Manfaatkan latent-semantic indexing untuk keberagaman keyword

Latent-Semantic Indexing (LSI) adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh  Google pada pencarian Hummingbird-nya. LSI memungkinkan Google untuk menyajikan konten relevan dengan memahami apa yang dicari pengguna. LSI juga merupakan cara yang bagus untuk mengatakan hal yang sama dengan cara lain.

 

Contohnya, jika kamu ingin mencari “menghasilkan uang secara online”, kamu dapat menggunakan kalimat seperti “meraih pendapatan di web”.

 

8. Gunakan outbound links yang relevan dengan kontenmu

Buatlah link yang relevan dengan kontenmu sehingga para pembaca dapat meneruskan pencariannya. Setidaknya gunakan 2-3 link yang relevan untuk setiap kontennya.

 

9. Fokus dengan kualitas links-nya

Saat membangun sebuah link yang mengacu pada kontenmu, targetkan kualitas domain tertinggi secara natural dan organik. Pikirkan “white hat”, bukan “black hat”.

 

10. Selalu pasarkan kontenmu dengan memanfaatkan domain tepercaya

Buatlah konten berguna pada situs yang sudah terkenal seperti Quora, LinkedIn Publishing and Medium, secara instan dengan menggunakan suatu link yang mengarah ke konten aslinya.

 

11. Jangan menggunakan iklan berlebihan

Kamu tidak ingin kan jika header situsmu dipenuhi iklan? Hal ini akan mengurangi user experience-nya dan Google juga tidak akan suka itu. Juga, ini akan memperlambat situsmu, jadi, gunakan seminimal mungkin.

 

12. Buat ungated super-guides dengan calls-to-action

Super guides adalah konten yang memiliki massive value posts (MVPs) yang akan meningkatkan engagement dan share.

 

13. Jangan mencoba melakukan sesuatu yang menipu

Jika kamu memang serius ingin memenangkan permainan SEO di tahun 2018 atau di tahun manapun, kamu harus menghindari cara redirect pengguna dengan menyembunyikan konten.

 

14. Manfaatkan media sosial untuk membangun konten viral yang mengarahkan kembali ke domainmu

Media sosial dapat meningkatkan traffic pengguna yang sangat tinggi jika dilakukan dengan benar. Manfaatkan media sosial untuk membangun konten viral yang memiliki nilai atau yang berguna. Entah itu mengenai hiburan maupun yang menginformasi.

 

15. Mintalah para influencers di niche-mu untuk membantumu melampaui hasil

Target para influencers untuk mendukung kontenmu. Entah itu melalui Instagram atau Facebook, pasti akan ada banyak influencers yang dapat membantumu. Dengan hal ini, kamu dapat menjangkau audience yang luas.

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT