fbpx

Situs untuk Mengerjakan Tugas Kuliah, Cocok bagi Mahasiswa!

Halo Sobat FILE! Sebagai seorang mahasiswa, kamu tentunya selalu mendapat tugas-tugas dari dosen, bukan? Entah tugas membuat esai, rangkuman, makalah, artikel, presentasi, dan masih banyak lagi. Selama pengerjaannya, kamu...
Situs untuk mengerjakan tugas

Situs untuk mengerjakan tugas

Halo Sobat FILE! Sebagai seorang mahasiswa, kamu tentunya selalu mendapat tugas-tugas dari dosen, bukan? Entah tugas membuat esai, rangkuman, makalah, artikel, presentasi, dan masih banyak lagi. Selama pengerjaannya, kamu pastinya membutuhkan referensi untuk mempermudah kamu dalam menyelesaikannya. Hal yang sering dilakukan mahasiswa untuk mencari referensi tersebut adalah dengan mencarinya lewat internet. Kamu hanya perlu menuliskan hal yang kamu butuhkan di kolom pencarian Google. Kemudian, berbagai macam situs yang berkaitan dengan pencarianmu pun akan bermunculan. Akan tetapi, apakah kamu pernah merasa kerepotan karena harus mengecek situs-situs tersebut satu per satu agar bisa menemukan referensi atau solusi yang tepat untuk pengerjaan tugasmu? Atau merasa tidak menemukan situs yang tepat untuk membantumu dalam mengerjakan tugas? Jika iya, maka FILE punya rekomendasi situs-situs yang akan membantumu dalam mengerjakan tugas tanpa ribet. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Canva

Situs untuk mengerjakan tugas Canva

Website Canva (Sumber: canva.com)

Pernahkah kamu mendapat tugas membuat poster, flyer, dan sebagainya yang membutuhkan design keren dan cantik? Kalau iya, maka Canva bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu yang ingin memberikan tampilan kece pada tugasmu tersebut. Canva adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai macam design dan bahkan animasi yang bisa dengan mudah kita edit tanpa perlu men-design dari awal. Di Canva, tersedia ratusan template design yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tugasmu, mulai dari poster, flyer, leaflet, infographic, presentasi, dan masih banyak lagi. Canva juga tersedia di ponsel lho! Jadi, kamu bisa men-design kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa laptop ke mana-mana.

Grammarly

Situs untuk mengerjakan tugas Grammarly

Website Grammarly (Sumber: grammarly.com)

Punya tugas mengarang dalam bahasa inggris tapi kesulitan untuk menentukan grammar yang tepat untuk kalimatmu? Jangan khawatir karena Grammarly akan siap membantu dalam memberikan saran grammar yang tepat untuk karanganmu! Kamu cukup copy dan paste karangan bahasa inggrismu di situs Grammarly, kemudian secara otomatis Grammarly akan mengoreksi kesalahan ejaan atau grammar pada kalimatmu. Di saat yang bersamaan pula, Grammarly akan langsung memberikan saran kata yang tepat. Selain itu, Grammarly juga dapat memeriksa pengulangan kata yang kamu gunakan pada karanganmu lho! Jadi, jika banyak kata yang diulang, Grammarly akan merekomendasikan kata pengganti yang tepat untuk itu.

Resoomer

Situs untuk mengerjakan tugas resoomer

Website Resoomer (Sumber: resoomer.com)

Resoomer merupakan sebuah situs untuk meringkas dan merangkum dokumen atau artikel secara online. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan Grammarly tadi. Kamu cukup copy dan paste dokumen atau teks yang ingin kamu ringkas lalu klik tombol “resoomer”. Setelah itu, situs ini akan otomatis mengidentifikasi dan meringkas fakta penting dari teks yang kamu masukkan tadi. Hasilnya adalah kamu akan disuguhkan dengan rangkuman teks yang padat informasi dan jauh lebih ringkas dibanding sebelumnya. Hal menarik lainnya adalah situs ini tersedia dalam berbagai bahasa, sehingga bisa disesuaikan dengan bahasa yang digunakan pada teks kamu. Cocok nih, buat kamu yang sedang mengerjakan tugas membuat rangkuman ataupun yang ingin meringkas materi pelajaran sebagai persiapan ujian!

Academia.edu

Website Academia.edu

Website Academia.edu (Sumber: academia.edu)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini, bukan? Acedemia.edu merupakan sebuah situs jejaring sosial di mana orang-orang bisa membagikan dokumen atau jurnal penelitiannya. Bagi kamu yang sedang menggarap skripsi, makalah, dan sebagainya, maka situs ini bisa kamu gunakan untuk mencari berbagai referensi terkait dengan tugasmu. Dokumen yang kamu gunakan sebagai referensi tadi juga bisa kamu download secara gratis sehingga kamu tetap bisa membacanya saat offline. Akan tetapi, jangan lupa untuk menuliskan sumber yang kamu gunakan sebagai referensi ke dalam tugasmu ya agar terhindar dari isu plagiarisme.

Duplichecker

Website Duplichecker

Website Duplichecker (Sumber: duplichecker.com)

Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya, saat mengerjakan tugas pasti beberapa dari kamu ada yang menggunakan berbagai referensi yang ada di internet. Dari situ, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan untuk menulis tugasmu. Akan tetapi, menggunakan kata-kata yang ada di internet bisa menimbulkan risiko plagiarisme lho! Untuk menghindari hal itu, kamu bisa mencoba situs Duplichecker untuk memeriksa adakah unsur plagiarisme dalam karanganmu. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu bisa menuliskan karanganmu secara manual di situsnya atau dengan meng-upload file teks dari komputermu. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan URL dari website yang ingin kamu cek apakah terdapat unsur plagiarismenya atau tidak. Kemudian, kamu tinggal meng-klik tombol “periksa plagiarisme”. Secara otomatis, Duplichecker akan mendeteksi teks yang telah kamu masukkan tadi. Jika ternyata karanganmu terdapat unsur plagiarismenya, Duplichecker akan langsung menampilkan website yang isinya memiliki kemiripan dengan karanganmu.

Nah, Sobat FILE! Itu dia beberapa rekomendasi situs yang akan membantumu dalam mengerjakan tugas kuliah. Apakah kamu baru mengetahui adanya situs tersebut setelah membaca artikel ini? Atau mungkin kamu sudah pernah menggunakan beberapa situs di atas? Yuk, bagikan ceritamu di kolom komentar! Kalau kamu punya rekomendasi situs untuk mengerjakan tugas kuliah lainnya, jangan ragu untuk membagikannya juga ya.

Bagikan ke sesama!
Categories
InspirationProductivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT