fbpx

Tips Menghadapi Ujian Online untuk Mahasiswa

Halo, Sobat FILE! Sudah beberapa bulan terakhir ini kegiatan masyarakat terpaksa dilakukan dari rumah. Tidak hanya para karyawan dan pebisnis, mahasiswa pun ikut terdampak atas keterbatasan beraktivitas ini. Segala...
Tips Menghadapi Ujian Online

Halo, Sobat FILE! Sudah beberapa bulan terakhir ini kegiatan masyarakat terpaksa dilakukan dari rumah. Tidak hanya para karyawan dan pebisnis, mahasiswa pun ikut terdampak atas keterbatasan beraktivitas ini. Segala proses belajar-mengajar di perkuliahan terpaksa dilakukan secara online, termasuk ujian. Mungkin proses ujian yang dilaksanakan secara online ini merupakan pertama kalinya bagi sebagian besar kampus di Indonesia. Oleh karena itu, para pihak yang terlibat dalam persiapan ujian online ini harus mempersiapkan sistem ujian sebaik mungkin agar ujian tetap dapat terlaksana dengan baik dan kondusif.

Di sisi lain, mahasiswa juga harus beradaptasi dan menggunakan strategi persiapan ujian yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Mulai dari penggunaan sistem yang baru, kebijakan-kebijakan baru, serta prosedur ujian yang mungkin saja jauh berbeda dengan pelaksanaan ujian offline. Oleh karena itu, melalui artikel kali ini, FILE akan memberikan beberapa tips menghadapi ujian online untuk mahasiswa. Yuk, langsung kita simak pembahasannya!

1.      Cermati Prosedur Ujian

Tips menghadapi ujian online: cermati prosedur ujian

Perhatikan peraturan dan larangan yang berlaku

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, prosedur pelaksanaan ujian online ini bisa jadi sangat berbeda dengan pelaksanaan ujian offline sebelumnya. Misalnya, saat ujian offline, beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya untuk membawa kartu ujian dan Kartu Tanda Mahasiswa atau KTM. Akan tetapi, pelaksanaan ujian online pastinya tidak akan mewajibkan kamu untuk mengambil foto kedua kartu tersebut ‘kan?

Setiap universitas menggunakan metode yang berbeda untuk melaksanakan ujian online ini. Ada yang menggunakan Google Classroom, ada juga yang menggunakan website yang disediakan oleh universitas. Perhatikan data-data apa saja yang diperlukan untuk dapat men-download atau melihat soal ujian. Perhatikan juga berapa kali kamu dapat mengumpulkan jawabanmu. Apakah sekali, dua kali, atau tidak terbatas selama belum mencapai deadline yang ditentukan. Jangan sampai nilai kamu berkurang karena kurang memperhatikan peraturan dan larangan yang diterapkan. Sebaiknya langkah ini kamu lakukan sebelum ujian dimulai. Dengan begitu, ketika kamu akan ujian, kamu sudah memahami langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

2.      Siapkan Koneksi Internet yang Stabil

Siapkan koneksi internet yang stabil

Pastikan koneksi internet stabil saat ujian

Langkah kedua ini bisa dibilang langkah yang paling penting dalam tips menghadapi ujian online. Sesuai namanya, ujian online pasti dilakukan dengan menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk melangsungkan ujianmu. Sebagian besar dari kita pasti sudah menggunakan wifi di rumah. Akan tetapi, siapkan juga kuota data dari smartphone-mu. Kuota datamu bisa menjadi cadangan seandainya wifi rumahmu berhenti berfungsi di tengah-tengah pengerjaan ujian. Dengan cadangan kuota datamu, kamu dapat tetap melanjutkan ujian dengan hotspot dari smartphone-mu. Meskipun begitu, pastinya kita selalu berharap agar wifi rumah kita dapat berjalan dengan lancar ya.

3.      Siapkan Kebutuhan Tambahan yang Diperlukan

Siapkan Kebutuhan Tambahan yang Diperlukan

Siapkan software atau peralatan yang dibutuhkan untuk ujian

Kebutuhan tambahan di sini merujuk pada software, aplikasi, atau mungkin peralatan lain yang diperlukan. Mahasiswa Teknik Informatika atau Sistem Informasi mungkin memerlukan software untuk coding. Mahasiswa DKV mungkin memerlukan software untuk desain. Beberapa jurusan memang memerlukan beberapa software untuk mata kuliah tertentu. Sebelum ujian online dimulai, pastikan kamu sudah menyiapkan software atau peralatan yang diperlukan untuk menjawab soal. Jika kamu belum mendapatkan informasi tentang peralatan yang diperlukan, tanyakan pada dosen atau staf akademik di universitasmu.

Mengingat beberapa universitas hanya memberikan beberapa jam bagi para mahasiswanya untuk ujian, tahap ini akan sangat membantu kamu untuk fokus menjawab soal selama ujian berlangsung. Apabila ternyata ada peralatan yang belum kamu siapkan tetapi dibutuhkan untuk ujian, pastinya akan menyita beberapa waktu untuk mempersiapkannya, ‘kan? Konsentrasimu pun bisa menjadi buyar, sehingga kamu tidak fokus dalam menjawab soal-soal ujian.

4.      Ingat Jadwal Ujian yang Ditentukan

Ingat Jadwal Ujian yang Ditentukan

Ingat jadwal ujian untuk setiap mata kuliah

Tips menghadapi ujian online yang selanjutnya adalah untuk mencermati jadwal ujian sebaik-baiknya. Pelaksanaan kuliah secara online sering kali membuat kita terlena dan terlalu santai. Jangan sampai kebiasaan ini ikut terbawa saat menghadapi ujian ya, Sobat FILE. Pastikan kamu mencermati jadwal ujianmu dengan baik. Bagi kamu yang harus menjalani ujian dalam durasi sekian jam, ingat-ingat jadwal ujian yang ditetapkan untuk masing-masing mata kuliah, termasuk hari dan jamnya. Bagi kamu yang memiliki durasi sekian hari untuk menjalani ujian, jangan sampai kamu melewati deadline pengumpulan jawaban yang ditentukan. Apabila kamu bisa mengumpulkan jawaban sebelum deadline yang ditentukan, segeralah kerjakan ujianmu dan kumpulkan jawabanmu. Akan tetapi, kembali ke poin pertama, berhati-hatilah jika kamu hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengumpulkan jawaban.

5.      Pastikan Jawabanmu Sesuai dengan Ketentuan

Pastikan Jawabanmu Sesuai dengan Ketentuan

Pastikan jawaban yang dikumpulkan sudah sesuai

Tips terakhir dalam menghadapi ujian online adalah untuk memastikan jawabanmu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Peraturan ini bisa meliputi ukuran file jawaban yang dibatasi, format file yang ditentukan, dan sebagainya. Jangan sampai kesalahan format jawaban membahayakan nilai ujianmu. Perhatikan juga permintaan khusus yang disampaikan oleh dosen. Misalnya, ada dosen yang meminta agar jawaban ditulis tangan dan dikumpulkan dalam format .PDF.

Selain itu, pastikan kamu mengumpulkan file yang tepat untuk masing-masing mata kuliah. Beberapa ujian memang terkadang dilaksanakan secara parallel, terlebih untuk universitas yang memberi tenggat waktu dalam hitungan hari untuk ujian. Bisa jadi kamu mengumpulkan file jawaban mata kuliah A untuk ujian mata kuliah B. Bila hal tersebut terjadi, pastinya akan membahayakan nilai ujianmu. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memilih file jawaban yang akan kamu kumpulkan.

Itulah 5 tips menghadapi ujian online untuk mahasiswa dari FILE. Meskipun ujian dilakukan secara online, tetap persiapkan dirimu sebaik mungkin ya, Sobat FILE. Pelajarilah materi-materi yang sudah diajarkan sebelumnya supaya durasi ujian yang disediakan dapat kamu maksimalkan untuk fokus menjawab soal. Selain itu, ingatlah bahwa ujian bukan sekadar ajang untuk mendapatkan nilai. Tujuan berlangsungnya ujian adalah untuk mengetes sejauh mana kamu memahami materi yang diajarkan selama satu semester ini. Nah, apakah kamu memiliki tips jitu lainnya untuk menghadapi ujian online? Jangan ragu untuk membagikan tips ala kamu di kolom komentar ya!

Oh iya, FILE juga punya tips untuk membantu kamu mempersiapkan diri sebelum ujian loh! Yuk, baca artikelnya di sini!

Bagikan ke sesama!
Categories
Tips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT