fbpx

8 Tips untuk Persiapan Ujian: Yuk, Kita Simak!

Halo Sobat FILE! Keseharian sebagai mahasiswa maupun pelajar pastinya tidak asing dengan kata “ujian” ya. Tidak jarang kita merasa takut, khawatir, atau gelisah dalam menghadapi ujian, baik ujian nasional,...
Persiapan Ujian

Halo Sobat FILE! Keseharian sebagai mahasiswa maupun pelajar pastinya tidak asing dengan kata “ujian” ya. Tidak jarang kita merasa takut, khawatir, atau gelisah dalam menghadapi ujian, baik ujian nasional, ujian tengah semester, ujian akhir semester, atau ujian apapun itu. Nah, untuk membantu mengatasi rasa khawatir kamu, kali ini FILE akan memberikan tips-tips menarik untuk persiapan ujian kamu! Kira-kira, apa saja ya tips-tipsnya?

 

 

Belajar Dari Jauh-Jauh Hari

 

Tips persiapan ujian yang pertama adalah belajar dari jauh-jauh hari. Mungkin ini sudah sering kamu dengar tanpa dipraktikkan. Ada yang mengaku bahwa mencicil bukan gayanya, ada juga yang mengaku bahwa metode belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam lebih cocok untuknya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa belajar dari jauh-jauh hari bisa meningkatkan ingatan kamu? Selain itu, yang pasti mencicil dari jauh-jauh hari akan meringankan beban kamu.

Bila kamu jenuh akibat belajar terus-menerus tanpa henti, kamu bisa menerapkan sistem belajar ala Jerome Polin, yaitu belajar dengan metode 50 10. Apa sih metode 50 10 itu? Nah, metode tersebut mengalokasikan waktu belajar selama 50 menit, kemudian diselingi waktu istirahat selama 10 menit. Apabila kita memaksakan untuk terus belajar tanpa jeda sedikit pun, kemungkinan besar akan sulit bagi kita untuk mencerna materinya ‘kan?

 

 

 

Belajar Dalam Kelompok

 

Membuat kelompok belajar

Nah, tips yang ketiga ini sudah cukup banyak diterapkan oleh para pelajar. Kenapa sih banyak pelajar yang memilih belajar dalam kelompok? Jawabannya adalah, karena bila kita belajar dalam kelompok, kita bisa saling berbagi ilmu dan pastinya tidak akan cepat jenuh. Kamu juga bisa mendapat tambahan latihan soal atau catatan dari teman-temanmu. Materi yang kamu pelajari jadi semakin lengkap deh!

Akan tetapi, kalau belajar sendirian memang lebih efektif untukmu, tidak perlu memaksakan metode yang satu ini ya. Semuanya tergantung metode apa yang paling ampuh untuk membantu kamu dalam belajar. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menemukan cara belajar yang cocok dengan pribadi kita masing-masing. Toh meskipun kita belajar sendiri-sendiri, kita masih bisa bertanya pada teman melalui chat ‘kan?

 

 

Memperbanyak Latihan 

 

Latihan untuk persiapan ujian

Selama proses persiapan ujian, pastinya kita membutuhkan latihan soal ya. Sering mengerjakan latihan soal dapat membantu kamu untuk lebih familiar dengan berbagai macam tipe soal yang ada. Dengan latihan, kamu juga bisa memprediksikan berapa waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan satu soal. Kamu bisa menggunakan timer agar terbiasa dengan suasana ujian dengan waktu yang terbatas. Dengan begitu, kamu bisa membagi-bagi waktumu saat ujian nanti sesuai dengan tingkat kesulitan soal. 

 

 

Mengikuti Les Privat

 

Apakah kalian pernah merasa ketinggalan pelajaran di sekolah? Mungkin karena cara mengajar guru yang kurang jelas, mungkin juga karena pace belajar kita yang tidak secepat teman-teman lainnya. Jika iya, kamu bisa menerapkan tips yang kelima ini. Kalian bisa membayar tutor atau mengikuti les untuk mengajarkan materi yang tertinggal secara privat. 

Tentunya dengan bimbingan privat ini, kamu bisa lebih fokus untuk mendalami materi-materi yang tertinggal atau bahkan bisa belajar lebih dalam mengenai materi lainnya. Biasanya guru les akan menyesuaikan dengan tempo belajar kamu, sehingga kamu tidak perlu takut ketinggalan pelajaran lagi. 

Oh iya, di era digital ini, kamu juga bisa belajar secara online loh! Sudah banyak aplikasi-aplikasi sejenis yang dapat membantu kamu. Sebut saja platform-platform seperti Brainly dan Ruangguru.

 

 

Refreshing

 

Refreshing

Setelah belajar, belajar, dan belajar, pastinya kita akan merasa jenuh. Ketika kita merasa demikian, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan mulai refreshing. Otak yang dipakai terus-menerus juga akan merasa kelelahan dan menyebabkan kita kesulitan memahami materi. 

Kamu dapat melakukan refreshing dengan berbagai cara sesuai dengan preferensi kamu. Untuk refreshing jangka pendek alias dalam hitungan menit atau jam, kamu bisa saja bermain game, menonton Youtube, atau bahkan tidur siang. Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan satu hari khusus untuk refreshing. Kamu bisa jalan-jalan ke mall, nonton bioskop, sekedar mengunjungi kafe-kafe cozy, atau bahkan main ke rumah teman. Akan tetapi, jangan sampai keterusan ya Sobat FILE! Ingat bahwa kamu sedang istirahat dan refreshing, bukannya sudah selesai belajar.

 

 

Tetapkan Target

 

Tetapkan target

Target dapat menjaga kamu tetap termotivasi dalam belajar. Dengan adanya target, kamu jadi tahu apa yang sebenarnya ingin kamu capai. Target juga dapat membantumu menakar sebanyak apa materi yang harus kamu pelajari, juga sebesar apa usaha yang harus kamu keluarkan. Banyak jenis target yang bisa kamu tetapkan. Misalnya saja soal mana yang harus dikerjakan hari ini, materi mana yang harus dipahami atau dicari referensinya dari sumber lain, dan sebagainya. 

Target juga bisa dibuat untuk jangka yang lebih panjang, seperti target nilai rapot atau target IPK. Kamu juga bisa menetapkan reward dan punishment untuk diri kamu sendiri. Misalnya, bila kamu berhasil mencapai target yang sudah kamu tetapkan, kamu bisa memberi hadiah untuk diri kalian. Akan tetapi, bila target tidak tercapai, kamu juga harus memberikan sanksi agar ke depannya kamu bisa lebih bekerja keras untuk mencapai target tersebut. Dengan demikian, kamu akan semakin termotivasi untuk terus berusaha mencapai target yang sudah kamu tentukan di awal.

 

Jaga Kesehatan dan Tidur yang Cukup

Tidak jarang ya kita melihat teman-teman yang belajar sampai larut malam, atau bahkan sampai tidak tidur sama sekali. Ternyata belajar dengan sistem seperti itu tidak baik loh untuk tubuh kita, baik dari segi fisik maupun mental. Metode belajar seperti demikian dapat sangat membebani otak kamu dan dapat menimbulkan efek sangat kelelahan untuk kamu.

Kamu pastinya tidak ingin ‘kan persiapan ujian kamu sia-sia karena sakit saat hari H ujian? Untuk menghindari hal tersebut, kita harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar dan beristirahat ya! 

 

Berdoa

 

Tips yang terakhir ini tidak kalah penting loh! Kalian harus berdoa sebelum ujian atau belajar, agar apapun yang kalian kerjakan dapat membuahkan hasil yang baik. Bagian kita hanyalah berusaha memberikan yang terbaik, baik saat sedang belajar maupun saat sedang mengerjakan ujian. Soal hasil akhirnya, semua kembali ke tangan Tuhan.  Oleh karena itu, selalu ingat untuk mengandalkan Tuhan juga ya, Sobat FILE!

 

Nah, bagaimana perasaan Sobat FILE setelah membaca delapan tips di atas? Semoga tips-tips dari FILE dapat membantu persiapan ujian kamu ya! Percayalah bahwa usaha sekecil apapun pasti akan ada hasilnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
ProductivityTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT