fbpx

Samsung One UI 2: Yuk, Simak Fitur-fitur Terbarunya!

Halo Sobat FILE! Apa kabar? Pada artikel kali ini, FILE akan membahas mengenai Samsung One UI 2 yang belum lama ini dirilis. Bagi teman-teman pengguna Samsung, istilah Samsung One UI...

Halo Sobat FILE! Apa kabar? Pada artikel kali ini, FILE akan membahas mengenai Samsung One UI 2 yang belum lama ini dirilis. Bagi teman-teman pengguna Samsung, istilah Samsung One UI tentunya tidak lagi asing, bukan? Pada masanya, Samsung One UI mendapat tanggapan yang cukup baik dari pasar berkat tampilannya yang menarik dan juga interaktif. Kini, Samsung kembali merilis Samsung One UI 2 yang pastinya hadir dengan fitur-fitur yang baru serta menarik! Penasaran apa saja fitur-fitur terbarunya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Gesture Navigation System

Gesture Navigation System pada Samsung One UI 2

Gesture Navigation System pada Samsung One UI 2 (Sumber: sammobile.com)

Kamu pengguna Samsung tentu sudah tidak asing lagi mengenai Gesture Navigation System buatan Samsung ini. Sistem ini sebenarnya sudah hadir sejak peluncuran Android Nougat dan Oreo. Berawal dari keluhan bahwa tombol navigasi mengganggu operasional smartphone, Samsung berupaya menginovasikan sistem navigasinya dan menambahkan fitur untuk menghilangkan tombol-tombol navigasi. Tombol-tombol tersebut kemudian diganti dengan Full Screen Gesture, di mana pengguna dapat mengusap layar dari bawah untuk melakukan navigasi.

Nah, kira-kira, apa ya bedanya Gesture Navigation System pada Samsung One UI 2 dibanding dengan pendahulunya? Ternyata, kamu kini dapat memilih untuk melakukan navigasi dengan mengusap layar tidak hanya dari bawah saja lho, melainkan dari samping juga! Hebat, bukan?

Screen Recorder Built-in

Screen Recorder pada Samsung One UI 2

Screen Recorder pada Samsung One UI 2 (Sumber: sammobile.com)

Samsung One UI 2 juga menghadirkan perekam layar atau screen recorder yang terintegrasikan ke dalam smartphone. Lho, bukannya sebagian besar smartphone memang sudah memiliki screen recorder? Ternyata, screen recorder yang dihadirkan oleh Samsung bukanlah screen recorder biasa. Samsung juga menyertakan beberapa fitur menarik di mana kamu dapat mengatur kualitas video (dengan opsi hingga 1080p) serta sumber audio dari rekaman (tanpa suara – suara media – suara mic dan media). Kamu bahkan dapat mencorat-coret langsung layar pada saat perekaman selayaknya menggunakan Note, lho!

Peningkatan Sistem Pengenalan Wajah

Face recognition pada smartphone

Face Recognition pada smartphone (Sumber: xda-developers.com)

Berbeda dengan Apple, kamu mungkin menyadari bahwa vendor Android (termasuk Samsung) kebanyakan hanya mengandalkan perangkat lunak dan kamera untuk memfasilitasi sistem pengenalan wajahnya. Hal ini menyebabkan keamanan dari fitur ‘Face Unlock’ pada Android menjadi kurang aman dibandingkan dengan Apple yang menggunakan alat pemindai wajah khusus. Pada Samsung One UI 2 ini, Samsung berupaya untuk meningkatkan efisiensi dari sistemnya dengan menambahkan fitur ‘Add alternative look’ dan ‘Required open eyes’.

Pada versi sebelumnya, pengguna sering dilanda masalah di mana smartphone tidak dapat mengenali pemiliknya ketika penampilannya berubah. Tidak hanya itu, seringkali smartphone juga ter-unlock sendiri ketika dihadapkan dengan foto pemilik atau saat pemilik sedang tidur. Dengan adanya dua fitur baru ini, tingkat keamanan serta efisiensi dari fitur ‘Face Unlock’ pun menjadi lebih tinggi.

Limit Baterai untuk Wireless PowerShare

Samsung Wireless PowerShare

Samsung Wireless PowerShare (Sumber: androidresult.com)

Sobat FILE, mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Wireless PowerShareWireless PowerShare adalah fitur untuk mengisi ulang perangkat Samsung kita, seperti smartwatch atau Airpods, dengan menggunakan baterai dari smartphone itu sendiri. Pada versi sebelumnya, fitur ini akan dapat terus digunakan hingga baterai smartphone kita tersisa 30%. Hal ini bisa menjadi masalah bagi beberapa kalangan pengguna dengan smartphone yang kapasitas baterainya kecil. Nah, pada Samsung One UI 2, Samsung menambahkan fitur di mana pengguna dapat mengatur batasan penggunaannya menjadi 50%. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi khawatir fitur ini menguras habis baterai smartphone mereka.

Perubahan UI

Karena namanya pun Samsung one UI 2, tentunya tidak sah ya apabila tidak dilakukan perubahan UI dari versi sebelumnya. Berikut adalah beberapa perubahan minor yang dilakukan Samsung untuk meningkatkan pengalaman penggunanya:

Perubahan tampilan fitur pada kamera
Tampilan fitur pada Kamera

Tampilan fitur pada Kamera (Sumber: sammobile.com)

Perubahan layout tampilan Device Cares
Perbandingan tampilan Device Care

Perbandingan tampilan Device Care (Sumber: sammobile.com)

Perubahan ukuran pop-up notifikasi telepon masuk saat sedang menggunakan aplikasi lain
Perbandingan tampilan notifikasi saat telepon masuk

Perbandingan tampilan notifikasi saat telepon masuk (Sumber: sammobile.com)

Penyederhanaan color picker untuk pemilihan warna folder di home screen
Perbandingan tampilan color picker untuk folder di home screen

Perbandingan tampilan color picker untuk folder di home screen (Sumber: sammobile.com)

Perubahan tampilan panel notifikasi
Perubahan tampilan panel notifikasi

Perubahan tampilan panel notifikasi (Sumber: sammobile.com)

Perubahan tampilan pop-up app permission dialog
Perubahan tampilan pop-up app permission dialog

Perubahan tampilan pop-up app permission dialog (Sumber: sammobile.com)

Nah, itu dia beberapa fitur baru yang dihadirkan oleh Samsung One UI 2. Fitur manakah yang menjadi favoritmu? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini ya! Kalau kamu tertarik dengan informasi terbaru seputar smartphone, yuk subscribe newsletter FILE di sini!

Bagikan ke sesama!
Categories
DesignGadget
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT