fbpx

5 Situs Freelance Indonesia, Isi Waktu Luangmu secara Produktif!

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu memiliki waktu senggang di rumah yang tidak tau harus digunakan untuk apa? Atau kamu butuh pemasukan tetapi tidak bisa pergi ke kantor? Atau mungkin...
5 Situs Freelance Indonesia

Halo, Sobat FILE! Apakah kamu memiliki waktu senggang di rumah yang tidak tau harus digunakan untuk apa? Atau kamu butuh pemasukan tetapi tidak bisa pergi ke kantor? Atau mungkin kamu seorang mahasiswa yang ingin mencicipi rasanya dunia kerja tanpa harus merasa khawatir tentang kuliah kamu? Jika iya, maka freelancing bisa jadi salah satu opsi yang patut kamu coba!

Di zaman sekarang ini, banyak jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara freelance. Mulai dari penulisan artikel, pembuatan desain website, hingga social media marketing bisa dikerjakan oleh freelancer loh! Akan tetapi, tahukah kamu di mana kamu dapat mencari pekerjaan freelance? Nah, untuk mempermudah kamu dalam memulai karir freelance kamu, FILE sudah menyiapkan beberapa situs yang boleh banget kamu kunjungi nih! Yuk, kita cek apa saja rekomendasi situsnya!

 

Sribulancer

Tampilan Website Sribulancer

Website Sribulancer (Sumber: sribulancer.com)

Situs freelance pertama yang menjadi rekomendasi FILE adalah sribulancer.com. Di Sribulancer, terdapat berbagai jenis jasa yang ditawarkan. Mulai dari pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel, sampai pekerjaan-pekerjaan terkait social media marketing. Salah satu nilai plus dari Sribulancer adalah pembayarannya yang bisa dilakukan melalui transfer bank di saat situs-situs freelancer lain umumnya menggunakan kartu kredit. Pembayaran di Sribulancer juga tersedia dalam mata uang USD dan IDR loh! Menarik ‘kan, Sobat FILE?

 

Freelancer Indonesia

Tampilan Website Freelancer Indonesia

Website Freelancer Indonesia (Sumber: freelancer.co.id)

Selain Sribulancer, Freelancer Indonesia juga dapat menjadi alternatif situs freelance untuk kamu kunjungi. Tahukah kamu bahwa Freelancer merupakan startup yang berasal dari Australia? Nah, untuk versi Freelancer Indonesia, kamu dapat mengunjungi freelancer.co.id. Jasa yang ditawarkan pun tak kalah bervariasi dari situs freelance lainnya. Mulai dari proyek di bidang IT, desain, marketing, sampai jurnalistik bisa kamu temukan di sini.

Salah satu keunggulan Freelancer Indonesia adalah karena koneksinya yang luas. Freelancer Indonesia terhubung dengan pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara, wilayah, dan teritori. Oleh karena itu, pembayarannya pun hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit dan PayPal. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir terkait kejelasan pekerjaannya, Sobat FILE. Freelancer Indonesia mencantumkan deskripsi pekerjaan yang cukup detail untuk setiap proyeknya. Detail tersebut mencakup nama, deskripsi proyek, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut. Kamu juga bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut loh!

 

Projects.co.id

Tampilan Website Projects.co.id

Website Projects.co.id (Sumber: Projects.co.id)

Berbeda dengan kedua situs freelance sebelumnya, Projects.co.id tidak hanya menawarkan jasa freelance. Projects.co.id juga berperan sebagai platform jual-beli produk digital, seperti e-Book, desain kaos, template website, dan lain-lain. Selain itu, fitur unik yang mungkin hanya bisa ditemui di situs ini adalah fitur Affiliate Referral-nya. Fitur Affiliate Referral ini memungkinkan kamu mendapatkan komisi sebesar 10-20% dari harga proyek apabila kamu merekomendasikan proyek tersebut pada temanmu. Untuk mendapatkan komisi tersebut, kamu harus memberikan URL dari proyek tersebut ke temanmu ya. Dari URL tersebut lah Projects.co.id mampu melacak orang-orang yang mendaftar ke proyek yang kamu rekomendasikan.

 

Kreavi

Tampilan Website Kreavi

Website Kreavi (Sumber: kreavi.com)

Sebenarnya, kreavi.com merupakan tempat komunitas kreatif untuk dapat menjalin networking dan memamerkan karyanya. Akan tetapi, situs ini juga memiliki sejumlah proyek untuk menambah penghasilan para anggotanya. Berbeda dengan situs freelance lainnya yang memiliki opsi proyek dari berbagai industri, Kreavi merupakan platform freelance yang diperuntukkan bagi para pegiat industri kreatif. Mulai dari desain grafis, copywriting, game design, hingga beragam jenis pekerjaan industri kreatif lainnya bisa kamu temukan di situs freelance yang satu ini. Jadi, buat kamu yang ingin terjun ke dunia industri kreatif, yuk langsung mampir ke kreavi.com!

 

Upwork

Tampilan Website Upwork

Website Upwork (Sumber: upwork.com)

Nah, situs freelance yang terakhir ini cocok untuk kamu yang sudah lama bergelut di dunia freelancing atau kamu yang sudah siap untuk go international nih! Pasalnya, situs freelance yang satu ini menawarkan proyek-proyek di level internasional. Untuk mempermudah komunikasimu dengan klien, Upwork juga sudah menyediakan fitur komunikasi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana caramu menghubungi klien.

Selain itu, pembayaran proyek melalui Upwork tidak hanya dapat dilakukan per proyek, tapi kamu juga memiliki opsi untuk pembayaran yang dilakukan per jam. Upwork juga menjamin keamanan proyek yang terdapat di situs mereka, kerena Upwork memiliki fitur untuk mendeteksi keahlian khawatir. Oleh karena itu, meskipun proyek-proyek yang ditawarkan bisa berasal dari luar negeri, kamu tidak perlu ragu ya untuk menggunakan Upwork!

Itu dia kelima situs freelance yang bisa kamu kunjungi, Sobat FILE. Apakah kamu sudah pernah mengerjakan proyek dari salah satu situs di atas? Atau mungkin kamu menjadi tertarik untuk mencoba freelancing? Bagikan cerita kamu di kolom komentar yuk!

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT