fbpx

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Halo, Sobat FILE! Setiap orang di dunia ini, pasti selalu ingin sehat ya. Namun, dengan kesibukan kita sehari-hari, terkadang kita menjadi lupa untuk memikirkan kesehatan tubuh kita sendiri. Sering...
Pola hidup sehat

Halo, Sobat FILE! Setiap orang di dunia ini, pasti selalu ingin sehat ya. Namun, dengan kesibukan kita sehari-hari, terkadang kita menjadi lupa untuk memikirkan kesehatan tubuh kita sendiri. Sering kali kita terlalu sibuk bekerja sampai akhirnya tubuh kita rentan terkena berbagai jenis penyakit. Jika sudah demikian, kita sendiri yang jadi merasa rugi ‘kan? Kita jadi tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, dan bahkan mungkin harus mengeluarkan biaya untuk pergi ke dokter. Uang yang sudah kita cari pun jadi tidak bisa kita nikmati karena kondisi tubuh yang tidak fit. Maka dari itu, FILE mau mengingatkan kamu nih untuk menjaga pola hidup sehat! Yuk, simak beberapa cara yang sudah FILE rangkum untuk kamu!

Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang banyak

Nah, anjuran untuk meminum air putih ini pastinya sudah tidak asing di telinga kamu ya. Walaupun terdengar sepele, sebenarnya air putih itu penting sekali loh untuk tubuh kita. Tentunya kamu sudah pernah mendengar perintah yang berbunyi, “Minumlah 8 gelas air putih dalam sehari”. Kamu juga sudah tahu ‘kan bahwa 8 gelas air putih itu setara dengan 2000 ml atau 2 liter? Nah, kadar tersebut adalah kadar air rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari. Oleh karena itu, usahakan kamu selalu  memenuhi kebutuhan airmu dalam sehari ya! 

Oh ya, minum air hangat itu lebih baik loh daripada air dingin! Air hangat ternyata memiliki banyak sekali manfaat seperti melancarkan pencernaan, melegakan hidung, tersumbat sampai menurunkan berat badan. Di luar itu juga masih banyak hal yang dapat dilakukan oleh air hangat loh. Jadi, yuk, mulai sekarang kita biasakan minum air hangat!

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup

Sobat FILE, istirahat yang cukup juga tidak kalah penting ya dengan tips-tips yang lain. Dengan kita beristirahat, tubuh dan juga organ-organ kita dapat beristirahat juga. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan istirahat kita adalah dengan tidur yang cukup. Untuk seukuran orang dewasa, dibutuhkan sekitar 7-9 jam per malamnya. Mungkin kita tidak merasakan dampak dari kurang tidur secara langsung, tapi ternyata kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan hal-hal seperti di bawah ini loh!

Bahaya kurang tidur

Bahaya kurang tidur (Sumber: p2ptm.kemenkes.go.id)

Oleh karena itu, sesibuk apapun pekerjaan kamu, utamakan kesehatan kamu dahulu ya! Usahakan untuk memenuhi waktu rata-rata yang dibutuhkan manusia untuk beristirahat. Namun, jangan sampai tidur berlebihan juga ya! Menurut studi, tidur lebih dari 8 jam secara konsisten, dapat menurunkan konsentrasi seseorang. Jadi, atur waktu tidurmu sesuai dengan kebutuhan ya!

Teratur Dalam Berolahraga

Teratur dalam berolahraga

Teratur dalam berolahraga

Menurut studi, rutin berolahraga memberikan efek yang baik bagi tubuh kita, misalnya menurunkan resiko terkena penyakit, membuat tubuh menjadi lebih bugar, juga membantu menurunkan berat badan. Di zaman serba digital ini, kita dapat berolahraga di mana saja. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kita untuk berolahraga dengan peralatan yang seadanya, bahkan tanpa peralatan sama sekali.

Misalnya, pada saat bangun pagi atau waktu luang di sore hari, kamu bisa melakukan pemanasan, lalu lari kecil di sekeliling rumah. Dengan meluangkan sedikit waktu, hanya sekitar 15-30 menit, kita sudah bisa ‘kan menjalankan pola hidup sehat? Dengan begitu, kamu sudah membantu tubuhmu untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit!

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Selain memenuhi kebutuhan cairan kita, kita juga harus bisa menjaga pola makan kita sehari-hari ya. Tidak hanya asupan air putih, makanan yang kita konsumsi setiap harinya pasti mempengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Oleh karena itu, menjaga pola makan tidak kalah pentingnya dengan memenuhi kebutuhan cairan kita sehari-hari. 

Lalu, asupan makanan yang sehat itu seperti apa sih? Yang pertama, pastinya asupan makanan tersebut memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna ya, Sobat FILE. Jadi, pastikan bahwa makananmu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan juga lemak. Akan tetapi, tidak sembarang lemak, pastikan bahwa lemak yang kamu konsumsi adalah lemak baik ya. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi makanan yang mengandung gula dan pengawet. 

Untuk memenuhi kebutuhan vitaminmu, kamu dapat memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Para ahli menyarankan kita untuk memakan 5-7 porsi sayur dan buah dalam sehari. Namun, kebanyakan orang pasti akan kesulitan ya untuk melakukan hal tersebut. Maka, cobalah untuk setidaknya setiap kali kamu makan, sediakan tempat bagi sayur-sayuran di piring kamu. Juga, biasakan untuk mengonsumsi 1 buah dalam sehari.

Hindari Rokok dan Alkohol

Dampak negatif rokok

Dampak negatif rokok (Sumber: p2ptm.kemenkes.go.id)

Bagi kamu yang masih merokok, yuk mulai berhenti. Mengapa? Karena sudah jelas sekali bahwa zat-zat kimia didalam rokok dapat membahayakan tubuh kita. Penelitian juga telah membuktikan bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari kanker paru-paru hingga kanker mulut. Selain itu, dengan merokok, kita tidak hanya membahayakan diri kita sendiri loh. Kita juga dapat membahayakan orang-orang di sekeliling kita dengan menjadikan mereka perokok pasif. Penyakit yang menghantui perokok aktif juga berlaku untuk perokok pasif loh, seperti yang tertera pada gambar di atas.

Dampak negatif alkohol

Dampak negatif alkohol (Sumber: p2ptm.kemenkes.go.id)

Selain rokok, alkohol juga sama buruknya ya. Memang ada informasi bahwa minum alkohol dalam kadar yang sedikit dapat menurunkan resiko terkena penyakit seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung. Namun, tetap saja efek dari zat-zat yang terkandung dalam alkohol berbahaya bagi tubuh kita, seperti tertera pada gambar sebelumnya. Jadi, cobalah untuk mengurangi rokok dan alkohol ya!

 

Nah, kelima tips di atas merupakan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Tidak heran ada pepatah mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, karena kesehatan memang mahal harganya ‘kan? Jadi, yuk mulai perhatikan kesehatan tubuh kita sebelum terlambat! Kalau kamu punya tips lainnya untuk menjaga pola hidup sehat, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
Lifestyle
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT