Satu Kebiasaan yang Dapat Membuat Kamu Menjadi Pebisnis Paling Produktif

Sebagai seorang pebisnis kamu pastinya ingin selalu produktif tiap harinya. Untuk dapat meraih target bisnis kamu, kamu harus bisa melakukan semua hal secara optimal. Pembelajaran adalah kegiatan yang tidak...

Sebagai seorang pebisnis kamu pastinya ingin selalu produktif tiap harinya. Untuk dapat meraih target bisnis kamu, kamu harus bisa melakukan semua hal secara optimal. Pembelajaran adalah kegiatan yang tidak akan berhenti dan  terus berjalan, siapapun setiap harinya pasti belajar sesuatu yang baru. Self-education adalah satu kebiasaan yang perlu kamu latih, karena kebiasaan untuk belajar dan mengedukasi diri kita sendiri mendorong tingkat produktivitas kita serta mendorong kita untuk bermimpi lebih tinggi.

Hanya dengan satu kebiasaan ini, dengan komitmen kamu untuk terus belajar, kamu bisa mendapatkan hal-hal berikut:

 

1. Hemat Waktu dan Biaya

24 jam untuk seorang entrepreneur tidaklah cukup. Dengan komitmen kamu untuk self-education, kamu dapat menghemat berminggu-minggu waktu dan bahkan menghemat biaya. Bagaimana caranya?

Mari kita lihat salah satu contoh sukses dari penerapan hal ini, yaitu Jack Ma, founder Alibaba. Di masa mudanya ia mengendarai sepedanya selama 45 menit menuju sebuah hotel setiap harinya, hanya untuk memperdalam kemampuan berbahasa Inggrisnya. Ia melakukan hal ini selama 9 tahun sejak ia berumur 12 tahun.

Ia menjadi sangat pandai berbahasa Inggris, dan menjadi seorang guru di Cina. Kegigihannya untuk belajar secara mandiri menjadi salah satu alasan Jack Ma menjadi sukses. Banyak alasan lain ia bisa sukses yang bisa kamu lihat di artikel berikut.

Jika misalnya kamu ingin membangun sebuah aplikasi yang berharga miliaran rupiah, berarti kamu perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai pemrograman dan juga desain user interface sebelum memulai. Walaupun pembelajaran tersebut akan mengambil waktu yang tidak singkat, investasi ini akan membantu kamu mengehemat berjam-jam dan jutaan rupiah ketika kamu memulai bisnis tersebut karena kamu telah memiliki pengetahuan-pengetahuan dasar yang dibutuhkan.

Seorang pebisnis yang cerdas akan sadar kalau investasi mereka kepada edukasi akan menyukseskan mereka secara jangka pendek dan jangka panjang.

 

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Menjadi seorang entrepreneur, kamu pasti akan menghadapi banyak tantangan, apalagi jika kamu ingin bisnismu terlihat mencolok di antara puluhan hingga ratusan bisnis lainnya. Akan selalu ada kesulitan dan saat-saat dimana kamu merasa ingin menyerah dan kalah dengan keraguan kamu.

Mempelajari sesuatu yang baru dan mengaplikasikannya untuk melewati tantangan-tantangan yang hadir di depanmu  dapat memberi kamu dorongan percaya diri. Telah terbukti bahwa ada hubungan antara edukasi dan percaya diri.

 

3. Membuka Peluang Baru

Sebagai seorang entrepreneur, kamu tidak dapat memprediksi pasti bisnis baru ataupun oportunitas personal apa yang bisa kamu dapatkan di luar comfort zone kamu. Dengan kamu mempelajari hal-hal yang bahkan di luar kebiasaan ataupun yang tidak berhubungan dengan apa yang biasanya kamu hadapi, kamu dapat membuka dunia lain untuk kamu berbisnis.

Jika misalnya kamu memiliki bisnis real estate atau perumahan, lalu kamu mempelajari dasar-dasar dari panel solar dan dampaknya terhadap lingkungan, sama seperti Daniel Neiditch, kamu dapat menjadikan ilmu itu untuk bisnis kamu dimana kamu dapat berbicara tentang topik tersebut dengan lancar, serta menggunakan ilmu tersebut dalam bisnis kamu. Dengan kamu mempelajari banyak hal, kamu akan membuka pintu-pintu lain mau itu secara personal maupun profesional.

 

4. Mengasah Skill dan Kebahagiaan

Dalam berbisnis, pasar dan lingkungan kamu akan terus berubah dan berkembang dengan pesat. Kamu harus terus waspada dengan keadaan pasar, pelanggan, dan klien-klien kamu. Jika kamu berhenti belajar ataupun membaca sejenak pun, kamu bisa tertinggal.

Menginvestasikan waktu ke self-education dapat menjaga agar skill kamu tetap tajam, mudah beradaptasi, dan siap siaga setiap saat. Tidak hanya itu, dengan kamu terus belajar secara konsisten, kamu sebagai seorang individu juga akan merasa lebih senang dan bahagia.

 

5. Mahir Berbisnis

Berbisnis bisa mengambil banyak waktu dan fokus kamu. Kamu akan mudah tenggelam ke dalam tanggung jawab dan kesibukan. Di saat itulah kamu bisa menunjukan kelemahan kepada kompetitor kamu.

Maka itu self-education sangatlah penting. Menemukan ide-ide baru yang mungkin tidak berhubungan dengan bisnis kamu dapat mengeluarkan kreativitas kamu dan memberi kamu perspektif akan bisnis kamu yang bisa terlewatkan. Membuka oportunitas-oportunitas baru untuk meng-upgrade bisnis kamu.

 

Nah, jadi itu dia satu kebiasaan yang sangat penting untuk dimiliki seorang entrepreneur. Jadi untuk kamu yang ingin terus produktif di saat ingin membangun maupun sedang mengelola bisnis kamu, jangan lupa untuk menambah ilmu kamu serta memberi pandangan-pandangan lain yang dapat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis kamu.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT