App Store Optimization: 6 Tips untuk Meningkatkan Jumlah Pengunduh Aplikasimu

Jika kamu tertarik membuat aplikasi mobile untuk startup-mu, tantangan yang akan kamu hadapi selain membuat aplikasi itu sendiri adalah, memastikan bahwa orang-orang melihat dan mengunduh aplikasi yang telah kamu...

Jika kamu tertarik membuat aplikasi mobile untuk startup-mu, tantangan yang akan kamu hadapi selain membuat aplikasi itu sendiri adalah, memastikan bahwa orang-orang melihat dan mengunduh aplikasi yang telah kamu buat. Karena itulah kamu perlu melakukan app store optimization (ASO).

App store optimization atau optimasi app store, adalah metode yang paling hemat biaya untuk menambah jumlah pengunduhan aplikasimu, dikarenakan 2 alasan:

  1. Menurut Forrester, 63 persen dari seluruh pengunduhan aplikasi berasal dari penelusuran dalam app store. Hal ini berarti dengan mengoptimasi aplikasimu agar dapat dengan mudah ditemukan melalui search, kamu dapat menambah jumlah unduhan aplikasimu secara signifikan.
  2. Metode ini gratis. Jika kamu dapat dengan efektif menjalankan strategi app store optimization, kamu bisa mendapatkan banyak organic install untuk aplikasimu, yaitu instalasi yang didapat semata-mata karena pengguna sangat tertarik dengan aplikasi tersebut, sehingga memutuskan untuk mengunduh dan menginstalasinya.

Jadi, jangan terburu-buru menggunakan iklan berbayar untuk mempromosikan aplikasimu. Berikut beberapa tips app store optimization yang dapat kamu terapkan:

 

1. Tentukan Nama Aplikasi yang Tepat

Nama dari aplikasimu (app title ) berperan paling besar di antara meta-data aplikasimu yang digunakan dalam algoritma ranking app store, karena itu pilihlah nama yang tepat. Tools seperti SensorTower dan AppAnnie dapat memberikan informasi-informasi akurat mengenai traffic serta kesulitan dari kata-kata kunci tertentu yang terdapat dalam nama aplikasimu. Hal lain yang perlu kamu ingat adalah jangan terlalu memenuhi nama aplikasimu dengan kata kunci (keyword ) karena app store bisa menolak aplikasi tersebut.

 

2. Selalu Menyesuaikan Kata Kunci yang Kamu Gunakan untuk Aplikasimu

Kamu disarankan untuk selalu menyesuaikan kata kunci yang kamu gunakan untuk aplikasimu berdasarkan traffic dan jumlah unduhan yang telah kamu dapat. Misal, jika kamu merasa aplikasimu telah diunduh oleh sangat banyak orang, kamu bisa menggunakan kata-kata kunci yang lebih kompetitif untuk mendapatkan lebih banyak traffic lagi. Namun jika kamu masih baru meluncurkan aplikasi tersebut, gunakanlah kata-kata kunci yang memiliki tingkat kesulitan rendah/tidak terlalu kompetitif (dapat kamu analisis melalui tools seperti SensorTower dan AppAnnie). Mungkin juga terdapat kata-kata kunci yang tidak umum ditargetkan orang tetapi memiliki traffic yang cukup baik.

 

3. Lokalisir Aplikasimu Berdasarkan Negara

Setiap app store dipisahkan secara geografis berdasarkan negara. Karena itu kamu disarankan untuk melokalisir aplikasimu untuk mengoptimasinya agar dapat ditemukan di berbagai penjuru bahasa. App store memperbolehkan kamu untuk mengubah meta-data dalam aplikasimu tergantung di negara mana pengguna mencari aplikasimu. Beberapa perusahaan kini menggunakan gabungan Google Translate dan native speaker (orang-orang yang berasal dari negara bersangkutan) untuk membantu melokalisir aplikasi mereka. Proses lokalisir ini merupakan aspek yang cukup besar untuk dapat meningkatkan presence atau kehadiran aplikasimu secara global.

 

4. Pastikan Gambar dan Kata-Kata yang Kamu Gunakan Menarik Pengguna

Setelah orang-orang dapat menemukan aplikasimu, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa mereka mengunduhnya. Untuk mengoptimasi proses konversi ini, kamu harus menggunakan gambar-gambar beserta caption yang menarik. Hal yang terkesan kecil ini nyatanya dapat meningkatkan persentase jumlah pengunduh aplikasimu.

 

5. Perhatikan Rating, Review, dan Description Aplikasimu

Rating dan review memang tidak berpengaruh banyak terhadap tingkat seberapa mudah ditemukannya aplikasimu di app store, tidak seperti kata kunci atau keyword. Namun hal-hal ini berpengaruh besar terhadap jumlah orang yang mau mengunduh aplikasimu. Kebanyakan orang pastinya lebih percaya untuk mengunduh aplikasi yang memiliki ulasan positif. Pastikan juga bahwa aplikasimu memiliki deskripsi yang jelas mengenai apa yang dapat dilakukannya.

 

6. Terus Melakukan Pengujian dan Pantau Data yang Didapat

App store optimization adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan banyak pengalaman serta pengujian. Karena itu teruslah mencoba-coba berbagai kata kunci setelah beberapa waktu berlalu, serta menguji mana gambar serta deskripsi yang lebih efektif untuk meningkatkan jumlah pengunduh. Selalu pantau data hasil dari pengujian-pengujian yang telah kamu lakukan agar kamu dapat mengetahui dengan jelas mana saja yang tepat untuk aplikasimu.

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT