fbpx

Fitur Baru Google Duo untuk Kamu yang Berkegiatan dari Rumah

Hai, Sobat FILE! Beberapa waktu ini, layanan video conference sangatlah berperan penting bagi masyarakat. Layanan video conference ini digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan selama masa Work From Home yang telah...

Hai, Sobat FILE! Beberapa waktu ini, layanan video conference sangatlah berperan penting bagi masyarakat. Layanan video conference ini digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan selama masa Work From Home yang telah dilakukan kurang lebih selama 1 bulan ini. Kegiatan yang dilakukan sangatlah beragam, mulai dari melakukan meeting sederhana hingga membuka online class untuk para siswa dan mahasiswa. Dari sini, kita dapat melihat betapa pentingnya layanan video conference pada situasi sekarang bukan? 

Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang memiliki produk berupa aplikasi video conference sedang naik daun nih. Salah satu perusahaan tersebut adalah Google. Google sendiri memiliki dua aplikasi untuk melakukan layanan video conference, yaitu Google Meet dan Google Duo. Pada artikel kali ini, FILE akan berfokus pada salah satu layanan video conference milik Google yang berfokus pada platform mobile, yaitu Google Duo.

Baru-baru ini, Google telah meng-update aplikasi Google Duo-nya. Pada update tersebut, Google menghadirkan 4 fitur baru Google Duo bagi para penggunanya loh! Penasaran dengan keempat fitur baru tersebut? Yuk, langsung kita simak pembahasannya!

Capture Foto Saat Call

Fitur capture foto saat call

Fitur capture foto saat call (Sumber: xda-developers.com)

Dengan kehadiran fitur ini, sekarang kalian dapat meng-capture momen saat melakukan call bersama teman ataupun anggota keluargamu pada Google Duo. Dengan adanya fitur ini, kita jadi bisa menyimpan momen yang terjadi selama call berlangsung loh! Serta kamu nantinya dapat  membagikan hasil capture tersebut kepada orang yang call bersama kita. Namun, sayangnya fitur ini belum mendukung pada group call.

Group Call

Group call pada Google Duo

Group call pada Google Duo (Sumber: selular.id)

Meskipun nama aplikasinya menggunakan kata ‘Duo’, tetapi kenyataannya aplikasi ini sekarang dapat melakukan group call hingga 12 orang. Fitur group call ini di-update dari yang sebelumnya maksimal hanya 4 orang saja. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengadakan meeting kecil hingga 12 orang. Meskipun jumlah yang dapat ditampung selama group call termasuk kecil, tapi Google Duo berani menjamin kualitas videonya selama berlangsung loh!

Menyimpan Pesan

Menyimpan pesan di Google Duo

Menyimpan pesan di Google Duo (Sumber: xda-developers.com)

Google Duo sekarang menyediakan opsi untuk menyimpan pesan selama call berlangsung loh Sobat FILE! Fitur ini memperbolehkan pengguna untuk menyimpan pesan sementara hingga satu hari setelah call berlangsung. Pesan yang disimpan dapat berbentuk foto, video singkat, teks, ataupun screen doodles. Dengan adanya fitur ini, pastinya kita sangat terbantu karena dapat melihat percakapan-percakapan penting yang perlu dicatat selama video conference berlangsung ya. Apalagi, jika video conference tersebut digunakan untuk hal-hal krusial seperti meeting dengan klien.

Peningkatan Kualitas Video

Peningkatan kualitas video dengan AV1

Peningkatan kualitas video dengan AV1 (Sumber: selular.id)

Fitur terbaru yang terakhir dari Google Duo ini adalah peningkatan kualitas dari video selama call berlangsung. Hal ini dapat terjadi karena Google menerapkan codec baru yaitu, AV1. Codec tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan kualitas video yang telah di-compress sedemikian rupa tanpa menghilangkan kualitas dari gambar video tersebut. Dengan demikian, kualitas video call dapat tetap terjaga meskipun koneksi internet pengguna mengalami gangguan atau ketika pengguna menghidupkan fitur data saving mode.

 

Nah, bagaimana Sobat FILE? Apakah fitur baru Google Duo membuat kamu tertarik untuk mencoba menggunakan Google Duo? Atau mungkin kamu memiliki preferensi aplikasi video conference lain selain Google Duo? Yuk, bagikan alasanmu di kolom komentar!

Bagikan ke sesama!
Categories
Apps
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT