Pentingnya Self-Study, dan 7 Skill yang Dapat Kamu Pelajari Secara Online

Sebagai seseorang yang  berambisi untuk memulai bisnis sendiri, atau ingin menjadi entrepreneur, banyak skill yang ada baiknya jika kamu pelajari dan kamu kembangkan. Terkadang atau bahkan seringkali, skill-skill yang...

Sebagai seseorang yang  berambisi untuk memulai bisnis sendiri, atau ingin menjadi entrepreneur, banyak skill yang ada baiknya jika kamu pelajari dan kamu kembangkan. Terkadang atau bahkan seringkali, skill-skill yang kamu butuhkan ini mungkin tidak tersedia ketika kamu menginjakkan kaki di perkuliahan. Bahkan mungkin saja ada beberapa di antara kamu yang masih mahasiswa, merasa tidak “srek” dengan jurusan kamu saat ini, dan lebih memilih untuk membangun bisnismu sendiri yang tidak relevan dengan jurusan yang kamu tempuh. Untuk kamu yang mengalami hal ini, jangan khawatir. When it comes to starting a business, the will to learn is the most important attitude.

Bagi kamu yang ingin menjadi entrepreneur, selain mendapatkan ilmu dan skill dari pendidikan yang sedang atau telah kamu tempuh, kamu dapat melengkapi ilmu-ilmu tersebut dengan belajar mandiri, atau self-study, dimana kamu mempelajari sendiri hal-hal penting yang tidak diajarkan kepada kamu. Beberapa kelebihan dari self-study :

  1. Memperluas pandangan dan kemampuan menalarmu.
  2. Kamu memiliki kebebasan dalam kegiatan belajarmu. Tak hanya itu, kamu dapat belajar dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuanmu, atau learning at your own pace.
  3. Dapat menjadi lebih menyenangkan dibandingkan pengajaran biasa oleh institusi pendidikan formal.
  4. Kamu bisa selalu mempelajari hal-hal yang penting dan relevan (yang memang ingin kamu pelajari) dibandingkan sekedar teori yang belum tentu akan kamu gunakan atau implementasikan.
  5. Kegiatan self-study dapat melatih serta mengembangkan attitude dan etika kerjamu. Karena dalam self-study, kamu melatih diri untuk menjadi disiplin, memenuhi target, serta menyaring informasi.
  6. Kamu dapat melatih rasa tanggung jawabmu karena pada kegiatan self-study, kamulah yang menentukan berapa banyak ilmu yang ingin kamu kembangkan, dan tergantung dari kamu jugalah apakah kamu dapat menyerap ilmu-ilmu tersebut.
  7. Dapat dilakukan oleh semua orang, di segala usia.

Tak hanya itu, self-study adalah pembelajaran seumur hidup, sehingga sangat penting untuk dilakukan oleh siapapun. Apalagi bagi kamu yang ingin membangun bisnis, atau telah memiliki dan menjalankan bisnis. Zaman terus berkembang, begitu juga dengan ilmu. Jangan pernah biarkan dirimu ataupun bisnismu tertinggal oleh perkembangan zaman tersebut. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang pesat, ilmu-ilmu baru terus bermunculan.

Nah, bagi kamu calon-calon entrepreneur ataupun yang sudah memiliki bisnis sendiri dan tertarik untuk melakukan self-study, namun masih bingung apa saja skill yang sebaiknya kamu kembangkan, File telah merangkum skill-skill apa saja yang menarik untuk kamu latih dan pelajari, sekaligus dimana saja kamu dapat mempelajarinya secara online. Perlu dicatat bahwa daftar ini lebih fokus kepada hard skills dibandingkan soft skills:

 

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu aspek terpenting kegiatan marketing, karena dengan SEO, usaha atau produk yang kamu miliki dapat muncul, bahkan sebagai hasil pencarian teratas, ketika orang-orang mencarinya di search engine (seperti Google) dengan istilah atau rangkaian kata pencarian yang relevan dengan bisnis tersebut. SEO dapat juga digunakan untuk meningkatan traffic pengunjung ke situs web-mu dengan efektif. Beberapa situs yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari SEO yaitu MOZ, Search Engine Land, Marketing Land, dan tentu saja Search Engine Optimization Guide dari Google sendiri.

 

2. Web Development

Banyak alasan mengapa memiliki situs web sangat penting bagi bisnis kamu, yang dapat kamu baca di artikel berikut. Dan jika kamu merasa bahwa kamu ingin mengembangkan situsmu sendiri untuk bisnismu, kamu dapat belajar sejak dini. Tidak hanya itu, kemampuan ini juga dapat kamu manfaatkan jika kamu memiliki passion dan ingin menjadi seorang web developer. Beberapa situs dimana kamu dapat mempelajari web development yaitu treehouse, Lynda, Codeacademy, dan Tuts Plus.

 

3. Online Marketing

Jika pada poin pertama merupakan kegiatan marketing melalui search engine, poin ini berbicara soal kegiatan marketing pada media online secara keseluruhan, yaitu bagaimana memasarkan produkmu secara efektif melalui media sosial dan iklan atau ads. Kegiatan ini sangat penting untuk memperkenalkan produk atau bisnismu kepada orang banyak serta membangun presence dari bisnismu. Beberapa situs dimana kamu dapat mempelajari online marketing yaitu Google Online Marketing Challenge, PanduanIM, CopyBlogger Marketing Email Course, dan HubSpot : Inbound Marketing Training.

 

4. Email Marketing

Wah, banyak poin yang berbicara soal marketing dalam daftar ini ya, dan ini wajar karena kegiatan marketing memang sangat krusial untuk bisnis kamu. Salah satunya yaitu email marketing, dimana kamu mengirimkan konten marketing atau sales letters ke email target pelangganmu untuk menarik mereka ke situsmu. Atau secara general, agar mereka tertarik membeli produk dan jasamu. Email marketing juga merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menjaga customer relationship. Beberapa situs dimana kamu dapat mempelajari email marketing yaitu tutorialspoint : Email Marketing Tutorial, Online Marketing Institute, dan Comm100 : Email Marketing Tutorial.

 

5. Language

Fasih dalam berbagai bahasa merupakan sebuah kelebihan yang sangat baik untuk kamu miliki, atau usahakan untuk miliki. Sebagai entrepreneur, kemampuan ini juga sangat penting terutama bagi kamu yang ingin bisnismu dikenal secara internasional. Mengapa? Karena dalam memulai maupun menjalankan bisnis, kamu akan bertemu dengan banyak orang, dan tidak mustahil jika kamu akan bertemu, bahkan “berurusan” dengan orang-orang dari mancanegara. Mungkin mereka adalah orang-orang yang berpotensi untuk memodali bisnismu, atau menjadi mitra kerjamu, bahkan menjadi pelangganmu. Tidak hanya itu, mempelajari bahasa asing juga secara tidak langsung melatih dirimu untuk menjadi “orang yang lebih baik”. Wah, mungkin ini terkesan berlebihan, namun hal ini memang benar. Dengan mempelajari bahasa asing, kamu secara tidak langsung melatih dirimu untuk berani mencoba hal-hal baru, mengembangkan sikap toleransi, memperluas perpektif, dan mengembangkan kemampuan sistemikmu. 2 situs yang cukup terkenal untuk mempelajari berbagai bahasa yaitu Duolingo dan Memrise. Tidak hanya itu, kedua situs ini juga tersedia sebagai aplikasi mobile.

 

6. Statistical Data Analysis

Menganalisis data adalah kegiatan yang sangat penting ketika menjalankan bisnis, baik data penjualan, pengeluaran, pelanggan, karyawan, traffic, dll. Inti dari kegiatan analisis yaitu mencari tahu hubungan antar variabel-variabel tertentu, dan hasil analisis ini sangat berguna bagi kamu untuk digunakan sebagai acuan bagaimana memperbaiki masalah-masalah yang terjadi dalam proses bisnismu. Beberapa situs dimana kamu dapat mempelajari statistik maupun analisis data yaitu Stat Trek, tutorialspoint : Statistics Tutorial, dan Udacity : Intro to Statistics. Kamu juga dapat mempelajari bagaimana menggunakan berbagai online data anlytical tools seperti Tableau Public dan KNIME.

 

7. Psychology and Human Behavior

Kamu mungkin berpikir, “saya bukan anak jurusan psikologi, kenapa saya harus mempelajari ini?”.  Ketika kamu menjadi entrepreneur, memahami psikologi sebenarnya sangat berguna untuk berbagai hal. Misalkan, ketika kamu ingin mempekerjakan orang dalam usahamu. Bagaimana caranya memilih pegawai yang benar? Apakah yang menjadi tanda bahwa orang tersebut memiliki attitude yang sesuai dengan caramu memimpin? Atau mungkin ketika kamu harus melakukan negosiasi dengan berbagai pihak. Bagaimana cara bernegosiasi yang tepat? Bagaimana cara meng-handle orang yang memiliki sikap keras kepala? Dan seterusnya. Mempelajari tingkah laku manusia secara keseluruhan sangat berguna, bahkan penting bagi kamu karena dapat digunakan di berbagai situasi yang krusial. Intinya dengan mempelajari psikologi, you know how to handle people with the right way. Beberapa situs dimana kamu dapat mempelajari atau membaca berbagai artikel psikologi yaitu, verywell dan Psychology Today.

 

Ketika kamu membaca daftar ini, mungkin kamu berpikir : “kenapa saya tidak mempekerjakan saja orang-orang yang memang sudah mahir di bidang-bidang tersebut?”. Memang tidak salah jika kamu berpikir demikian. Namun, dengan kamu mempelajari hal-hal ini sendiri, kamu tidak hanya mengembangkan dan memperluas pengetahuanmu, kamu juga menghindari dirimu untuk “ditipu” oleh orang-orang yang kamu pekerjakan untuk melakukan hal-hal tersebut.  Tak hanya itu, kamu dapat mengevaluasi sendiri pekerjaan mereka karena kamu mengerti dan paham. Kamu dapat menilai apakah yang mereka kerjakan dan hasilkan benar atau tidak. Dan jika kamu tahu cara melakukan hal-hal ini sendiri, kamu dapat menghemat banyak modal karena kamu tidak perlu mempekerjakan karyawan-karyawan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ini, terutama jika bisnismu masih sangat baru. Yang harus kamu ingat, tidak ada yang salah dari mencoba untuk mempelajari banyak hal, bahkan dengan hanya mempelajari dasar-dasar dari skill-skill yang ada di atas. The rest is up to your will and passion. Lakukanlah yang kamu pikir terbaik untuk dirimu dan bisnismu. Dan tentu saja, have fun learning!

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT