fbpx

Pembayaran Cashless : Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

Halo, Sobat FILE! Mungkin kamu sudah tahu bahwa di era industri 4.0 perkembangan teknologi sangat cepat. Masyarakat di kota besar sudah dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang fisik lagi,...
pembayaran cashless

Halo, Sobat FILE! Mungkin kamu sudah tahu bahwa di era industri 4.0 perkembangan teknologi sangat cepat. Masyarakat di kota besar sudah dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang fisik lagi, gaya hidup masyarakat saat ini mulai beralih ke pembayaran cashless seperti menggunakan fasilitas E-Money atau pembayaran online melalui e-wallet dan internet banking, semakin banyak sarana pembayaran yang memudahkan masyarakat saat ini. 

Yap, karena itulah generasi kita sebenarnya telah memasuki era cashless society! Namun apa itu cashless society?

Apa itu Cashless Society?

Cashless society adalah suatu keadaan ekonomi dimana transaksi keuangan sudah tidak dilakukan dengan uang dalam bentuk uang fisik, melainkan melalui transfer informasi digital antara pihak yang bertransaksi.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Cashless

Setelah kita mengetahui apa itu cashless society, kita tahu bahwa sistem pembayaran cashless ini digunakan karena mempermudah manusia dalam melakukan transaksi. Tapi dalam kenyataannya terdapat hal-hal yang merugikan juga.

Seperti yang pernah diungkap oleh Christian Lous Lange,

Technology is a useful servant but a dangerous master.”

Nah, apa saja pro kontra yang dimiliki dari gaya hidup masyarakat yang perlahan berubah ke pembayaran cashless? Berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan dari sistem cashless.

Kelebihan

Praktis dan Efisien

Bagaimana tidak praktis dan efisien? Kita tidak perlu repot-repot lagi membawa uang fisik karena sudah terdapat dalam smartphone. Selama terhubung dengan jaringan internet, hanya dengan menggunakan smartphone tersebut, kita bisa melakukan banyak hal. Bahkan sekarang sudah ada teknologi QR Code yang memungkinkan kita melakukan berbagai transaksi hanya dengan melakukan scan QR Code pada smartphone saja.

Mempermudah dalam Memeriksa Transaksi

Pernah ngga sih kamu kaget saat tahu bahwa isi dompet kamu sudah hampir habis? Dan gatau kemana saja pengeluaran tersebut? Dengan bertransaksi secara cashless, transaksi kita nantinya akan memiliki transaction record yang dapat dengan mudah dilacak. Transaction record tersebut memiliki informasi yang jelas tentang jumlah transaksi, tempat, dan waktu pengeluaran kita. Hal ini juga menjadi cara agar kita dapat mengontrol transaksi agar lebih tahu akan kondisi keuangan kita.

Promosi dan Diskon

Seperti yang kita lihat di lingkungan sekitar kita, promosi dan diskon adalah strategi pemasaran yang umum bagi suatu bisnis untuk menarik konsumen agar menggunakan produknya. Kita bisa mendapatkan diskon-diskon tambahan yang menarik, dan sedikit-sedikit mulai menghemat keuangan kita.

Kekurangan

Perlunya Pemahaman dan Pengetahuan Teknologi

Sistem cashless mewajibkan penggunanya untuk berinteraksi dan menggunakan perangkat elektronik baik berupa mesin ATM hingga smartphone. Hal ini dapat menjadi kendala bagi sebagian orang yang belum terbiasa menggunakan teknologi. Mungkin kendala ini dapat terjadi pada orang tua atau generasi baby boomer.

Cenderung Lebih Boros

Dengan berbagai kemudahan yang diakibatkan oleh sistem cashless ini, secara tidak langsung tentunya akan berdampak bagi gaya hidup banyak orang dari segi pengeluaran. Salah satu kerugian dari sistem ini adalah kita mengeluarkan uang elektronik secara tidak sadar akan sisa dari saldo keuangan kita. Hal ini mengakibatkan kita cenderung lebih boros terhadap pengeluaran kita.

Keamanan Uang

Seiring berkembangnya teknologi, tindak kejahatan di bidang digital sangat sering ditemukan. Jika penyedia layanan pembayaran nontunai tidak mempunyai sistem keamanan yang baik, bukan hal tidak mungkin jika informasi identitas pribadi pelanggan akan tersebar dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kasus yang sering kita temui di sekitar kita adalah kasus penipuan online dan peretasan rekening bank. Pastikan kamu lebih teliti dalam memilih layanan nontunai ya! Jangan sampai hanya tergiur promo dan diskon yang dijanjikan pemberi layanan tersebut.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari sistem cashless. Semoga dengan penjelasan diatas kita bisa lebih berhemat pada pengeluaran kita dan tetap pada porsi pemakaian yang cukup ya sobat FILE, agar kondisi keuangan kita selalu sehat!

Lihat Juga : Belajar UI/UX : 5 Skill yang Dibutuhkan Saat Kerja di Bidang Ini!

Bagikan ke sesama!
Categories
Finance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT