fbpx

iPhone 11 Rilis September Ini, Cari Tahu Harga hingga Fiturnya!

Halo, sobat FILE! Kalau kamu penggemar sejati Apple, pastinya kamu sudah tau dong bahwa Apple akan segera meluncurkan seri terbaru iPhone dalam waktu dekat? Yup, iPhone 11 rilis pada...
iphone 11 rilis

Halo, sobat FILE! Kalau kamu penggemar sejati Apple, pastinya kamu sudah tau dong bahwa Apple akan segera meluncurkan seri terbaru iPhone dalam waktu dekat? Yup, iPhone 11 rilis pada tanggal 10 September 2019!

Tanggal launching iPhone 11 memang sudah dikonfirmasi oleh Apple, tetapi tanggal pembukaan pre-order dan tanggal release iPhone seri terbaru ini masih sebatas rumor. Berdasar pengamatan terhadap peluncuran seri-seri iPhone sebelumnya, beberapa sumber memprediksikan bahwa pre-order akan dibuka mulai tanggal 13 September 2019 dan kemudian akan mulai sampai di tangan kita pada tanggal 20 September 2019.

Tak tanggung-tanggung, Apple akan langsung mengeluarkan 3 model iPhone 11 sekaligus di tanggal-tanggal tersebut, loh! Ketiga model tersebut berupa iPhone 11, iPhone 11 Max, serta iPhone 11R. Ketiga model iPhone 11 ini bisa dibilang sebagai penerus iPhone XS, iPhone XS Max, dan juga iPhone XR. Menurut rumor yang beredar, tampilan fisik iPhone 11 tidak akan berbeda jauh dengan pendahulunya, yaitu iPhone XS. Dengan demikian, beberapa sumber memprediksikan bahwa ukuran ketiga model iPhone 11 pun akan kurang lebih menyamai ketiga model iPhone XS. Lain halnya dengan perangkat lunak yang mendukung seri iPhone yang baru akan diluncurkan ini. Menurut rumor yang beredar, iPhone 11 akan menjadi perangkat Apple yang berperan sebagai showcase dari iOS 13.

Selain sistem operasinya yang baru, kira-kira di mana ya letak perkembangan signifikan sekaligus fitur unggulan dari iPhone 11? Simak lebih lanjut ya, Sobat!

Tampilan dan Upgrade Baru di Kamera iPhone 11

Dilansir dari berbagai sumber, iPhone 11 digadang-gadang akan menjagokan kameranya, yang diprediksi akan memiliki 3 sensor untuk iPhone 11 dan iPhone 11 Max, serta 2 sensor untuk iPhone 11R. Menurut beberapa prediksi model iPhone 11 yang sudah beredar, kamera di ketiga model iPhone tersebut akan disusun dalam bentuk kotak.

Gambar terkait

Perkiraan susunan kamera iPhone 11 (Source: livemint.com)

Nah, apakah kamu sudah tau apa perbedaan dari ketiga kamera di iPhone 11? Pastinya setiap kamera akan memiliki fungsi khusus ya. Berikut adalah penjabaran fungsi dari ketiga kamera tersebut: salah satu kamera akan berperan sebagai kamera biasa, yang tentunya sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengambil foto dalam keadaan gelap. Satu kamera lainnya akan berfungsi sebagai zoom lens, dan satunya lagi akan berperan sebagai kamera wide-angle. Bahkan, berdasarkan rumor yang beredar, jangkauan lensa wide-angle ini bisa mencapai 120 derajat, loh! Dengan demikian, tampaknya Apple tengah berusaha untuk mengungguli smartphone lainnya dalam fitur pengambilan gambar ya, sobat FILE.

Tapi susunan kamera ini sendiri menimbulkan kontroversi di jagat dunia maya, karena ada yang kurang suka dengan susunan tersebut. Bahkan hingga ada meme atau jokes soal susunan kamera iPhone yang baru ini. Kalau menurutmu sendiri bagaimana, Sobat?

Sudah Mendukung Wireless Charging

Selain fitur kameranya, Apple juga memperlengkapi iPhone 11 dengan beberapa perkembangan kecil, misalnya saja wireless charging yang berlaku dua arah. Maksud dari dua arah adalah, iPhone 11 tidak hanya akan bisa di-charge secara wireless, tetapi juga dapat men-charge perangkat lain (seperti Airpods dan Apple Watch) secara wireless.

Ilustrasi wireless charging iPhone 11 (Sumber: theindianwire.com)

Untuk mendukung kemampuan wireless charging dua arah ini, Apple meningkatkan kapasitas baterai iPhone 11 sebanyak 25% dari iPhone XS. Hal ini dilakukan Apple agar fitur reverse charging tersebut tidak merusak daya tahan baterai dari iPhone 11. Dengan demikian, kapasitas baterai dari ketiga model iPhone 11 kira-kira sebesar: 3200 mAh untuk iPhone 11, 3500 mAh untuk iPhone 11 Max, dan 3000 mAh untuk iPhone 11R.

Di samping reverse charging, Apple juga menggeser fitur 3D Touch dengan Haptic Touch pada iPhone 11 ini. Teknologi 3D Touch ini memang sudah lama dirumorkan akan pensiun karena menggunakan sensor perangkat keras khusus di layar, sehingga Apple tidak bisa menekan harga perakitan iPhone. Dengan adanya Haptic Touch, dukungan ala 3D Touch tetap dapat diberikan oleh Apple tanpa perlu menerapkan perangkat keras tertentu. Fitur Haptic Touch pun tidak berbeda jauh dengan 3D Touch. Apabila dulunya pengguna iPhone perlu menekan layar dengan sedikit tekanan dan ditahan, maka Haptic Touch mengharuskan penggunanya untuk menekan layar dengan durasi beberapa detik kemudian dilepas.

Setelah membahas beberapa spesifikasi untuk iPhone 11, pastinya sobat FILE penasaran juga kan tentang ‘penampilan’ iPhone terbaru ini? Nah, berdasarkan tweet dari Mark Gurman selaku salah satu Apple writer, iPhone 11R akan memiliki beberapa pilihan warna, yaitu hitam, putih, kuning, merah, hijau, dan ungu lavender. Sementara itu, untuk dua model iPhone 11 lainnya, beberapa sumber memprediksikan bahwa akan ada 4 warna yang bisa dipilih, yaitu hitam, putih, gold, dan hijau tua.

Hasil gambar untuk iphone 11 color

Perkiraan warna iPhone 11R (Sumber: youtube.com/MsQueenificent)

Dengan tidak adanya perubahan fitur yang signifikan dari pendahulunya, iPhone 11 ini diperkirakan akan dijual dengan harga yang tidak berbeda jauh pula dengan iPhone XS maupun iPhone X, yaitu sekitar $900. Sementara itu, prediksi harga untuk iPhone 11R masih tergantung dengan kamera yang akan digunakan, mengingat bahwa hanya akan terdapat 2 lensa kamera pada iPhone 11R. Apabila kamera pada iPhone 11R tidak berbeda jauh dengan iPhone 11 dan iPhone 11 Max, harganya dipatok sekitar $749. Angka tersebut bisa jadi lebih tinggi apabila Apple memutuskan untuk menggunakan kamera dengan kualitas yang lebih bagus pada iPhone 11R.

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut fitur-fitur lainnya di Official Youtube Apple saat iPhone 11 rilis di bawah ini.

Itulah beberapa spesifikasi dari sisi perangkat lunak maupun penampilan fisik dari iPhone yang akan segera diluncurkan beberapa hari ke depan ini, sobat FILE! Nah, pasti sudah tidak sabar lagi hingga iPhone 11 rilis di Indonesia. Bagaimana menurut kamu? Apakah ada fitur-fitur tertentu yang kamu harapkan dari iPhone 11, tetapi nyatanya belum diterapkan? Atau spesifikasi iPhone 11 ini sudah memenuhi ekspektasi kamu? Yuk, bagikan pendapat kamu di kolom komentar!

 

Bagikan ke sesama!
Categories
GadgetTech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT