fbpx

OS Linux Terbaik untuk Kamu Coba, Apa Saja Ya?

Halo, Sobat FILE! Pastinya kamu tau ya bahwa operating system merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah teknologi. Operating system merupakan suatu software  yang memegang kendali atas hardware baik...

Halo, Sobat FILE! Pastinya kamu tau ya bahwa operating system merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah teknologi. Operating system merupakan suatu software yang memegang kendali atas hardware baik dari manajemen file hingga operasi-operasi yang dijalankan oleh hardware tersebut. Operating System mempunyai banyak jenis dan arsitektur yang berbeda-beda. Salah satu operating system yang umum digunakan adalah Linux. Operating system Linux sebenarnya ada di mana-mana, contohnya smartphone android, komputer, server, dan lain-lain.

Seringkali, Linux diasosiasikan sebagai operating system untuk programmers. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman, OS Linux semakin dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan customer. Saat ini, OS Linux memiliki banyak jenis ‘distros’ atau ‘flavors’ yang memberikan bentuk penyajian yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk mirip dengan operating system Windows, ada yang berfokus pada keamanannya, ada yang dibuat untuk server, ada yang untuk gaming dan lain-lain. Untuk memudahkan kamu dalam menentukan operating system yang dapat mendukung aktivitasmu, FILE punya 3 rekomendasi OS Linux terbaik yang bisa kamu coba nih! Yuk, langsung kita simak keunggulan dari ketiga OS Linux tersebut!

 

1. Linux Mint

Tampilan OS Linux Mint

OS Linux Mint (Sumber: Wikipedia)

Bila kamu adalah pengguna Windows dan ingin mencoba menggunakan OS Linux, kamu boleh menggunakan distro Linux Mint ini. Linux mint memiliki user interface yang mudah untuk digunakan. Linux mint memiliki banyak jenis desktop environment. Desktop environment sendiri adalah sebuah GUI (Graphical User Interface) pada desktop operating system perangkat keras kita. Variasi yang diberikan oleh Linux mint mulai dari Cinnamon, MATE hingga Xfce. Selain itu kita juga dapat meng-install custom desktop environments melalui APT pada terminal Linux.

Linux Mint sekarang sudah merilis versi 19.3 yang sudah menggunakan LMDE 4. Sebelumnya Linux Mint memiliki permasalahan terhadap Nouveau (Open Source Driver) pada beberapa produk Nvidia. Permasalahan tersebut menyebabkan Nouveau tidak mengenali sama sekali chipset yang digunakan. Linux Mint 19.3 yang sudah memiliki LMDE 4 sudah menambahkan entri baru di menu boot yang dapat langsung menginstall Nvidia driver ketika dijalankan.

 

2. Ubuntu

Tampilan OS Linux Ubuntu

OS Linux Ubuntu (Sumber: thelinuxlaptop.com)

OS Linux terbaik kedua yang menjadi rekomendasi dari FILE sepertinya sudah sering dibicarakan, karena Ubuntu memang menjadi favorit para pengguna yang baru saja masuk ke dunia Linux. Hal ini dikarenakan Ubuntu dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan user. Selain itu, kamu juga tidak perlu meng-install driver lagi karena Ubuntu sudah otomatis meng-install driver yang ada pada hardware kita. Ubuntu dilengkapi dengan inbuilt firewall dan antivirus untuk menghindari spam dan berbagai serangan malware. Secara default, berbagai open source software seperti LibreOffice, Firefox, Thunderbird, Transmission, dan lain-lain sudah ter-install di Ubuntu. Ubuntu juga memiliki Ubuntu Software yang dapat kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi-aplikasi di luar aplikasi-aplikasi default-nya.

Ubuntu juga menyediakan versi LTS dan versi biasa. Versi LTS atau Long Term Support adalah versi yang akan mendapat support dari developer selama 2 tahun. Sementara itu, untuk versi non-LTS-nya, kamu hanya akan mendapat support dari developer selama 6 bulan. Apabila kamu ingin terus memiliki fitur baru, maka kamu dapat meng-install Ubuntu versi non-LTS.

 

3. Ubuntu Studio

Tampilan OS Linux Ubuntu Studio

OS Linux Ubuntu Studio (Sumber: WIkipedia)

Ubuntu studio merupakan distro turunan dari Linux Ubuntu yang diciptakan khusus untuk multimedia. Ubuntu Studio mendukung aplikasi open source yang sering digunakan untuk mengolah audio, video, dan juga grafis. Kini versi terbaru dari Ubuntu Studio adalah Ubuntu Studio 19.10 yang akan terus di-support hingga Juli 2020.

Apabila kamu meng-install Ubuntu Studio, kamu akan mendapatkan berbagai macam aplikasi yang sudah ter-install didalamnya seperti Ardour, Carla, Virtual Guitar Amps, dan aplikasi lainnya untuk pengolahan audio. Untuk aplikasi pengolah grafis, kamu akan mendapat aplikasi open source ternama seperti Blender, Inkscape, Gimp, dan lain-lain. Aplikasi open source seperti Openshot dan FFMPEG juga dapat kamu gunakan pada Ubuntu Studio.

Nah, itulah beberapa OS Linux terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mendukung aktivitas kamu di setiap harinya. Akan tetapi, masih banyak distro OS linux lainnya ya, Sobat FILE. OS Linux memiliki berbagai distro yang memang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan kamu. Misalnya, untuk penetration testing kamu dapat menggunakan Kali Linux dan BlackArch Linux, untuk gaming kamu dapat menggunakan Steam OS dan Linux Console, dan untuk server kamu dapat menggunakan Ubuntu Server. Kalau dari Sobat FILE sendiri yang sudah menggunakan OS Linux, distro apa yang sih kamu gunakan? Kenapa kamu menggunakan OS Linux itu dan apa keunggulannya? Yuk, bagikan ceritamu di kolom komentar ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT