fbpx

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget ala Google

Halo, Sobat FILE! Di era serba teknologi ini, sebagian besar kegiatan kita tidak terlepas dari yang namanya smartphone. Smartphone memang dapat membantu kita dalam berbagai hal, misalnya berkomunikasi dengan...
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget ala Google

Halo, Sobat FILE! Di era serba teknologi ini, sebagian besar kegiatan kita tidak terlepas dari yang namanya smartphone. Smartphone memang dapat membantu kita dalam berbagai hal, misalnya berkomunikasi dengan kerabat, memesan makanan, membeli tiket pesawat, dan sebagainya. Penggunaan smartphone pun tak luput dari tujuan untuk melepas penat sehabis kerja ataupun belajar, misalnya dengan cara bermain game ataupun mendengarkan musik.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa penggunaan smartphone secara berlebihan hingga kecanduan dapat mengakibatkan kesehatanmu terganggu? Mulai dari gangguan pada mata karena terus menatap layar smartphone hingga kurangnya kualitas tidur sehingga mengganggu produktivitas pada hari-hari kerja nantinya.

Untuk mengetahui apakah kamu adalah seseorang yang mengalami kecanduan dalam penggunaan smartphone, ada beberapa pertanyaan dari Alodokter yang bisa kamu tanyakan ke dirimu sendiri. Ini dia pertanyaan-pertanyaannya:

  • Apakah kamu sering merasa tidak nyaman jika gadget tidak bersama kamu?
  • Apakah kamu merasa keberatan atau enggan jika tidak memegang gadget, meskipun hanya sebentar?
  • Apakah kamu sering menggunakan gadget di waktu makan?
  • Apakah kamu kerap memeriksa status atau unggahan (posting) pada gadget di tengah malam?
  • Apakah kamu lebih sering berinteraksi dengan gadget daripada dengan orang lain?
  • Apakah kamu menghabiskan banyak waktu untuk membuat cuitan di Twitter, membalas status-status di Facebook, atau mengirim surel menggunakan gadget sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain?
  • Apakah kamu lebih sering bermain gadget, padahal kamu tahu bahwa seharusnya kamu bisa melakukan hal lain yang lebih produktif?
  • Apakah kamu berkecenderungan untuk menggunakan gadget, padahal sedang sibuk dengan tugas sekolah atau pekerjaan kantor?

Apabila kamu menjawab “Ya“ lebih banyak, maka dapat ada kemungkinan bahwa kamu termasuk ke dalam orang yang mengalami kecanduan gadget.

Nah, kalau kamu ingin mengurangi waktumu bermain gadget, ada 3 cara mengatasi kecanduan gadget ala Google yang bisa kamu coba! Ketiga solusi tersebut dihadirkan dalam bentuk aplikasi, jadi Sobat FILE hanya tinggal men-download-nya dari Play Store. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak ketiga aplikasi yang dimaksud!

 

Screen Stopwatch

 

Tampilan aplikasi Screen Stopwatch

Tampilan aplikasi Screen Stopwatch (Sumber: experiments.withgoogle.com)

Aplikasi ini akan menampilkan wallpaper secara live yang berisikan lamanya waktu penggunaan smartphone kamu. Harapannya, dengan kamu melihat berapa lama penggunaan smartphone kamu, kamu dapat sadar diri untuk tidak terpaku pada smartphone-mu dan melakukan kegiatan lainnya. Aplikasi ini sudah terdapat di Play Store ya, Sobat FILE. Boleh banget nih kamu coba untuk mengurangi waktu bermain gadget-mu!

 

Activity Bubbles

 

Tampilan aplikasi Activity Bubbles

Tampilan aplikasi Activity Bubbles (Sumber: experiments.withgoogle.com)

Fitur yang diberikan oleh aplikasi yang satu ini adalah  menampilkan wallpaper berisikan gelembung. Gelembung tersebut akan melambangkan seberapa sering kamu membuka lock screen smartphone kamu. Semakin sering kamu membuka lock screen, maka semakin banyak gelembung yang menumpuk pada wallpaper-mu. Semakin lama kamu menggunakan smartphone gelembung tersebut akan semakin besar seiring dengan lama penggunaannya. Activity Bubbles juga sudah dirilis di Play Store, sehingga kamu para pengguna Android sudah dapat mengunduhnya di smartphone kamu!

 

Envelope

 

Amplop untuk Envelope

Amplop untuk Envelope (Sumber: experiments.withgoogle.com)

Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, Envelope akan membantumu mengatasi kecanduan gadget dengan sebuah amplop. Envelope menyediakan pdf amplop yang nantinya harus kamu print. Amplop tersebut berukuran sesuai dengan smartphone kamu, sehingga kamu bisa memasukkan smartphone-mu ke dalam amplop. Amplop tersebut didesain sedemikian rupa sehingga dapat membatasi akses fitur-fitur tertentu dalam smartphone-mu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu tetap dapat mengakses beberapa fitur penting. Fitur-fitur yang masih dapat kamu akses di antaranya adalah menelepon, melihat jam, dan mengambil gambar atau video. Hanya saja, kamu tidak dapat langsung melihat hasil dari gambar atau video yang kamu ambil ya. Dengan mengurangi fitur smartphone-mu, diharapkan kamu dapat lebih fokus dalam berkegiatan. Sayangnya, Google masih bereksperimen dengan aplikasi yang satu ini, sehingga aplikasi ini baru dapat digunakan oleh pengguna smartphone Google Pixel 3a.

Nah, itu dia 3 cara mengatasi kecanduan gadget ala Google! Menurutmu, aplikasi manakah yang akan bekerja paling efektif untukmu? Atau kamu memiliki cara dan aplikasi sendiri untuk mengurangi waktumu bermain gadget? Yuk, bagikan rekomendasi kamu di kolom komentar! Oh iya, kalau kamu tertarik dengan info terkini terkait aplikasi unik lainnya, jangan lupa subscribe newsletter FILE di sini ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT