Nikmatnya Berkomunikasi dengan Internet

Buat sepasang kekasih, long distance relationship mungkin menjadi salah satu momok yang menakutkan. Sudah banyak pasangan yang harus putus di tengah jalan hanya karena dipisahkan oleh jarak. Keinginan untuk...
cute-girl-with-laptop-internet

Buat sepasang kekasih, long distance relationship mungkin menjadi salah satu momok yang menakutkan. Sudah banyak pasangan yang harus putus di tengah jalan hanya karena dipisahkan oleh jarak. Keinginan untuk saling berkomunikasi dan bertemu dengan pasangannya setiap waktu, wajar dimiliki oleh orang yang pacaran. Maka dari itu, hubungan jarak jauh menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh setiap pasangan. Teknologi telah menawarkan banyak sekali solusi untuk permasalahan di atas. Permasalahan tersebut mungkin telah terjawab dengan adanya telepon dan handphone. Teknologi tersebut membuat komunikasi dari tempat satu ke tempat lainnya bukan merupakan hal yang sulit. Namun terdapat kendala lain yaitu biaya yang dikenakan untuk percakapan jarak jauh yang sangat mahal, sehingga tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan apalagi bagi remaja yang masih bergantung pada orang tua. Lalu adakah solusi yang lebih terjangkau? Mungkin jaringan yang saat ini sedang booming dapat menyediakan solusinya. Internet sudah cukup menawarkan banyak fasilitas, mulai dari e-mail yang sudah tidak asing di telinga kamu sampai VoIP yang menawarkan layanan telekomunikasi murah melalui jaringan internet. Kamu tinggal pilih saja mana yang mau digunakan. Sekarang mari kita coba lebih mengenal fasilitas apa saja yang disediakan oleh internet.

1. E-mail

E-mail atau electronic mail pasti tidak asing lagi di telinga kamu. Setiap hari jutaan e-mail dikirim melalui intenet. Adalah Ray Tomlinson seorang insinyur yang pertama kali mengirim sebuah e-mail pada tahun 1971. Sebelumnya pesan atau surat elektronik hanya dapat dikirim dalam satu mesin atau komputer saja. Tetapi Tomlinson membuktikan bahwa surat elektronik tersebut dapat dikirmkan ke komputer lain melalui jaringan internet. Dengan menggunakan tanda “@” sebagai pembeda antara nama pengirim dengan nama mesinnya. Pada awalnya e-mail hanya sebuah surat yang berisikan text dan kemudian dikirimkan kepada penerimanya. Namun sekarang ini dengan adanya fasilitas untuk menambah attachment (pelengkap), kita bisa menambahkan data tambahan seperti gambar, dokumen, dan lainnya untuk dikirim lewat e-mail. Untuk dapat melihat e-mail yang kita terima dibutuhkan sebuah e-mail client. Ada beberapa e-mail client yang sudah tidak asing seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Eudora atau Pegasus. Namun, bagi orang-orang yang berlangganan pada e-mail client seperti Yahoo!, Google atau Hotmail dapat melihat e-mail yang masuk di web page tersebut. Apapun e-mail client yang kamu gunakan biasanya mereka akan menyediakan beberapa hal seperti:

  • Menampilkan message yang ada dalam mailbox kamu dengan menampilkan semua header dari message. Header tersebut juga menampilkan siapa yang mengirimkan message, subjeknya dan tanggal serta waktu pengiriman.
  • Jika kamu memilih salah satu header maka keseluruhan tubuh message akan tampil.
  • Kamu juga bisa mengirimkan message dengan menuliskan subjek dan alamat penerimanya. Kemudian, tulis keseluruhan message yang mau kamu kirimkan.
  • Kamu juga bisa menambahkan attachment pada message kamu dan menyimpan attachment yang kamu dapat dari messege yang kamu terima.

Untuk e-mail yang memberikan layanan melalui akses internet atau web page sering juga disebut webmail. Ini adalah e-mail yang umum kita kenal seperti di Gmail, Yahoo! Mail atau Hotmail. Keuntungan dari e-mail jenis ini adalah kita bisa melihat inbox kita melalui jaringan internet, sebaliknya jika kita tidak terkoneksi dengan jaringan internet kita tidak dapat melihat message yang masuk atau mengirim e-mail baru. Dimulai pada tahun 1997, layanan Hotmail diperkenalkan dan langsung menjadi webmail terpopuler pertama. Setelah kesuksesan Hotmail, Yahoo! mengeluarkan layanan Yahoo! Mail yang terus berkembang dan menjadi sangat terkenal. Pada tahun 2004 Google juga memperkenalkan layanan Gmail-nya dengan menambahkan beberapa fitur baru yang tidak ada dalam webmail sebelumnya.

2. Chatting

Fasilitas kedua ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kamu yang sudah sering surfing di dunia maya. Disini kita bisa mengobrol dengan lawan bicara kita melalui jaringan internet dengan cara mengetikkan apa yang mau kita bicarakan di dalam sebuah chat room. Chat room adalah suatu ruangan virtual di internet yang sengaja dibuat untuk memberikan fasilitas chating pada pengguna internet. Untuk menggunakan fasilitas ini cukup mudah, pada MiRC misalnya kamu hanya perlu menginstal softwarenya saja di komputer kamu. Software-nya pun dapat kamu download dari internet dengan gratis. Setelah terinstal di komputer, kamu tinggal menentukan nickname yang akan kamu gunakan dan kamu akan berjumpa dengan orang-orang yang sedang online di seluruh dunia.

Selain MiRC yang sempat booming beberapa waktu lalu, masih banyak sekali contoh chat room yang bisa kamu gunakan. Saat ini, social networking site seperti Friendster, Live Connector dan Myspace juga menyediakan layanan chat room untuk semua member yang mempunyai ID di situs tersebut. Kamu bisa mengobrol dengan teman yang sudah kamu kenal atau kamu juga bisa mendapatkan teman baru dari fasilitas dunia maya ini. Hal ini dikarenakan yang menjelajah di dunia maya tidak hanya sebatas dalam satu negara, tetapi di seluruh penjuru dunia.

3. Instant Messaging

Buat kamu yang tidak sabar kalau harus menunggu balasan e-mail, ada satu lagi yang ditawarkan oleh jaringan internet yaitu instant messaging. Instant messaging adalah suatu bentuk layanan dimana menyajikan komunikasi realtime melalui internet yang cara kerjanya hampir sama dengan chatting. Berbeda dengan e-mail yang harus menunggu si penerima on-line dan membalas e-mail kita, dengan instant messaging kita tidak perlu berlamalama menunggu message yang kita kirimkan dibalas oleh penerimanya. Dengan instant messaging ini kita dapat menyimpan daftar alamat instant messaging orangorang yang berinteraksi dengan kita dalam buddy list atau contact list. Kita juga dapat mengetahui apakah mereka online atau tidak. Pada awal tahun 1990 orang-orang mulai banyak yang menghabiskan waktunya dengan internet. Creative Software Development mencoba mengembangkan sebuah software chat room dan memasangnya di dalam web server. Di dalam chat room ini sekelompok orang bisa saling mengirimkan message yang dapat dilihat oleh semua orang dalam chat room tersebut.

Pada dasarnya instant messaging adalah chat room hanya untuk 2 orang. Instant messaging yang sebenarnya muncul di internet pada November 1996 diawali oleh Mirabilis yang memperkenalkan ICQ, sebuah instant messaging gratis yang dapat digunakan oleh semua orang. ICQ menggunakan sebuah software aplikasi yang harus di-install di komputer, barulah kamu bisa menikmati fasilitas instant messaging ini. Pada tahun 1997 AOL dipertimbangkan sebagai pelopor dari komunitas on-line. AOL menawarkan kepada penggunanya fasilitas untuk berbicara secara langsung dengan lawan bicara di dalam chat room atau instant messaging seperti halnya kita menelepon. Akhirnya pada tahun 1998 AOL mengambil alih Mirabilis berikut ICQ-nya. Lalu ICQ menjadi model acuan untuk fasilitas instant messaging yang banyak ditawarkan saat ini.

Sekarang ini banyak sekali software instant messaging yang menawarkan banyak fasilitas-fasilitas tambahan bagi penggunanya. Mulai dari Yahoo! Messenger, MSN Messenger hingga Google Talk memiliki keunggulan masing-masing. Tidak hanya dapat mengetikkan teks saja dan mengirimkannya kepada lawan bicara kamu, kamu juga bisa mengirimkan data seperti gambar dan dokumen melalui instant messaging ini. Dengan menggunakan webcam kamu juga bisa melihat wajah lawan bicara kamu di layar monitor dan saling berkomunikasi layaknya orang bertelepon. Kamu sekarang tinggal pilih mau menggunakan software apa. Selain di komputer, sekarang kamu juga sudah menikmati instant messaging di handphone atau PDA kamu.

4. VoIP (Voice over Internet Protocol)

Inilah fasilitas teranyar yang ditawarkan internet kepada para penjelajahnya. VoIP adalah sebuah metode untuk mengirimkan sinyal suara analog yang seperti biasanya kita sering dengar di telepon atau orang yang berbicara lalu diubah ke dalam data digital dan kemudian dikirimkan melalui jaringan internet. Dengan VoIP kamu bisa berbicara layaknya telepon biasa namun perbedaannya adalah kamu tidak lagi dikenakan tarif pulsa seperti pada telepon pada umumnya. VoIP sering juga disebut IP Telephony, Broadband Phone, Internet Phone, dan lainnya. Jangkauan VoIP ini sendiri bisa ke seluruh dunia, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan sambungan ke luar negeri.

Teknologi untuk melakukan pembicaraan suara melalui internet muncul sejak tahun 1990. Sebenarnya sejak internet dan jaringan mulai dikenal pada tahun 1973, teknologi untuk mentransmisi suara melalui jaringan sudah menarik minat para ahli untuk mengembangkannya. Pada tahun 1996 munculah Vocaltec Internet Release 4 yang memperkenalkan VoIP kepada masyarakat dunia dengan fiturnya voice mail dan caller ID. Namun Vocaltec hanya dapat digunakan antar sesama pengguna saja, belum bisa berhubungan dengan POTS (Plain Old Telephone Service) atau kita kenal dengan telepon rumah.

Ada beberapa alternatif untuk penggunaan VoIP yaitu :

  • ATA (Analog Telephone Adaptor) adalah sebuah adaptor untuk menghubungkan antara telepon analog dengan jaringan internet atau VoIP. Alat ini mengubah suara analog dari telepon analog menjadi suara digital untuk dikirim melalui jaringan internet.
  • IP Telephony adalah telepon layaknya telepon biasa yang mempunyai headset dan tombol untuk nomor, tapi perbedaannya pada slot untuk sambungan kabelnya. Ada dua jenis slot pada IP telephony yaitu RJ11 seperti pada telepon biasa dan RJ45 untuk koneksi ke internet.
  • PC to PC VoIP, adalah penggunaan VoIP antar pengguna komputer yang terhubung dengan akses internet.

Kamu hanya tinggal menginstal software yang menyediakan layanan VoIP. Salah saut contoh softwarenya adalah Skype. Skype memungkinkan kamu untuk menikmati layanan VoIP dengan sesama pengguna Skype atau bahkan saat ini kamu juga dapat berhubungan dengan telepon rumah atau telepon seluler dengan Skypeout. Banyak sekali keuntungan menggunakan VoIP, namun teknologi ini belum dapat dimasyarakatkan di Indonesia karena belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur telekomunikasi menggunakan VoIP. Selain itu kualitas suara yang dihasilkan dari teknologi ini sangat bergantung pada bandwith internet yang digunakan. Jadi kita tunggu saja penerapan dari teknologi baru ini di Indonesia tercinta. Teknologi internet memang luar biasa. Berawal dari internet, lahir banyak metode komunikasi untuk menghubungkan kamu dan pasanganmu yang dipisahkan oleh jarak. So, “Long distance? No problemo!”

Bagikan ke sesama!
Categories
Knowledge
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT