fbpx

10 Fitur Keren dari MIUI 12 yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Halo, Sobat FILE! Tahukah kamu bahwa sebagian besar marketshare smartphone di Indonesia kini sudah didominasi oleh vendor smartphone yang berasal dari China? Menurut riset yang dilakukan oleh Canalys tahun...
MIUI 12 (Sumber: whooptous.com)

Halo, Sobat FILE! Tahukah kamu bahwa sebagian besar marketshare smartphone di Indonesia kini sudah didominasi oleh vendor smartphone yang berasal dari China? Menurut riset yang dilakukan oleh Canalys tahun 2019 lalu, pada quarter ketiga, peringkat pertama dan kedua marketshare smartphone di Indonesia diduduki oleh Oppo dan Xiaomi, yang mana keduanya merupakan smartphone buatan China.

Nah, baru-baru ini, salah satu smartphone asal China yang berhasil menjadi kegemaran masyarakat Indonesia baru saja meluncurkan versi terbaru dari operating system-nya loh! Yup, perusahaan tersebut ialah Xiaomi, dan operating system terbarunya ialah MIUI 12. MIUI 11 yang hadir sebelumnya memang memberikan perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan MIUI 10. Akan tetapi, bukan berarti Xiaomi sudah puas dengan gebrakan yang mereka berikan itu. Buktinya, Xiaomi kembali menghadirkan fitur serta pembaruan mutakhir untuk MIUI 12 ini. Penasaran apa saja fitur-fitur barunya? Yuk, langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

Icon, Font, dan Animasi Baru

Inovasi pada tampilan Xiaomi ternyata tidak berhenti di MIUI 11. Buktinya, Xiaomi kembali memberikan tampilan antarmuka yang segar di MIUI 12. Pembaruan pertama yang mungkin langsung terlihat dari MIUI 12 adalah penggunaan font default yang baru. Font baru ini terlihat lebih rounded, juga terlihat memiliki ekor atau serif yang lebih lancip dibanding font yang lama.

Default font baru pada MIUI 12

Default font baru pada MIUI 12 (Sumber: xda-developers.com)

Selain default font yang baru, Xiaomi juga menghadirkan animasi yang lebih halus pada MIUI 12. Apabila di versi sebelumnya aplikasi terbuka dan tertutup dari dan ke bagian tengah layar, maka di MIUI 12, titik timbul dan lenyapnya aplikasi akan disesuaikan dengan letak dari icon aplikasi tersebut di home screen. Selain itu, saat kamu membuka dan menutup suatu aplikasi, akan terlihat sedikit animasi pada icon aplikasi tersebut loh!

Tidak hanya pembaruan pada tampilan home screenMIUI 12 juga menyediakan beberapa opsi baru untuk tampilan baterai di bagian status bar.

Opsi tampilan icon baterai pada MIUI 12

Opsi tampilan icon baterai (Sumber: xda-developers.com)

Fitur Control Center

Pengguna Android mungkin kurang familiar dengan fitur yang satu ini. Akan tetapi, bagi pengguna iOS, fitur yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Yup, Xiaomi memang menghadirkan tampilan yang semakin serupa dengan iOS, Sobat FILE! Tidak hanya tampilannya, bahkan kini fitur Control Center pun diadaptasi oleh Xiaomi.

Dengan adanya fitur Control Center ini, MIUI 12 memisahkan notifikasi dari Quick Settings. Untuk mengakses Quick Settings atau Control Center, kamu dapat men-swipe layar dari sudut kanan atas ke arah bawah. Selain itu, kamu juga bisa men-swipe dari tengah layar ke arah bawah juga. Nah, untuk mengakses notifikasi, kamu tinggal men-swipe layar dari bagian kiri atas ke arah bawah. Akan tetapi, jika kamu kurang nyaman dengan fitur ini, kamu tetap bisa menonaktifkannya melalui Settings atau Pengaturan, kok!

Dark Mode 2.0

Forced Dark Mode pada Whatsapp

Forced Dark Mode pada Whatsapp (Sumber: xda-developers.com)

Saat perilisan MIUI 11, Xiaomi menghadirkan fitur dark mode pertamanya. Oleh karena itu, tidak heran apabila pada MIUI 12, Xiaomi turut memperbaiki dan meningkatkan fitur dark mode-nya. Di Dark Mode 2.0 ini, terdapat fitur untuk meredupkan layar perlahan-lahan, mulai dari daylight sampai night time. Tampaknya, fitur ini disesuaikan dengan jam pada ponsel. Tidak hanya meredupkan layar, transisi ini pun mengubah ketebalan font. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesilauan saat dark mode diaktifkan.

Selain itu, Xiaomi juga memberikan opsi forced dark mode untuk aplikasi-aplikasi yang tidak menyediakan versi dark mode-nya sendiri. Forced dark mode ini mirip dengan fitur forced dark mode pada perangkat Realme yang menggunakan ColorOS 6. Fitur forced dark mode ini akan meng-invert warna-warna dari aplikasi sehingga menjadi lebih gelap, atau bisa juga memaksakan penggunaan background berwarna gelap pada aplikasi. Gambar yang tertera sebelumnya menunjukkan penerapan forced dark mode pada aplikasi Whatsapp.

Floating Screen

Lagi-lagi, MIUI 12 menghadirkan fitur-fitur yang terinspirasi dari iOS, termasuk fitur baru floating screen ini. Fitur floating screen ini memungkinkan kamu untuk membuka dan berinteraksi dengan notifikasi tanpa harus beralih dari aktivitas kamu sekarang. Contoh sederhananya, kamu dapat langsung membalas pesan LINE yang masuk ketika kamu sedang melihat-lihat foto di Galeri kamu!

Selain itu, floating screen yang sedang aktif juga bisa kamu drag untuk mengaktifkan fitur split screen. Fitur split screen sendiri adalah fitur yang memungkinkan ponsel untuk menampilkan dua aplikasi berbeda dalam satu screen.

Tidak hanya itu, floating screen dapat kamu akses dari bagian Recents juga loh! Kamu hanya perlu mengklik tombol bertuliskan Floating Windows, lalu kamu tinggal memilih aplikasi mana yang ingin kamu akses sebagai floating screen! Keren ‘kan, Sobat FILE?

Navigasi

Pada MIUI 12 ini, Xiaomi sudah menghadirkan fitur full screen navigation seperti yang sudah dihadirkan terlebih dahulu oleh beberapa smartphone sebelumnya. Fitur full screen navigation ini sama dengan gesture yang terdapat pada Android 10. Tampaknya fitur yang satu ini memang diharuskan oleh Google, sebagai upaya untuk menyeragamkan navigation gesture pada smartphone yang ada.

Ilustrasi pada Settings

Sensory Visual Design

Sensory Visual Design (Sumber: androidauthority.com)

Tidak hanya memperbarui tampilan home screen-nya, MIUI 12 juga memberikan ilustrasi pada bagian Settings atau Pengaturan. Tampilan ilustrasi pada Settings ini dinamakan Sensory Visual Design oleh Xiaomi. Sensory Visual Design ini bertujuan agar kamu dapat lebih mudah memahami informasi yang diakses melalui Settings. Informasi-informasi yang diberi ilustrasi adalah informasi seperti penggunaan storage, lama pemakaian ponsel, dan sebagainya. Informasi-informasi tersebut tidak lagi disajikan dalam bentuk teks semata, tetapi diubah menjadi bentuk grafik atau diagram visual. Wah, pastinya tampilan informasi seperti ini akan sangat membantu kita sebagai pengguna ya, Sobat FILE!

Fitur Memories pada Galeri

Fitur Memories pada Galeri

Fitur Memories pada Galeri (Sumber: xda-developers.com)

Nah, kamu yang suka throwback dan suka membuat video pendek pasti akan menyambut baik fitur baru yang satu ini! Fitur Memories ini memungkinkan kamu untuk tidak hanya membuat kolase foto, tetapi juga membuat video pendek dari foto dan video yang ada di galeri ponsel kamu!

Untuk pembuatan kolase foto, kamu dapat mengatur orientasi foto, menambahkan teks, dan meng-edit secara terpisah masing-masing foto yang ingin kamu gabungkan. Sementara itu, untuk pembuatan video pendek, Xiaomi sudah menyediakan beberapa template yang bisa langsung kamu gunakan. Akan tetapi, pilihan kamu tidak terbatas di sana loh, Sobat FILE! Pasalnya, akan ada lebih banyak template yang bisa kamu download selain dari template yang sudah tersedia.

Sorting pada File Manager

Opsi sorting pada File Manager

Opsi sorting pada File Manager (Sumber: xda-developers.com)

Pembaruan ketujuh yang ada pada MIUI 12 adalah fitur sorting yang terdapat pada File Manager. Sebelumnya, floating button pada File Manager hanya berisi opsi bentuk tampilan pada File Manager, yaitu grid dan list. Kali ini, floating button tersebut berubah icon dan fungsinya. Melalui floating button, kamu dapat mengakses opsi untuk mengubah bentuk tampilan sekaligus opsi untuk mengurutkan dokumen yang ada di ponselmu.

Sebelumnya, fitur sorting ini sudah bisa kamu akses melalui tombol titik tiga di bagian kanan atas aplikasi File Manager. Akan tetapi, tidak ada opsi untuk mengurutkan dokumen berdasarkan hal-hal tertentu. Di pembaruan kali ini, opsi-opsi tersebut ditambahkan oleh Xiaomi. Kini, kamu bisa mengurutkan dokumen-dokumen berdasarkan nama dokumen, ukuran dokumen, tanggal dokumen dibuat, serta jenis dokumennya.

Fitur Health Tracking

 

Sobat FILE, jika kamu adalah seorang pengguna Xiaomi, kamu pasti tidak asing dengan fitur step counter yang sudah hadir sebelumnya. Fitur step counter sebelumnya hanya menampilkan jumlah langkah kamu ketika sedang berjalan kaki, ‘kan? Nah, di pembaruan kali ini, fitur step counter tersebut ditambah fiturnya sehingga bisa mendeteksi aktivitas olahraga lainnya, seperti misalnya berlari, bersepeda, dan juga naik-turun tangga. Untuk mendeteksi aktivitas-aktivitas tersebut, kamu hanya perlu membawa serta atau meletakkan ponselmu di dalam kantong ketika sedang berolahraga.

Sleep Tracker pada MIUI 12

Sleep tracker pada MIUI 12 (xda-developers.com)

Selain itu, Xiaomi juga menambahkan fitur sleep tracker untuk mendeteksi lama dan kualitas tidur kamu. Detailnya, fitur sleep tracker ini mendeteksi kapan kamu tertidur, lama waktu tidur kamu, kualitas tidur kamu, dan juga apakah kamu bermimpi atau mendengkur selama kamu tidur.

Tidak hanya sampai di situ, fitur health tracking pada MIUI 12 juga akan mengirimkan reminder pada penggunanya apabila penggunanya sudah terlalu lama tidak bergerak selama beraktivitas. Untuk mengirimkan reminder ini, health tracker pada MIUI 12 dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi berapa kali penggunanya berdiri.

Focus Mode pada MIUI 12

Focus Mode pada MIUI 12 (Sumber: xda-developers.com)

Tidak hanya mengontrol aktivitas dan pergerakan kamu, fitur health tracking pada MIUI 12 juga memperhatikan digital wellbeing penggunanya loh! Untuk mendukung digital wellbeing, MIUI 12 menghadirkan durasi yang bisa kamu tentukan sendiri untuk Focus Mode. Selain itu, desain Screen Time juga diperbarui, sehingga kamu bisa melihat lama penggunaan ponselmu secara harian dan mingguan. Sayangnya, fitur digital wellbeing milik Xiaomi ini belum tersedia untuk versi global. Akan tetapi, kamu tidak perlu kecewa, Sobat FILE! Pasalnya, fitur ini sudah disubstitusikan oleh Google Digital Wellbeing untuk versi globalnya, kok!

Peningkatan Keamanan

Nah, fitur baru kesepuluh yang hadir di MIUI 12 ini tidak kalah penting loh, Sobat FILE! Selain memperindah tampilannya dan meningkatkan fitur-fiturnya, MIUI 12 juga meningkatkan perlindungan terhadap keamanan penggunanya nih. Ada beberapa sisi keamanan yang ditingkatkan oleh Xiaomi pada MIUI 12 ini. Berikut adalah beberapa penjabarannya:

  1. Izin Aplikasi
    Keamanan di MIUI 12 memungkinkan kamu untuk memberi izin atas hal tertentu kepada suatu aplikasi hanya sekali itu saja. Artinya, ketika selanjutnya aplikasi ingin menggunakan izin yang sama, akan muncul pop up untuk meminta persetujuan kamu lagi. Selain itu, untuk aplikasi yang tidak menjelaskan apa keperluan izin tertentu dalam aplikasinya, opsi pemberian izin Always Allow tidak akan tersedia. Dengan begitu, pastinya keamanan penggunaan izin untuk aplikasi semakin terjamin ya, Sobat FILE.Tidak hanya itu, fitur keamanan di MIUI 12 juga memungkinkan kamu untuk memonitor kegiatan suatu aplikasi terhadap data atau ponsel kamu. Untuk mendukung fungsi yang satu ini, Xiaomi juga menambahkan reminder yang mencolok di bagian atas ponsel saat izin atau informasi yang bersifat sensitif dan pribadi tengah digunakan. Contoh informasi yang akan memunculkan reminder ini adalah penggunaan informasi lokasi kamu.
  2. Fitur Keamanan pada MIUI 12
    Masih berkaitan dengan izin penggunaan aplikasi, Xiaomi menghadirkan 3 mode pengamanan terbaru. Berikut adalah mode pengamanan yang terdapat pada MIUI 12:

    Fitur keamanan Barbed Wire

    Barbed Wire (Sumber: xda-developers.com)

    Barbed Wire, yaitu fitur atau mode yang akan menampilkan apa saja izin yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi saat aplikasi tersebut dijalankan untuk pertama kalinya. Barbed Wire menampilkan izin-izin tersebut dalam bentuk pop-up, sehingga kamu akan langsung menyadarinya. 

    Fitur Flare

    Flare (Sumber: xda-developers)

    Flare, yaitu fitur atau mode yang memunculkan pop-up setiap kali suatu aplikasi mencoba menggunakan mikrofon, kamera, atau GPS tanpa seizin kamu. Dengan fitur ini, kamu akan lebih mudah memantau penggunaan fitur-fitur seperti mikrofon, kamera, dan GPS ponselmu.

     

    Fitur Mask System

    Mask System (Sumber: xda-developers.com)

    Mask System, yaitu fitur untuk mengirimkan pesan dummy atau pesan kosong setiap kali aplikasi third-party mencoba untuk mengakses daftar telepon atau daftar SMS pada ponselmu.

  3. Keamanan Pengiriman Foto
    Perlindungan keamanan untuk pengiriman foto

    Perlindungan keamanan untuk pengiriman foto (Sumber: xda-developers.com)

    Xiaomi juga menawarkan pengiriman foto yang lebih aman pada MIUI 12 kali ini, Sobat FILE. Peningkatan keamanan pada pengiriman foto diupayakan oleh Xiaomi dengan menyediakan opsi untuk menghapus informasi-informasi penting terkait detail foto sebelum foto dikirimkan. Beberapa informasi penting yang dimaksud seperti detail perangkat serta lokasi pengambilan foto.

Wah, ternyata cukup banyak fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh Xiaomi pada MIUI 12 ya, Sobat FILE? Setelah menyimak penjelasan di atas, pastinya kamu sudah tidak sabar ‘kan untuk mengecek apakah ponselmu termasuk perangkat yang akan mendapatkan pembaruan MIUI 12 ini? Nah, daftar perangkat yang mendapatkan pembaruan MIUI 12 dapat kamu cek pada gambar di bawah ini. Yuk, langsung dicek!

Daftar perangkat yang mendapatkan pembaruan MIUI 12

Daftar perangkat yang mendapatkan pembaruan MIUI 12 (Sumber: xiaomidev.com)

Bagaimana, Sobat FILE? Apakah ponselmu dapat ditemukan pada daftar perangkat di atas? Bagaimana pendapatmu terkait pembaruan fitur pada MIUI 12 ini? Yuk, bagikan di kolom komentar! Oh iya, jika kamu tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi dan gadget seperti MIUI 12 ini, jangan lupa subscribe newsletter FILE di sini ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
GadgetTech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT