fbpx

Investasi untuk Mahasiswa: Kamu Bisa Mulai dari 5 Aplikasi Ini!

Halo Sobat FILE!  Akhir-akhir ini, istilah-istilah seperti ‘passive income‘, ‘investasi’ dan sebagainya sering sekali kita dengar. Tapi, Sobat FILE sendiri tau nggak sih investasi itu apa dan kenapa kita harus...

Halo Sobat FILE! Akhir-akhir ini, istilah-istilah seperti ‘passive income‘, ‘investasi’ dan sebagainya sering sekali kita dengar. Tapi, Sobat FILE sendiri tau nggak sih investasi itu apa dan kenapa kita harus investasi? Nah, sebelum kita membahas aplikasi investasi untuk mahasiswa, yuk kita kenali dulu pentingnya investasi!

Menurut Dedi Ariyanto, seorang praktisi pasar modal di Indonesia, investasi merupakan aktivitas yang mirip seperti menabung. Namun, yang membedakan investasi dengan menabung di bank adalah investasi memiliki resiko, tetapi juga memberikan return atau profit yang lebih tinggi.

Investasi sendiri bersifat penting bukan tanpa alasan lho! Ada beberapa alasan mengapa investasi sejak dini itu baik, misalnya saja untuk bersiap menghadapi ancaman inflasi, untuk mencapai financial freedom lebih cepat, atau bisa juga untuk mempersiapkan dana pensiunmu.

Nah, inflasi sendiri merupakan sebuah fenomena menurunnya harga mata uang kita. Contohnya, gorengan yang dulunya hanya seharga 500 rupiah sekarang menjadi 1000 rupiah. Dengan berinvestasi, kita tidak perlu takut menghadapi inflasi karena uang/aset yang diinvestasikan akan bertambah jumlahnya. 

Financial Freedom dapat dimengerti sebagai sebuah konsep di mana seseorang tidak perlu memikirkan tentang makanan atau rumah karena sudah memiliki kemampuan finansial yang cukup baik. Dengan berinvestasi, kamu dapat mencapai financial freedom dengan lebih cepat dan pasti. Yang terakhir, dengan berinvestasi, kamu juga dapat menyiapkan dana pensiunmu. Kamu nggak pengen bekerja terus sampai tua nanti kan?

Investasi sendiri terbagi menjadi beberapa tipe. Ada P2P lending, Saham, Reksadana, Tanah, Surat-surat Berharga, dan banyak lagi. Dalam artikel ini, FILE akan membahas jenis-jenis investasi yang akan cocok untuk kamu para millenials. Kami juga akan memberikan rekomendasi aplikasi untuk mahasiswa, sehingga kamu tau harus mulai dari mana! Semua aplikasi yang tertera di bawah ini sudah diawasi oleh OJK atau badan Otoritas Jasa Keuangan ya, Sobat FILE. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi deh soal keamanannya!

 

P2P Lending: Koinworks

(risk: low-medium)

 

Website Koinworks

Website Koinworks (Sumber: koinworks.com)

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi investasi untuk mahasiswa adalah Koinworks. Koinworks merupakan sebuah platform di mana kamu bisa meminjamkan danamu kepada organisasi atau perusahaan yang membutuhkannya. Dana yang kamu pinjamkan akan dikembalikan beserta dengan bunga dalam tenure (waktu) yang sudah ditentukan.

Di Koinworks juga terdapat risk level yang terdiri dari A (paling aman) hingga E (paling beresiko), serta simulasi return yang dapat membantumu memilih investasi yang paling tepat. Tak hanya itu, setiap peminjam juga memiliki factsheet yang berisi SWOT, fakta-fakta perusahaan, alasan peminjaman, status kredit yang ada, dan sebagainya sehingga kamu dapat menganalisis peminjam tersebut.

Obligasi

(risk: almost nonexistent)

 

 

Obligasi

Obligasi (Sumber: kemenkeu.go.id)

Salah satu jenis investasi untuk mahasiswa yang patut kamu coba adalah obligasi. Obligasi atau yang sering disebut juga dengan Surat Hutang Negara merupakan investasi yang paling aman dari beberapa tipe investasi yang FILE sebutkan di artikel ini. Pada dasarnya, obligasi merupakan sebuah fenomena di mana pemerintah memerlukan uang, dan kita sebagai rakyat meminjamkan uang tersebut. Obligasi sendiri terdapat beberapa jenis, ada SBR, Sukuk, dsb. Obligasi sendiri bukanlah aplikasi, namun produk investasi. Untuk menginvestasikan dana di obligasi, kamu hanya perlu memerlukan akun internet banking, lalu membelinya di menu produk investasi.

Seluruh produk investasi ini dijamin oleh negara, sehingga resikonya pun hampir tidak ada. Akan tetapi, return rate obligasi biasanya yang paling kecil jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya, namun masih di atas suku bunga bank.

 

Bibit

(risk: medium)

 

Tampilan Aplikasi Bibit

Tampilan Aplikasi Bibit (Sumber: bibit.id)

Bibit merupakan sebuah aplikasi all-in-one di mana kamu dapat menginvestasikan danamu dalam bentuk reksadana, pasar saham, serta obligasi. Bibit merupakan aplikasi investasi terbaik untuk investor pemula karena adanya fitur Robo Advisor. Artificial Intelligence  yang satu ini dapat membantumu memilih produk apa saja yang cocok kamu investasikan. Untuk memilih produk tersebut, Robo Advisor ini mengandalkan sifat investormu.

Sifat investor sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu konservatif, moderat dan agresif. Investor yang memiliki sifat konservatif cenderung menghindari resiko, sedangkan yang investor moderat dapat menerima fluktuasi jangka pendek. Begitu juga dengan investor agresif, di mana investor tersebut siap untuk kehilangan sebagian atau bahkan seluruh dana yang diinvestasikannya demi return yang tinggi.

Neo HOTS

(risk: high)

 

 

Aplikasi Neo HOTS

Aplikasi Neo HOTS (Sumber: Google Apps Review)

Untuk kamu yang sudah mengerti tentang pasar saham dan investasi di tingkat yang lebih lanjut, Neo HOTS bisa menjadi jawabanmu untuk mendapatkan profit dan return yang lebih tinggi. Aplikasi jual-beli saham yang satu ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki modal dan mengerti tentang investasi. Hal ini dikarenakan untuk memulai berinvestasi di sini, kamu diperlukan untuk melakukan deposito sebesar minimal 10 juta.

 

LandX

(risk: medium)

 

Aplikasi LandX

Aplikasi LandX (Sumber: landx.id)

Jenis investasi untuk mahasiswa yang kelima ini boleh banget kamu coba, Sobat FILE! LandX merupakan sebuah platform yang menjual properti-properti seperti rumah dengan pembeli yang berjumlah agak banyak. Contohnya, sebuah rumah memiliki harga 300 juta, dengan 1 lot yang harganya 3 juta. Dengan LandX, kamu dapat memiliki sebagian kepemilikan dari rumah tersebut hanya dengan membeli 1 lot atau 3 juta. Pastinya seru ya kalau kita bisa membeli properti bareng teman-teman kita!

Nah, itu dia aplikasi-aplikasi rekomendasi FILE untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi. Sebelum berinvestasi, jangan lupa menyisihkan dana untuk investasi dalam manajemen finansial kamu ya! Kalau Sobat FILE masih kesulitan memanajemen finansial, FILE ada rekomendasi aplikasi untuk mengatur finansial nih. Yuk cek artikelnya di sini!

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsFinance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT