Fakta-Fakta Startup Agar Dapat Meraih Unicorn

Pernah tidak, kamu datang ke sebuah event startup, baik itu seminar maupun meetup, mendengar istilah-istilah yang tidak biasa bahkan aneh?  Yup, salah satunya adalah Unicorn, yang baru-baru tedengar lagi, bahwa...
Fakta-Fakta Startup Agar Dapat Meraih Unicorn
Fakta-Fakta Startup Agar Dapat Meraih Unicorn

Pernah tidak, kamu datang ke sebuah event startup, baik itu seminar maupun meetup, mendengar istilah-istilah yang tidak biasa bahkan aneh?  Yup, salah satunya adalah Unicorn, yang baru-baru tedengar lagi, bahwa Bukalapak mendapatkan gelar Unicorn. Unicorn seperti yang mungkin kamu tahu adalah hewan mitologi Yunani dan juga Romawi yang digambarkan dengan dengan sosok kuda yang memiliki tanduk pada dahinya, Unicorn dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan memurnikan. Namun kamu jangan merasa bingung, istilah ataupun meraih Unicorn pada startup ini tidak ada kaitanya sama sekali  dengan hal tersebut.

Istilah Unicorn pertama kali dikenalkan oleh Founder Cowboy Ventures, Aileen Lee, bahwa startup yang menyandang gelar Unicorn adalah startup yang diakui nilai dihargai sebesar $1 miliar atau sebesar 13 triliun rupiah.  Negara yang paling banyak menyandang gelar ini adalah Amerika dengan total hingga 148 startup, disusul negara Cina dengan 69 startup. Di Indonesia sendiri baru-baru ini terdapat 4 startup yang meraih Unicorn setelah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, yaitu Bukalapak pada 16 November 2017 kemarin.

Dalam meraih Unicorn ini, terdapat fakta unik startupstartup yang  menyandang gelar Unicorn tersebut:

 

Ide gila adalah langkah awal meraih Unicorn

Ada tidak diantara teman-temanmu yang memiliki ide gila, sampai bodohnya kamu tertawa terbahak-bahak. Nah, hal tersebut perlu kamu pertimbangkan lagi deh, jangan-jangan ide tersebut merupakan ide yang dapat membuatmu meraih Unicorn. Coba kamu pikir lagi, kamu pernah meyangka tidak, bahwa komputer akan dengan mudah dibawa kemana saja, akses dimana saja, yaitu smartphone yang kamu bawa kemana-kemana, mungkin yang kamu sedang pegang sekarang saat membaca ini.

 

Founder yang meraih Unicorn mengambil jurusan teknik

Di dalam sebuah founder team, tentu saja harus ada orang yang memiliki kemampuan dalam teknik atau technical skill sebagai orang yang akan mengurus dan bertanggung jawab bagaimana program tersebut akan dibuat dan dijalankan, dan lain sebagainya. Namun, apakah kamu tidak mengambil jurusan yang berhubungan dengan teknik? Jangan khawatir, karena selain membutuhkan orang teknikal, diperlukan juga orang yang mengerti finance, dan juga business process dari startup tersebut.

Misal kamu mengambil jurusan fashion designer atau seseorang yang memiliki passion terhadap fashion, lalu kamu memiliki ide untuk membuat ecommerce fashion lokal, tentu saja kamu bisa menjadi founder bahkan CEO dari startup tersebut bersama founder team kamu yang mengerti teknikal dan finance.

 

Startup yang berorientasi kepada customer yang meraih Unicorn

Kamu perlu memikirkan matang-matang apakah kamu siap membangun sebuah startup yang tidak fokus dengan keuntungan yang kamu akan raih. Startupstartup yang kian meraih Unicorn adalah startup yang awalnya memikirkan bagaimana ide mereka dapat dipakai banyak masyrakat secara luas, Membuat mereka kemudahan, kenyamanan, hingga menjadi loyal terhadap kamu, dalam membantu mereka mensolusikan masalah yang mereka hadapi.

Seiring berjalan waktu, kamu perlu tahu, dengan perkembangan startup kamu dalam mempengaruhi customer kamu, kamu perlu percaya pasti akan ada investor-investor luar maupun lokal yang nantinya akan tertarik dengan startup-mu. Seperti Tokopedia yang meraih invenstasi dari Alibaba Group maupun Bukalapak yang meraih investasi yang belum disebutkan inventasi dari siapa, hingga mereka meraih Unicorn.

Mengenal Tahapan Investasi di Dunia Startup

Waktu dalam meraih Unicorn

Tidaklah mudah perjalanan startupstartup yang sudah meraih Unicorn, banyak startup yang jatuh kemudian bangkit lagi, mencoba lagi. Setidaknya staartupstartup yang meraih Unicorn adalah startup yang sudah bergerak selama 5-7 tahun, apakah kamu siap dengan idemu, 5 hingga 7 tahun kedepan, untuk terus berkembang dan berinovasi?

 

Nah, semua hal diatas, dari ide yang bodoh yang mungkin kamu tertawakan saat ini, team founder yang berjurusan teknik dalam mengurus hal teknikal, startup yang berorientasi pada customer tanpa fokus memikirkan berapa besar uang kamu dapat, hingga waktu 5 hingga 7 tahun terus berkembangan dan berinovasi adalah fakta-fakta startup yang sudah meraih Unicorn. Jadi bagaimana dengan kamu? Sudah siap membangun startup?

 

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessFinance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

TERKAIT