Kamu Galau Memilih Tempat Magang? Coba Perhatikan Faktor Ini!

Biasanya sebelum diwisuda dari universitas yang ditempuh, mahasiswa bisa mengikuti program magang yang ditawarkan. Apalagi beberapa universitas seperti Binus telah mewajibkan mahasiswanya untuk bekerja di lapangan setidaknya satu tahun....
Kamu Galau Memilih Tempat Magang? Coba Perhatikan Faktor Ini!
Kamu Galau Memilih Tempat Magang? Coba Perhatikan Faktor Ini!

Biasanya sebelum diwisuda dari universitas yang ditempuh, mahasiswa bisa mengikuti program magang yang ditawarkan. Apalagi beberapa universitas seperti Binus telah mewajibkan mahasiswanya untuk bekerja di lapangan setidaknya satu tahun. Magang adalah salah satu kesempatan bagi kita dalam mepersiapkan jenjang karir kita di masa depan. Dengan magang inilah, kita semakin memperdalam wawasan kita, serta bisa menghadapi berbagai macam situasi pekerjaan yang mungkin tidak didapatkan dengan kuliah saja. Oleh karena itu, memilih tempat magang harus dipikirkan dengan baik dan matang.

Baca: 9 Website Untuk Mahasiswa Yang Mau Uang Tambahan

Nah, bagi sobat FILE yang masih galau dalam memilih tempat magang, yuk perhatikan faktor-faktor ini sebelum memutuskan tempat magangmu!

 

Apa Tujuan Magangmu?

Sebelum mengikuti program magang, pastikan kamu sudah memiliki tujuan dalam mengikuti magang. Apakah dengan diwajibkan oleh universitas sudah menjadi tujuan utama? Belum tentu. Banyak sekali faktor kenapa kamu perlu ikut magang, seperti mencari tantangan pekerjaan, menambah pengalaman dan ilmu, memperbanyak koneksi, dan sebagainya. Cobalah matangkan tujuanmu. Dengan tujuan inilah yang akan membantumu memilah berbagai macam perusahaan yang menawarkan program magang.

 

Orientasi Karir

Orientasi karir adalah faktor yang penting saat kamu memilih tempat magang. Kamu harus mengambil pekerjaan magang yang bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman penting. Pengalaman inilah yang akan menjadi bekal saat kamu melamar di pekerjaanmu. Jangan terima penawaran magang hanya karena ingin menerima semata. Carilah pekerjaan magang yang bisa mendekatkan ke tujuan karirmu. Mungkin memang sulit mencari yang sepadan, tetapi usaha tidak akan mengkhianati hasil kok!

 

Lokasi

Jangan sampai kamu melupakan faktor ini! Banyak hal yang patut diperhatikan dalam lokasi, seperti jarak tempat tinggalmu ke tempat magang, daerahnya, dsb. Sesuaikan juga dengan kondisi keuanganmu. Jika tempat magangmu cukup jauh, mungkin bisa mengambil opsi dengan tinggal di kosan. Kalau kamu mau pulang-pergi, pastikan moda transportasimu memadai dan waktu yang perlu ditempuh tidak terlalu lama. Jangan sampai kamu stres bukan karena pekerjaannya, tetapi cara kamu pergi kesana.

 

Networking

Tujuan utama dari magang adalah mengelilingi dirimu dengan berbagai macam kesempatan. Magang harus bisa mengenalkanmu kepada banyak orang yang bisa menjadi “tiket” saat mencari pekerjaan nanti. Jangan sampai kamu hanya kenalan untuk sekadar menyapa saja. Buatlah magang sebagai ajang bagimu untuk berkenalan dengan banyak orang. Koneksi inilah yang akan membantumu saat mencari pekerjaan.

 

Jadwal Yang Fleksibel

Sebagian besar mahasiswa pasti sudah memiliki berbagai macam kegiatan, baik berhubungan dengan kuliah ataupun tidak. Oleh karena itu, cobalah cari tempat magang yang bisa mengerti kegiatanmu. Jangan sampai magang menjadi penghalang kesuksesanmu, melainkan jadikan itu sebagai pijakan menuju karir yang cemerlang.

 

Mentor

Selama durasi magang, kamu tentunya membutuhkan seseorang yang bisa kamu andalkan. Orang ini yang akan bertanggung jawab membantumu dan memberikanmu berbagai macam pengalaman yang menarik selama magang. Oleh karena itu, pastikan kamu bisa mendapatkan mentor yang bisa  memberikanmu pengetahuan yang baik dan mampu membimbingmu selama magang.

 

Lingkungan Pekerjaan

Lingkungan tempat magang akan sangat berpengaruh nantinya dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Oleh karena itu, pastikan perusahaan di tempat kamu magang sudah sesuai dengan jati dirimu. Jangan sampai karena ketidaknyamanan di tempat magang membuatmu sulit mendapatkan pengalaman yang dicari.

Magang adalah tonggak yang penting dalam jenjang karirmu. Tentu banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan magang. Oleh karena itu, pikirkan pilihanmu dengan matang dan buat magangmu lebih bermakna!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT