5 Kebiasaan Untuk Membangun Kekayaan!

Boleh dikatakan, tidak ada satu solusi atau satu cara saja untuk membangun kekayaan. Banyak orang yang memiliki asumsi bahwa untuk menjadi kaya, kamu hanya perlu untuk bekerja di perusahaan...
5 Kebiasaan Untuk Membangun Kekayaan!
5 Kebiasaan Untuk Membangun Kekayaan!

Boleh dikatakan, tidak ada satu solusi atau satu cara saja untuk membangun kekayaan. Banyak orang yang memiliki asumsi bahwa untuk menjadi kaya, kamu hanya perlu untuk bekerja di perusahaan yang sudah besar dan mapan. Kenyataannya adalah, kamu perlu membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan menggunakan uang dengan baik, tidak peduli seberapa gajimu atau batas tertentu. Jika kamu belajar disiplin jauh lebih awal, kamu akan jauh lebih siap ketika nanti kamu memegang lebih banyak uang. Berikut ini 5 kebiasaan yang perlu kamu terapkan untuk membangun kekayaan:

 

1. Jangan selalu membayar kenyamanan

Dengan teknologi di tangan kita, segalanya dengan mudah dapat kita lakukan. Kita dapat membeli makanan dan diantarkan ke lokasi kita berada melalui teknologi, bahkan memanggil layanan massage atau salon kecantikan untuk datang ke rumah kita. Generasi kita terbiasa untuk membayar kenyamanan. Untuk mendapat kenyamanan ini tentu saja kita harus merogoh kocek yang lebih banyak. Sebisa mungkin, kita harus menghemat pengeluaran kita.

Salah satu caranya adalah membatasi budget pengeluaran kita per bulan. Kita dapat mengatur beberapa jumlah uang untuk apa saja, kurangi hal-hal yang kurang dibutuhkan. Jika kamu sudah disiplin terhadap budgeting yang kamu lakukan tiap bulan, kamu akan terbiasa dan lebih mudah untuk mengetahui mana yang penting dan tidak terlalu dibutuhkan.

 

2. Hidup sederhana

Kesuksesan dan kebahagiaan dapat digambarkan sebagai mobil mewah dan rumah yang megah. Terkadang hal itu benar, namun banyak juga orang sukses yang hidup sederhana. Contohnya adalah Warren Buffet yang masih tinggal di rumah yang sama sejak 1958 dan mengendarai mobil Cadillac tahun 2006 walaupun kekayaannya lebih dari 70 juta USD.

Hidup sederhana adalah hal yang baik untuk dilakukan, tidak peduli seberapa uang yang kamu miliki. Tahukah kamu bahwa banyak orang di luar sana yang terlihat sangat kaya tetapi memiliki sedikit simpanan bahkan utang yang sangat banyak? Membeli barang bagus atau mahal untuk dirimu sendiri sekali-kali tidak masalah tapi dengan membiasakan diri hidup sederhana akan membuatmu lebih bahagia dalam jangka waktu yang panjang.

 

3. Hindari berutang

Jika kamu mau membangun kesuksesan, kamu perlu melakukan apapun itu untuk menghindari utang. Walaupun ada musibah menimpamu, kamu harus mencari jalan lain terlebih dahulu dan menjadikan utang sebagai pilihan terakhir. Jika kamu berutang, lama kelamaan utang itu akan terus bertambah jika kamu tidak membayarnya tepat waktu dan kamu pun akan memiliki kebiasaan untuk berutang. Jika kamu menggunakan kartu kredit, akan lebih baik jika kamu mengatur pembayaran otomatis di setiap kartu kredit yang kamu miliki dan pastikan saldo di ATM kamu mencukupi.

 

4. Menjual barang yang tidak terpakai

Sambil membereskan tempat tinggalmu, kamu bisa sambil menyisihkan barang-barang yang sudah tidak kamu pakai. Daripada barang tersebut jadi mubazir, lebih baik kamu memasarkannya melalui marketplace di internet. Uang yang kamu dapatkan bisa kamu simpan untuk menambah saldo di tabungan-mu. Steve Jobs pernah berkata, “It’s always good to clear out the old to make way for the new”.

 

5. Memulai side hustle

Side hustle adalah cara untuk mendapatkan uang lebih di luar pekerjaan utama kamu. Walaupun kamu merasa sudah sangat baik dan nyaman di dalam pekerjaanmu, tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa hal lain yang mungkin dapat menguntungkan. Jika kamu berpikir kamu tidak punya cukup waktu, berarti kamu tidak menggunakan waktu yang kamu punya secara bijaksana. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai side hustle. Tidak harus melakukan part-time job, salah satu caranya adalah melakukan proyek yang masih sanggup kamu pertanggungjawabkan di luar pekerjaanmu.

 

Membangun keuangan yang stabil membutuhkan waktu. Tidak ada hal seperti “Cara Mudah Cepat Kaya” karena kerja keras saja belum tentu cukup, dibutuhkan strategi yang pintar dalam bekerja. Dengan 5 kebiasaan di atas, kamu dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan gaya hidup dan rencana kamu. Jika kamu disiplin, kamu akan menjadi miliuner suatu hari nanti.

Bagikan ke sesama!
Categories
FinanceProductivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

TERKAIT