Berikut 6 Langkah Mengubah Passion Kamu Menjadi Karir!

Hai, sobat FILE! Menurut sebuah studi yang dilakukan Deloitte University Press, mengatakan bahwa sekitar 87,7 persen dari pekerja di Amerika tidak dapat mengkontribusikan potensi mereka secara penuh dikarenakan mereka...
6 Langkah Mengubah Passion Menjadi Karir
6 Langkah Mengubah Passion Menjadi Karir

Hai, sobat FILE! Menurut sebuah studi yang dilakukan Deloitte University Press, mengatakan bahwa sekitar 87,7 persen dari pekerja di Amerika tidak dapat mengkontribusikan potensi mereka secara penuh dikarenakan mereka tidak memiliki passion pada apa yang mereka kerjakan. Jika kamu seringkali merasa jenuh dan tidak semangat dalam pekerjaanmu, mungkin ini saatnya kamu mencari tahu hal apa yang menjadi passion kamu dan mengubah passion itu menjadi karirmu.

Terkait: 5 ORANG YANG MEMBUKTIKAN PASSION BISA BERUBAH MENJADI KARIR

Nah, pada kali ini, FILE akan membagikan 6 langkah untuk membantu kamu melakukan hal tersebut! Berikut langkahnya.

 

1. Cari Tahu Apa Passion Kamu

Passion haruslah hal yang kamu senang untuk lakukan dan dapat kamu ungguli secara natural. Harus kamu ingat bahwa ada perbedaan besar antara hobi dan passion, dan sangat krusial bagi kamu untuk dapat membedakan keduanya.

Sebagai contoh, hanya karena kamu suka melukis, tidak berarti kamu harus menjadikan kegiatan tersebut sebagai karir. Kamu mungkin lebih unggul dalam desain grafis, yang memerlukan kemampuan yang serupa dengan melukis. Milikilah pikiran yang terbuka dan eksplorasi segala opsi yang kamu miliki.

 

2. Tentukan Tingkat Demand

Setelah kamu menemukan apa passion kamu, tentukan level permintaan pasar akan keahlianmu dan pilihlah bidang pekerjaan yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Sangat berisiko untuk memilih pekerjaan atau karir yang memiliki tingkat permintaan pasar yang rendah, atau yang memiliki banyak kompetitor.

Namun, jumlah kompetitor tidak harus menjadi alasan kamu tidak memilih karir yang kamu inginkan. Jika kamu percaya diri akan kemampuan kamu, sangat mungkin untuk kamu dapat berkompetisi dengan kompetitor-kompetitormu, selama kamu memiliki strategi marketing yang bagus.

 

3. Lakukan Penelitian

Kamu harus melakukan penelitian yang menyeluruh dan mendetail mengenai apa yang dibutuhkan untuk dapat meluncurkan karir di bidang yang kamu minati. Sebagai contoh, kamu mungkin memerlukan mesin atau peralatan tertentu, sertifikasi, gelar, atau pelatihan khusus.

Kamu mungkin juga perlu untuk merekrut pegawai atau memperoleh bantuan dana. Kamu dapat mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dengan bertanya-tanya kepada orang-orang yang bekerja di bidang serupa, dan pelajari hal apa yang mereka lakukan untuk meraih kesuksesan.

 

4. Buat Perencanaan

Buatlah perencanaan yang mendetail mengenai langkah-langkah yang harus kamu ambil untuk mengubah passion-mu menjadi karir yang realistis. Masukkan juga hal-hal yang perlu kamu lakukan dan berapa banyak dana yang kamu butuhkan untuk memulai karirmu. Jika memungkinkan, buatlah juga rencana cadangan jika rencana pertamamu tidak berhasil.

 

5. Jadikan Diri Berkualitas

Agar dapat ditanggapi secara serius, kamu harus menjadi seorang profesional. Memiliki suatu keahlian tidak cukup, tapi keahlian tersebut perlu dilatih sehingga dapat menghasilkan profit (marketable). Kamu dapat memperoleh pelatihan yang kamu butuhkan dari kelas online, ataupun dengan magang di perusahaan. “The more you learn, the more you will earn”.

 

6. Jadilah Fleksibel

Perjalananmu tidak akan selalu lancar, sehingga siapkanlah rencana dan penyesuaian jika suatu saat terjadi masalah. Jadilah terbuka akan nasihat dan kritik karena pandangan orang lain dapat membuka mata dan pemikiranmu akan hal-hal baru.

Tidak ada orang yang dapat meraih kesuksesan seorang diri. Karena itu, berinteraksilah dengan orang-orang berbakat, atau kamu juga bisa membuat dewan penasehat dalam usahamu untuk membantumu mengambil keputusan yang tepat.

Mengubah passion-mu menjadi karir membutuhkan motivasi. Jadilah proaktif dan ambil langkah setiap hari untuk menjadi lebih dekat dengan tujuanmu. Perjuanganmu akan membuahkan hasil dan pada akhirnya, kamu akan dapat bekerja di bidang yang kamu suka.

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

advertisment
Newsletter

TERKAIT