Siapkah Kamu dengan Karir di Era Digital 2018 ini?

Hai, sobat FILE! Di awal tahun 2018 ini, sudahkah kamu memiliki resolusi? Kamu pasti sadar bahwa selama 2017 kemarin, perkembangan di era digital meluncur dengan sangat pesat. Nah, hal...
Siapkah Kamu dengan Karir di Era Digital 2018 ini FILEMAGZ
Siapkah Kamu dengan Karir di Era Digital 2018 ini

Hai, sobat FILE! Di awal tahun 2018 ini, sudahkah kamu memiliki resolusi? Kamu pasti sadar bahwa selama 2017 kemarin, perkembangan di era digital meluncur dengan sangat pesat. Nah, hal ini membuat semakin besarnya potensi dan peluang bermunculan yang dapat kamu jadikan sebuah jalan karir di era digital di tahun 2018 ini. Berikut beberapa deretan karir di era digital ini.

 

1. Desainer dan Animator

Sudah tidak asing bahwa di era digital ini, gambar-gambar desain ataupun animasi-animasi, atau yang bisa disebut dengan motion graphic, merupakan hal yang sudah sering kita lihat di media sosial. Iklan-iklan atau promo konten seperti Tokopedia, Jenius, dsb, juga termasuk FILE magz pun memerlukan seorang desainer maupun animator. Hal ini akan terus berkembang selama 2018 dengan semakin berkembangnya teknologi di era digital, start-up, dan pengguna internet di dunia.

 

2. Apps dan Games Developer

Aplikasi maupun games sudah pasti menjamur dalam kehidupan kita, tidak perlu ditanya lagi kalau menjadi seorang apps atau game developer sangat dicari dan diminati di 2018 ini, baik menjadi seorang founder dari sebuah start-up ataupun bekerja di start-up.

Menjadi seorang developer tidak ada yang namanya batasan umur, ataupun telat karena baru ingin belajar. Yuma Soerianto, seorang anak laki-laki asal dari Indoensia berumur 10 tahun saja sudah berhasil membuat berbagai macam aplikasi yang dipuji oleh CEO Apple, Tim Cook.

 

3. Copy Writer dan Content Writer

Buat kamu yang suka menulis, mencari tahu banyak hal, ini adalah hal yang kamu perlu tahu. Pemilik sebuah website ataupun portal media yang kini kian makin berkembang, memerlukan seseorang penulis digital. Karir ini terus dicari, bahkan di berbagai portal media. Di era digital ini, kamu bisa menjadi seorang penulis lepas, dan kamu dibayar dari seberapa banyak yang mengunjungi artikelmu. Kamu juga bisa bekerja secara profesional, baik itu untuk melakukan branding mengenai produk tertentu, atau juga bagaimana perusahaan dan sebuah event untuk dipublikasikan.

 

4. Blogger dan Vlogger

Ini adalah tempat buat kamu berbagi cerita atau aktivitas yang kamu lakukan dengan tulisan dan video kreatif, tapi kamu mendapat bayaran atas hal itu. Blogger dan vlogger dapat menjadi sebuah karir di era digital. Mungkin sebagai awalan kamu tidak akan mendapatkan bayaran, tapi ketika kamu bisa menumbuhkan follower ataupun subscriber-mu, akan ada saatnya kamu mendapatkan penghasilan dari iklan dari Google Adsense. Tawaran kerjasama dengan perusahaan untuk me-review tergantung dari niche dari hobi kamu mau itu makanan, travel, hardware, dan sebagainya yang pasti akan membuat kamu tidak bosan karena itu hobimu.

 

5. Marketer

Seorang entrepreneur harus terus mengikuti perkembangan, tidak hanya berhenti pada toko secara offline, akan tetapi juga memerlukan online market yang diiringi dengan perkembangan digital marketing  dalam memasarkan produk untuk menjangkau target yang lebih luas lagi. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang marketer, jika memang dari awal mereka tidak memiliki passion mengenai hal itu.

Baca juga 3 Strategi Digital Marketing Aplikatif Untuk Menjadi Seorang Entrepreneur Di Era Digital

 

Sekarang pertanyaanya simple, apakah kamu merasa tidak yakin, karena pendidikan atau kuliahmu saat ini tidak berbanding lurusdengan apa yang kamu ingin jalani? Tidak perlu khawatir, karena di era digital ini, kamu bisa belajar itu semua secara otodidak dari internet baik gratis ataupun berbayar.

“Punya penghasilan banyak tidak selamanya membuatmu bahagia, tapi punya penghasilan dari apa kamu suka, itu baru bahagia” – The Guys (2017), Raditya Dika

Jadi, jangan khawatir lagi, mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan karir di era digital ini. Kumpulkan portofoliomu sebanyak mungkin, karena di era digital ini, tidak memandang kamu siapa, dari kalangan apa, bahkan umur berapapun, asal kamu memiliki kemauan dan komitmen untuk terus belajar dengan hal yang kamu suka.

Mau memulainya sekarang? Why not? Hanya kamu yang tahu, hidup seperti apa yang kamu jalani.

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessInspirationProductivityTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT