3 Tokoh yang Meraih Kesuksesan di Usia Muda

Definisi sukses berbeda-beda untuk setiap orang. Namun secara umum, sukses adalah ketika tercapainya suatu tujuan. Menjadi seorang yang sukses itu memang bukan hal yang mudah. Sebelum kamu sukses, kamu...

Definisi sukses berbeda-beda untuk setiap orang. Namun secara umum, sukses adalah ketika tercapainya suatu tujuan. Menjadi seorang yang sukses itu memang bukan hal yang mudah. Sebelum kamu sukses, kamu akan mencari pengalaman, koneksi , dan resource. Biasanya hal-hal tersebut memakan waktu yang lama, dan untuk beberapa orang, baru tercapai pada usia tua. Tetapi ada juga yang berhasil untuk mencapai tujuan mereka di usia yang cukup muda. Berikut beberapa tokoh tersebut :

 

Mark Zuckerberg

mark-zuckerberg

Kamu pasti sudah sering mendengar nama ini. Mark Zuckerberg sejak umur 12 tahun sudah memiliki ketertarikan pada komputer. Salah satu program yang ia ciptakan yaitu ZuckNet dengan menggunakan Atari BASIC. Pada tahun 2002, ia masuk ke Universitas Harvard dan ia terkenal sebagai software developer yang handal. Pada awalnya di universitas tersebut, 3 dari teman sepelajarnya mencari Mark untuk membantu mereka membuat sebuah situs social media yang akan mereka namakan HarvardConnection. Mark setuju untuk membantu mengerjakan situs tersebut, tetapi ia akhirnya memilih untuk mundur dan membuat situs social-nya sendiri bersama 3 teman lainnya. Setelah itu, Mark membuat situs dimana pemakainya bisa membuat profilnya sendiri, mengunggah foto, dan berkomunikasi secara langsung dengan pemakai lain. Situs tersebut dinamakan Facebook. Pada saat Ia berumur 20 tahun, Facebook memiliki 1 juta pengguna dan sampai sekarang tetap bertambah.

 

William Tanuwijaya

william-tanuwijaya

Jika kamu pernah mendengar nama Tokopedia dengan musik temanya, inilah pendiri dari website online marketplace tersebut. Ia lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, namun ia berpindah ke Jakarta untuk berkuliah di Universitas Bina Nusantara. Di Jakarta, William rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Saat itu, ia memiliki ide untuk mendirikan sebuah startup jual beli online yang menghubungkan semua penjual dan pembeli di Indonesia dengan biaya gratis. Startup ini membutuhkan modal yang cukup besar. Ia mulai mencari pendanaan untuk perusahaannya dan mulai mendatangi satu persatu orang yang dikenalnya untuk memodali idenya tersebut. Selama dua tahun, ia bekerja untuk mencari investor yang mau membiayai ide Tokopedia-nya. Banyak investor yang mempertanyakan idenya, tetapi ia tidak menyerah. Akhirnya pada saat ia berumur 28 tahun, Tokopedia berdiri dan dirilis ke publik secara resmi pada tanggal 17 Agustus 2009. Sejak saat itu, Tokopedia tetap mendapatkan pendanaan dari para investor hingga saat ini.

 

Boyan Slat

boyan-slat

Boyan Slat adalah seorang penemu yang berasal dari Belanda. Ia lahir pada tanggal 27 Juli 1994. Ia adalah seorang mahasiswa bidang entrepreneur dan teknik kedirgantaraan yang mengembangkan metode pembersihan limbah plastik di lautan. Ia mendesain sebuah sistem yang pasif untuk mengkonsentrasikan dan menangkap limbah plastik dengan ombak laut. Dengan desainnya ini, ia memenangkan penghargaan Best Technical Design dari Delft University of Technology. Pada umur 17 Tahun, Boyan Slat membangun sebuah yayasan yang diberi nama The Ocean Cleanup untuk melanjutkan pengembangan dan implementasi idenya. Awalnya tidak banyak yang tertarik pada ide ini, karena teknologi ini hanya akan membersihkan 5% dari plastik yang ada di laut. Tetapi, setelah ia berbicara di TEDx Talk, ide mengenai “bagaimana laut bisa membersihkannya diri sendiri” menjadi populer karena sangat inovatif dan revolusioner. Ia berhasil memikat banyak relawan dan mengumpulkan kurang lebih 2 juta dollar untuk instalasi prototype-nya. Pada tahun 2016 ini, The Ocean Cleanup behasil memasang barrier sepanjang 100 meter di Laut Utara, 23 km dari Belanda. Selama 1 tahun, barrier ini akan didiamkan di sana untuk diuji ketahanannya dari serangan alam.

 

Nah, setelah membaca kisah-kisah ini, apakah kamu terinspirasi untuk mengejar kesuksesanmu sejak dini? Pantang menyerah dan rajin berinovasi adalah 2 dari beberapa faktor kesuksesan bagi tokoh-tokoh di atas. Jika mereka dapat melakukannya, kamu pun pasti bisa.

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT