3 Tips Untuk Menjadi Pelajar yang Efektif

Kita memang lulus dari pendidikan di sekolah, namun kita tidak akan pernah berhenti belajar. Pekerjaan baru, peran baru, hubungan baru: semuanya membutuhkan pengetahuan yang baru pula. Berhenti belajar sama...

Kita memang lulus dari pendidikan di sekolah, namun kita tidak akan pernah berhenti belajar. Pekerjaan baru, peran baru, hubungan baru: semuanya membutuhkan pengetahuan yang baru pula. Berhenti belajar sama artinya dengan berhenti berkembang.

Meskipun penting, banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk dan teknik yang salah dalam belajar sehingga kegiatan belajar menjadi tidak efektif, begitulah kata Nate Kornell, seorang profesor psikologi kognitif di Universitas William yang mempelajari tentang strategi belajar.

Dibawah ini adalah pendapat Kornell mengenai tiga prinsip dasar untuk menjadi pelajar yang efektif

1. Menemukan Kenyamanan Dalam Belajar

Hal yang paling sering dilakukan oleh orang-orang dalam belajar adalah kecenderungan menyamakan berapa banyak kita belajar dengan seberapa banyak kita bisa melakukan sebuah pekerjaan.

Padahal faktanya keduanya sangat berlawanan. Contohnya saat di gym, awalnya kamu mengangkat beban 5 kg. Setelah beberapa kali mengangkat beban 5 kg, kamu mengangkat beban 2kg. Tiba tiba semua terasa lebih mudah dan kamu merasa tiba-tiba menjadi lebih kuat. Disinilah letak masalahnya, beban ringan membuatmu merasa kemampuan yang ada sudah cukup bagus dalam melakukan pekerjaan, sedangkan beban berat akan membuat kamu mendapat lebih banyak latihan.

Kejadian yang sama berlaku dalam kegiatan belajar. Ketika semua terasa mudah kamu akan merasa telah mempelajari banyak hal, namun sebenarnya kamu akan benar-benar belajar setelah kamu melewati masa masa sulit.

Belajar itu mengenai banyak hal: menantang, membuka wawasan, memotivasi dan melelahkan. Belajar bukanlah sebuah pekerjaan yang sangat nyaman, ketika kamu merasa terlalu mudah mempelajari segala hal, kemungkinan kamu mempelajari hal tersebut dengan cara yang salah.

2. Berhenti Mencoba Mengingat Semua Pelajaran

Salah satu metode belajar yang sangat digemari oleh pelajar dimanapun adalah menjejalkan pelajaran, yaitu berusaha mengingat seluruh isi dari pelajaran tersebut. Hal tersebut memang efektif jika kamu ingin mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang sangat pendek. Menjejalkan seluruh isi pelajaran sebelum ujian memang akan membuatmu mengingat pelajaran selama ujian berlangsung. Bagaimana dengan setahun, seminggu atau bahkan sehari kemudian? Mungkin kamu tidak akan mengingatnya selama itu.

Menurut Kornell, cara yang paling baik dalam mempelajari sesuatu adalah dengan cara mempelajari pelajaran sedikit demi sedikit dan selalu mengulangi pelajaran tersebut hingga pelajaran tersebut melekat erat di pikiranmu.

3. Cobalah Cari Hubungan dari Hal yang Telah Dipelajari

Semakin banyak semakin bagus. Jika kamu ingin mengingat sebuat informasi yang kamu dapatkan dari membaca, hubungkan informasi tersebut dengan banyak hal yang ada di sekitarmu. Saat membaca, cobalah untuk berhenti sejenak dan mulai berpikir apa hubungan informasi tersebut dengan lingkungan anda. Cara ini akan membuat informasi tersebut benar-benar melekat di pikiranmu. Jujur saja, untuk berhenti di setiap topik dan mulai memikirkan hubungannya dengan lingkungan kita, akan sangat memakan waktu dan akan sangat menguras energi. Namun seperti yang Kornell bilang sebelumnya, belajar secar efektif itu sulit. Memang belajar dengan cara seperti ini bukan cara belajar yang banyak dipakai, namun cara belajar ini benar-benar bekerja.

Lulus dari bangku pendidikan bukan berarti kita juga “lulus” untuk belajar. Kita akan selalu belajar jika kita ingin berkembang. Apalagi untuk seorang entrepreneur, belajar adalah hal yang sangat penting. Tanpa belajar, seorang entrepreneur dipastikan akan gagal dalam menjalankan bisnis.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT