10 Kebiasaan Yang Membuat Pikiran Menjadi Tenang Dan Bahagia

Orang sering berpendapat, “Kebahagiaan dimulai dari dalam.” Ya, pendapat itu sangat tepat. Kita tidak bisa berharap orang lain dapat memberikan kita kebahagiaan seperti yang kita harapkan. Kita sendiri harus...

Orang sering berpendapat, “Kebahagiaan dimulai dari dalam.”

Ya, pendapat itu sangat tepat.

Kita tidak bisa berharap orang lain dapat memberikan kita kebahagiaan seperti yang kita harapkan. Kita sendiri harus mampu membuat pikiran menjadi tenang dan bahagia.

Tapi bagaimana jika ternyata untuk memenuhi kebutuhan akan kebahagiaan itu merupakan sebuah pekerjaan yang cukup sulit untuk dilaksanakan?

Bagaimana jika kamu ingin menjadi sedikit lebih termotivasi, sedikit lebih bersemangat dan menjadi lebih bahagia sekarang?

Good news : selalu ada cara untuk mulai meningkatkan kebahagiaanmu dengan melakukan beberapa perubahan sederhana terhadap lingkunganmu dan cara kamu berinteraksi dengan lingkunganmu.

Inilah 10 kebiasaan yang dapat menjadi langkah awal kebahagiaanmu:

1. Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitarmu

Kebersihan lingkungan sekitarmu memberikan dampak yang sangat besar terhadap pikiranmu. Ketika lingkunganmu bersih, pikiranmu juga akan bersih.

Banyak orang sukses berkata, ”memiliki ruangan yang bersih dan pikiran yang bersih meningkatkan kreatifitas dan membuatmu menjadi lebih bahagia.

2. Singkirkan Barang-barang Lama yang Tidak Diperlukan

Memang akan terasa berat membuang barang-barang lama, tapi kamu akan merasa sangat lega ketika sudah melakukannya.

Kamu akan menyadari, hal yang paling berharga dari sebuah kenangan adalah ingatan yang kamu miliki tentang kenangan itu sendiri.

Simpanlah barang-barang  yang memang benar-benar berharga untukmu atau dapat mempercantik lingkungan sekitarmu.

Setelah melakukan hal tersebut, mood- mu akan menjadi lebih baik dan kamu pasti akan merasa lebih bahagia.

3. Jangan Boros Untuk Hal-hal yang Tidak Benar-benar Dibutuhkan

Jika kamu menghabiskan uangmu untuk hal-hal kecil yang sebenarnya tidak benar-benar kamu butuhkan, kegembiraan saat kamu membeli barang bagus untuk dirimu sendiri akan menjadi tidak berarti.

Malah yang ada malah kondisi keuanganmu yang menajadi terganggu karena membeli barang tersebut.

4. Seleksi Orang-orang yang Ada di Sekitarmu

Jika kamu merasa dekat dengan beberapa orang, tetaplah buat mereka dekat denganmu.
Kamu tidak membutuhkan orang-orang yang kamu rasa tidak cocok denganmu, karena kamu hanya akan menghabiskan energi karena mereka dapat merusak mood-mu.
Dengan menyeleksi orang-orang yang ada disekitarmu, kamu akan merasa lebih bahagia dalam menjalani rutinitasmu setiap harinya.

5. Makan Makanan yang Sehat

Ini bukan mengenai peraturan untuk diet atau hal-hal lain sejenisnya. Memakan makanan sehat juga merupakan sebuah langkah yang bagus untuk merawat diri sendiri.

Makanan yang kamu makan tidak hanya bisa memberikan energi buat kamu , tapi juga memiliki peran yang penting untuk merawat tubuh kamu.

Makan-makanan yang kamu sukai juga merupakan bagian dari pola makan yang sehat. Hanya saja kamu harus dapat menyeimbangkannya.

Bukan berarti makanan tertentu dinilai sebagai makanan yang buruk, namun kamu harus cerdas dalam mengenali dampak yang diberikan oleh makanan tertentu bagi tubuh kamu.

6. Olahraga

Endorfin yang didapat dari olahraga yang kamu lakukan akan membuatmu merasa bahagia dalam waktu yang singkat.

Rutin berolahraga tidak hanya akan membuatmu merasa lebih bahagia namun juga akan membuat tubuh terasa lebih segar dan penuh dengan semangat.

7. Lakukan Passion-mu

Sesibuk apapun kamu, cobalah untuk selalu menyediakan waktu untuk menjalankan passion yang kamu miliki. Tidak hanya akan membuat mood-mu menjadi lebih baik, tapi bisa saja passion-mu menjadi awal kesuksesanmu.

Bahkan meskipun kamu merasa bahwa passion-mu tidak akan bisa dipakai untuk karirmu, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk melakukannya.

Misalnya, kamu memiliki passion di bidang musik. Meskipun kamu pada akhirnya tidak menjadi seorang pemusik profesional, tetaplah lakukan passion-mu tersebut. Karena dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, pikiranmu menjadi lebih tenang.

8. Kosongkan atau Isi Kalendermu

Memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hal untuk dikerjakan akan berpengaruh terhadap kesehatan jiwamu.

JIka terlalu sibuk, kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk merawat dirimu. Hal ini akan menghambatmu untuk belajar dan berkembang.

Sebaliknya, jika kamu memiliki sangat sedikit hal untuk dikerjakan, kamu akan mulai untuk terlalu memikirkan segala hal dalam hidupmu, dan itu tentu akan menghalangimu untuk berkembang.

Buatlah daftar pekerjaan yang akan membuatmu merasa lebih seimbang, produktif dan juga dapat menginspirasi orang lain.

Terkadang, kamu akan merasa kewalahan, dan bahkan terkadang kamu akan merasa bosan. Tenang saja, itu normal. Kita perlu tahu kapan kita harus berhenti dan merenung serta kapan kita harus mulai berkarya dalam hidup kita.

9. Isi Hidupmu Dengan Hal-hal yang Berarti Untukmu

Ada sebuah ilustrasi singkat untuk menjelaskan hal ini.

Suatu hari ada seorang gadis yang ingin pergi membeli kalung yang sama seperti yang dimiliki oleh teman-temannya. Sebenarnya gadis kecil itu tidak terlalu menyukai kalung tersebut, namun karena tidak ingin terlihat berbeda, akhirnya gadis itu memutuskan untuk membeli kalung tersebut.

Saat akan pergi membeli kalung, dia melewati toko bunga dan berhenti didepan toko tersebut karena melihat bunga yang menurutnya sangat indah. Lama dia berdiri di depan toko tersbut sampai akhirnya dia memutuskan untuk tidak jadi membeli kalung, melainkan membeli bunga tersebut.

Apa yang membuat gadis tersebut berubah pikiran? Gadis tersebut merasa bunga yang dia lihat di toko bunga itu akan memberikan kebahagiaan lebih daripada hanya membeli kalung yang sama dengan teman-temannya.

Kita boleh saja memanjakan diri dengan mengikuti trend yang ada disekitar kita. Namun kita juga harus tetap mementingkan hal-hal yang memiliki arti lebih bagi diri kita sendiri.

10. Lakukan Yoga

Yoga adalah hal yang paling tepat untuk dibicarakan jika menyangkut pikiran manusia.

Kamu tidak perlu merenungkan jalan hidupmu atau berpikir bagaimana caranya mencapai kebahagiaan. Kamu harus mulai untuk tidak memikirkan apapun.

Yang harus kamu lakukan ketika mulai melakukan yoga adalah memfokuskan energi fisik kepada pikiran dan biarkan tubuh melakukan gerakan-gerakan yoga.

Terkadang, ada begitu banyak hal yang dapat kamu sadari pada saat ini, dan kamu hanya perlu menghadapi semuanya dengan senyuman.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT